10 Obat Varises di Apotik & Alami – Penyebab & Gejalanya

Pernah mendengar istilah varises? Varises adalah penyakit yang terjadi akibat dari pembuluh vena yang mengalami pelebaran secara berlebihan, sehingga pembuluh tersebut terlihat menonjol seperti jaring laba-laba.

Varises dapat menjangkit daerah mana saja di seluruh tubuh. Namun yang paling sering muncul adalah pada daerah tungkai bagian bawah dan wajah.

Penyebab Varises

Ada beberapa faktor penyebab munculnya penyakit varises ini, seperti;

  1. Faktor keturunan
  2. Tekanan darah tinggi
  3. Obesitas
  4. Akibat dari perubahan hormonal
  5. Kehamilan
  6. Faktor usia

 

Gejala Varises

Gejala varises paling umum sangat mudah dikenali oleh mata telanjang, yaitu adanya benjolan yang berkelok-kelok dan berwarna kehijauan. Kaki merupakan bagian tubuh yang paling sering mengalami sakit varises ini. Hal ini merupakan sebuah kewajaran, karena kaki merupakan bagian tubuh yang paling banyak digunakan untuk menahan beban, topangan ataupun tekanan pada saat beraktivitas.

Uniknya varises lebih banyak menjangkit wanita dari pada pria. Salah satu kasus yang banyak adalah varises pada ibu hamil yang terjadi karena sedang berada pada masa kehamilan. Berikut ini gejala varises kaki yang sering dialami oleh penderita;

  1. Bengkak pada bagian kaki
  2. Kaki menjadi terasa berat dan tidak nyaman
  3. Mengalami kram otot
  4. Terjadi perubahan pada warna kulit
  5. Kulit menjadi terlihat kering

 

5 Obat Varises di Apotik

Varises dapat disembuhkan dengan cara suntik yang dilakukan oleh dokter di rumah sakit.

Namun jika Anda yang kurang suka dengan metode penyembuhan dengan cara suntik, penyakit varises juga dapat ditangani dengan sendiri tanpa harus ke dokter. Salah satunya adalah dengan menggunakan obat varises yang terjual bebas di apotik berikut ini;

1. Sumbawa Cream Oil Hot in CR 120ML

Varises merujuk pada kondisi pembuluh vena yang mengalami pembesaran massif. Pembesaran ini menjadikannya menonjol dan seolah-olah hendak keluar menembus kulit. Penyakit varises bisa disembuhkan dengan obat salep ataupun tablet.

Sumbawa Cream Oil Hot in CR 120ML adalah obat varises dalam bentuk salep. Di dalam obat tersebut terkandung beberapa zat yang dapat meringankan gejala-gejala varises serta menyembuhkannya, seperti Menthol crystal (6%), Gandapura oil (3.5%), Eucaliptus oil, Serel oil dan Pine oil.

Selain varises, salep ini juga dapat meringankan beragam gangguan kesehatan, seperti penyakit flu, sakit kepala, kesemutan, masuk angin, perut kembung dan pegal linu.  Anda cukup mengoleskan salep obat varises ini pada bagian yang sakit atau pegal. Obat ini sangat cocok bagi penderita varises yang enggan mengkonsumsi obat dalam bentuk tablet.

2. Hesperidin

Herperidin mengandung ikatan flavon hespertin dan merupakan jenis obat senyawa flavon glikosida. Obat varises yang tersedia di apotik-apotik di seluruh Indonesia ini berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan, khususnya pada bagian pembuluh darah kapiler dan jaringan saraf penghubung.

Penyakit varises dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami pembengkakan hebat. Obat Hesperidin ini juga ampuh untuk meringankan dan mengatasi kondisi pembuluh darah yang diakibatkan oleh penyakit varises tersebut.

3. Diosmin

Diosmin ampuh untuk terapi varises, karena di dalamnya terdapat senyawa semi sintetik ajaib untuk menyembuhkan varises. Cara kerja obat varises yang tersedia di apotik ini adalah dengan memperpanjang efek nor adrenalin pada pembuluh darah vena.

Manfaat utama Diosmin ini adalah untuk membuat vena kembali kencang, kecil dan normal. Dengan demikian, varises dpat berangsur-angsur berkurang, menghilang dan sembuh.

4. Venaroid

Venaroid mengandung Rutin (rutosidum) dan curcuma extra yang dapat mengatasi penyakit varises, baik varises tingkat ringan, sedang maupun berat.

Meskipun demikian, ada aturan penggunaan yang perlu diperhatikan untuk menyembuhkan varises berdasarkan dengan tingkatannya, seperti;

  • Varises ringan, dosis Venaroid 1 butir per hari
  • Varises sedang, dosis Venaroid 1 butir 2 kali sehari
  • Varises berat, dosis Venaroid1-2 butir 3 kali sehari

5. Radium tablet

Satu lagi rekomendasi obat varises yang sangat efektif untuk mengatasi gangguan pada pembuluh darah yang terjangkit varises, yaitu Radium tablet. Baik untuk mengobati varises pada bagian kaki maupun bagian tubuh lainnya, obat ini merupakan salah satu obat varises ampuh dan cepat.

Bahkan, obat ini hampir sama dengan Hesperidin, karena mengandung Micronnized Purified Flavanoid Fraction (500mg). Anda bisa mendapatkan obat ini di apotik-apotik terdekat.

 

5 Obat Varises Alami

Selain menggunakan obat yang dijual di apotik, varises juga bisa diobati dengan memanfaatkan tanaman herbal, seperti berikut ini;

1. Bawang putih

Selain dikenal sebagai bumbu masakan, bawang putih juga tergolong obat tradisional yang ampuh mengobati banyak penyakit. Salah satunya adalah mengurangi dan menghilangkan varises. Cara membuat ramuan obat varises alami dari bahan bawang putih sangat mudah dan cepat, yaitu;

  • Haluskan bawang putih secukupnya
  • Beri sedikit minyak goreng
  • Balurkan ke bagian tubuh yang terjangkit varises sambil dipijat dengan lembut
  • Lakukan terapi ini teratur setiap pada malam hari dan diamkan selama semalaman

Bawang putih memang sangat sering digunakan di Indonesia sebagai pengobatan alami seperti obat kapalan dan obat hidung tersumbat.

2. Es batu

Es batu tidak hanya bermanfaat untuk membuat minuman segar saja, tapi es batu juga bisa menghilangkan varises.

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan es batu sebagai bahan untuk mengompres bagian tubuh yang terkena varises. Kompreslah bagian tersebut dengan membungkus es batu dengan kain bersih.

Es batu sendiri juga sering digunakan sebagai obat biang keringat dan obat jerawat.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun telah terkenal dapat membantu menyembuhkan beragam penyakit, terutama yang berhubungan dengan kulit. Minyak zaitun juga termasuk obat varises alami yang ampuh dalam mengurangi pembengkakan dan menghilangkan varises.

Caranya pun sangat simple. Minyak zaitun cukup dioleskan ke bagian tubuh yang terkena varises sambil melakukan pijakan lembut. Lakukan treatment pengobatan ini rutin dengan cara lembut dan perlahan agar varises cepat mengempis, kemudian hilang.

Minyak zaitun juga terkenal akan manfaatnya untuk terapi kecantikan seperti dapat digunakan sebagai cara memerahkan bibir dan cara meluruskan rambut.

4. Minyak kelapa

Sama seperti minyak zaitun, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mengobati varises.

Bahkan, cara menggunakannya pun sama dengan minyak kelapa, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ini pada bagian tubuh yang terkena varises secara merata sambil dipijat dengan lembut. Lakukan pengobatan ini pada malam hari setiap hari hingga varises hilang dengan cara dibiarkan selama semalaman.

Minyak kelapa sendiri juga bisa digunakan sebagai obat demam dan obat biduran.

5. Cuka apel

Satu lagi obat varises alami yang terkenal ampuh, yaitu cuka apel. Cara menggunakan cuka apel sebagai obat untuk menghilangkan varises sangat mudah. Anda cukup menyediakan 5 sendok apel, kemudian campurkan dengan setengah gelas air hangat, lalu aduk hingga rata.

Gunakan ramuan cuka apel sebagai obat oles atau salep alami. Lakukan pemijatan secara perlahan dalam beberapa menit, agar cuka apel lebih cepat meresap dan bekerja maksimal. Setelah itu, diamkan ramuan yang menempel tersebut hingga mengering. Setelah mengering, barulah dibersihkan dengan air hangat.

Cuka apel juga biasanya digunakan sebagai obat pengencer darah dan obat sakit perut.

 

Selain berbahaya, jika dibiarkan begitu saja tanpa diobati, varises juga dapat merusak penampilan. Khususnya apabila varises yang muncul pada bagian yang mudah terlihat, seperti kaki dan wajah.

Oleh sebab itu, pengetahuan tentang obat varises di apotik dan obat varises alami ini sangat penting untuk diketahui, agar jika suatu hari Anda mengalami gejala varises bisa segera mengatasinya dengan baik.

loading...

Leave a Reply