9 Obat Sakit Perut di Apotik dan Penyebabnya – Kiri, Kanan, Bawah

Obat Sakit Perut di Apotik – Hampir sebagian besar orang pernah mengalami sakit perut karena memang penyakit ini sangat umum terjadi. Ketika seseorang mengalami sakit perut, lokasi keluhan bagian perut yang sakit tentu akan berbeda – beda, seperti pada bagian bawah, sebelah kiri, sebelah kanan, dan juga bagian atas.

Untuk mengetahui cara mengatasinya, Anda tentu perlu mengetahui telebih dahulu penyebab sakit perut yang Anda alami, karena cara pengobatannya tentu berbeda-beda berdasarkan penyebab sakitnya. Lokasi bagian perut yang sakit dapat menjadi petunjuk penyebabnya.

Berikut adalah beberapa penyebab sakit perut yang paling umum terjadi pada orang-orang yaitu:

 

31 Penyebab Sakit Perut Yang Paling Umum

Sakit perut mempunyai penyebab yang berbeda-beda tergantung dari lokasinya, oleh karena itu akan saya bagi menjadi 3 yaitu sebelah kiri, sebelah kanan, dan bagian bawah.

Berikut adalah penjelasannya:

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan :

  1. Radang usus buntu atau apendisitis
  2. Hepatitis
  3. Kehamilan ektopik pada wanita
  4. Kista ovarium
  5. Batu empedu

Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim dan umumnya terjadi di bagian tuba fallopi.

Kista ovarium terbentuk di dalam rahim dan merupakan salah satu alasan terjadinya infertilitas. Selain itu kista ovarium juga dapat menjadi penyebab kanker ovarium pada penderita.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri :

  1. Mengalami cedera di area perut sebelah kiri
  2. Infeksi ginjal
  3. Batu ginjal
  4. Impaksi tinja atau tinja yang mengeras
  5. Porsi makan yang tidak teratur
  6. Mengalami maag atau GERD
  7. Usus besar yang robek
  8. Gastritis atau radang lapisan lambung
  9. Divertikulitis
  10. Pneumonia
  11. Radang pada pankreas
  12. Kanker
  13. Serangan jantung
  14. Infeksi pada tuba fallopi

Impaksi tinja biasanya terjadi pada orang yang terlalu sering menahan buang air besar.

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah :

  1. Cedera pada perut bagian bawah
  2. Menstruasi pada wanita
  3. Ovulasi
  4. Keguguran
  5. Radang panggul
  6. Anak yang mengalami cacingan
  7. Endometriosis
  8. Abrupsi plasenta
  9. Fibroid
  10. Gangguan pada serviks
  11. Kanker rahim
  12. Radang saluran tuba atau salpingitis

Jika penyebab sakit perut yang terjadi adalah sesuatu yang serius, maka sebaiknya sesegera mungkin dapatkan penanganan medis dari dokter.

Akan tetapi, kalau sakit perut yang Anda alami bukan karena suatu masalah serius, Anda bisa mengonsumsi langsung obat sakit perut di apotik yang dapat dibeli tanpa resep dokter.

Bagi Anda yang tidak suka dengan bahan kimia, Anda juga bisa mencoba pengobatan tradisional dengan tanaman herbal yang akan saya berikan di bawah.

 

4 Obat Sakit Perut Alami Yang Aman Untuk Dikonsumsi

1. Jahe

Jahe Obat Sakit PerutBagi Anda yang mengalami sakit perut kambuhan seperti maag, asam lambung, makan tidak teratur, dan menstruasi, dapat mengonsumsi jahe untuk mengatasi rasa sakit yang dirasakan.

Cara mengolahnya adalah dengan memotong jahe menjadi beberapa bagian dan tambahkan ke teh panas untuk dikonsumsi.

Anda juga bisa membuat wedang jahe murni yang dicampur madu atau gula aren. Wedang spesial ini dapat Anda gunakan untuk meredakan sakit perut secara alami. Selain menyehatkan, rasanya juga enak sekali!

Anda yang malas membuatnya sendiri juga boleh membeli teh jahe yang dijual per sachet pada supermarket terdekat.

Jahe juga sangat amat dikonsumsi oleh anak sewaktu sakit perut menyerang.

Memang jahe adalah tanaman herbal yang memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan, bahkan penyakit seperti batuk berdahak dan radang tenggorokan juga bisa diatasi secara alami dengan mengonsumsi jahe.

 

2. Peppermint

Peppermint Obat Sakit PerutDidalam peppermint terkandung zat kimia mentol yang tidak hanya dapat menjaga napas Anda agar lebih segar, tetapi juga memiliki peran sebagai analgesik alami.

Hal inilah yang membuat peppermint sering digunakan sebagai perawatan efektif untuk mual dan sakit perut.

Cara mengonsuminya adalah dengan menambahkan daun peppermint ke dalam satu cangkir teh panas untuk dikonsumsi. Atau bagi yang ingin lebih praktis, Anda juga bisa membeli langsung teh peppermint yang sudah jadi di supermarket terdekat.

Selain itu, Anda juga diperbolehkan mengunyah daun peppermint secara langsung.

Dengan begitu, gangguan maag, mual, dan sakit perut dapat diatasi secara alami.

3. Jus Lemon

Jus Lemon Sakit PerutSelain rasanya yang cocok di lidah, jus lemon juga dapat menjadi pertolongan pertama dalam mengatasi sakit perut yang menyerang.

Cara mengolahnya adalah dengan menyiapkan perasan 1 buah lemon yang dicampurkan ke dalam segelas air. Setelah itu, didihkan campuran tersebut. Sebelum dikonsumsi, Anda juga boleh menambahkan madu atau gula aren agar rasanya tidak terlalu kecut. Konsumsilah jus lemon selagi hangat.

Bagi Anda yang mengalami nyeri haid, juga bisa diredakan dengan mengonsumsi jus lemon hangat.

Selain itu, obat alami ini juga sangat praktis dikonsumsi anak-anak karena rasanya yang enak.

 

4. Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel Sakit PerutSampai saat ini memang belum ada penelitian medis yang mumpuni akan bukti ilmiah manfaat cuka sari apel untuk kesehatan. Namun, cura sari apel sudah lama digunakan sebagai obat sakit perut alami andalan masyarakat.

Hal ini dikarenakan cuka sari apel dapat membantu memecah lemak yang biasanya menjadi penyebab gangguan pencernaan. Kandungannya juga dapat membantu Anda membersihkan kotoran di usus, mencuci bakteri jahat ke perut bagian bawah dan mengeluarkannya dari sistem pencernaan Anda.

Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan cuka sari apel ke satu gelas air untuk dikonsumsi. Jika rasanya terlalu berat, Anda dapat mengonsumsinya bersamaan dengan jus jeruk atau teh.

 

Walaupun pengobatan tradisional di atas sudah sering digunakan oleh orang zaman dulu sebagai pengobatan sakit perut secara alami, tetapi bukan berarti pengobatan tersebut adalah satu-satunya yang dianjurkan.

Jika dalam 1 x 24 jam sakit perut Anda tidak kunjung sembuh, maka obat sakit perut di apotik harus menjadi langkah berikutnya.

 

9 Obat Sakit Perut Di Apotik

1. Promag Gazero

Sakit perut ringan yang terjadi karena perut kembung, begah, maag dan masuk angin bisa Anda atasi dengan mengonsumsi promag gazero.

Promag Gazero dibuat menggunakan bahan-bahan alami, oleh karena itu sangat aman digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Anda bisa temukan Promag Gazero di apotek terdekat dengan harga Rp 1.500,-/ pcs.

  • Promag Gazero Sakit PerutSub kategori : Antasid, obat antirefluks dan antiulserasi
  • Komposisi : Tiap sachet mengandung jahe merah 50mg, adas 10mg, peppermint 12,5mg, akar manis 300mg, kunyit 50mg, royal jelly 10mg, dan honey 1g.
  • Indikasi : Mengatasi perut kembung, begah dan sakit perut karena maag.
  • Perhatian : Simpan di tempat yang kering dan terlindung dari cahaya
  • Efek samping : Mual tetapi sangat jarang
  • Kemasan : Sachet
  • Dosis : Konsumsi ketika sakit perut. Sebagai terapi konsumsi 3 kali sehari 1 sachet
  • Cara penggunaan : Konsumsi sesuai anjuran dosisnya yang tertera pada label
  • Produksi : Kalbe Farma

 

2. Promag Fruity

Promag kini hadir dalam kemasan dan inovasi baru yaitu Promag Fruity yang menawarkannya dengan rasa buah piihan yang lebih enak untuk dikonsumsi. Anda bisa pilih beberapa pilihan buah yang Anda suka diantaranya anggur dan strawberry.

Anda bisa dapatkan Promag Fruity di apotek terdekat seharga Rp 2.100,00 per strip. Promag Fruity dapat mengatasi sakit perut karena maag, tukak lambung, infeksi lambung, kembung, nyeri ulu hati dan sejenisnya.

Promaf Fruity sangat direkomendasikan untuk anak-anak karena rasa buah-buahannya membuat obat ini mudah untuk dikonsumsi.

  • Promag Fruity Sakit PerutSub kategori : Antasid, obat antirefluks dan antiulserasi
  • Komposisi : Hydrotalcite, magnesium hydroxide, simethicone
  • Indikasi : Mengurangi dan meredakan sakit perut karena maag, tukak lambung, tukak usus 12 jari, infeksi lambung, nyeri ulu hati, kembung dan begah.
  • Perhatian : Simpan di tempat yang sejuk dan kering
  • Efek samping : Mual tetapi sangat jarang
  • Kemasan : 4 tablet/ strip
  • Dosis : Dewasa mengonsumsi 3 kali sehari 1 tablet. Anak usia 6 – 12 tahun mengonsumsi ½ dosis dewasa.
  • Cara penggunaan : Konsumsi setelah makan
  • Produksi :  Kalbe Farma

 

3. Promag Double Action

Promag Double Action merupakan tablet kunyah yang aman dikonsumsi untuk orang dewasa dan anak diatas 12 tahun.

Promag Double Action biasanya dikonsumsi untuk mengatasi sakit perut yang berhubungan dengan lambung, usus atau sakit perut karena kembung dan begah.

Obat ini dapat Anda beli seharga Rp 68.000,- per strip yang memiliki total 6 tablet.

  • Promag Double Action Sakit PerutSub kategori : Antasid, obat antirefluks dan antiulserasi
  • Komposisi : Famotidine 10mg, Ca carbonate 800mg, Mg 165 mg.
  • Indikasi : Membantu meredakan gejala yang berhubungan dengan hiperasiditas asam lambung gastritis, tukak lambung, tukak usus 12 jari misalkan mual, muntah, nyeri epigastrium, dan kembung.
  • Perhatian : Pasien yang menderita masalah disfungsi ginjal, jantung dan hati, ibu hamil dan laktasi tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini selama lebih dari 2 minggu.
  • Efek samping : Konstipasi, mual, muntah, diare
  • Kemasan : 6 tablet/ strip
  • Dosis : Dewasa dan anak diatas 12 tahun 2 x 1 tablet diberikan jika muncul gejala. Maksimal pemberian obat 2 tablet perhari.
  • Cara penggunaan : Konsumsi ketika muncul gejala
  • Produksi : Kalbe Farma

 

4. Magalat Tablet

Magalat tablet adalah tablet kunyah obat sakit perut yang masuk ke dalam golongan antasid. Tablet kunyah ini memiliki sensasi rasa yang tidak pahit ketika dikunyah.

Magalat tablet bekerja secara sinergis dalam mengatasi masalah pencernaan seperti produksi asam lambung berlebih, nyeri, mulas dan perut kembung. Anda bisa beli Magalat tablet di apotek tanpa resep dokter dengan harga Rp 4.000,00 per strip.

  • Magalat Tablet Sakit PerutSub kategori : Antasid, obat antirefluks dan antiulserasi
  • Komposisi : Pada setiap tablet kunyah Magalat tablet mengandung magaldrate 480 mg dan simethicone 20 mg
  • Indikasi : Mengatasi gangguan lambung karena hiperasiditas dengan atau tanpa rasa kembung. Dapat membantu pengobatan simptomatis ulkus peptik, gastritis, esofagitis dan hemia hiatus.
  • Perhatian : Tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang
  • Efek samping : Mual, muntah, konstipasi dan diare
  • Kemasan : Tablet
  • Dosis : Konsumsi ketika terjadi serangan dan untuk terapi konsumsi 2 kali sehari.
  • Cara penggunaan : Berikan diantara waktu makan dan tidur malam
  • Produksi : Dexa Medica

 

5. Microlax Enema Tube

Untuk mengatasi masalah konstipasi, Anda bisa menggunakan Microlax Enema yang kini hadir dalam kemasan tube. Microlax Enema juga sangat aman untuk ibu hamil karena digunakan melalui dubur atau anus.

Microlax Enema ini hadir dalam kemasan 5 ml dengan harga Rp 25.000,00 per tube.

  • Microlax Enema TubeSub kategori : Antasid, obat antirefluks dan antiulserasi
  • Komposisi : Na lauryl sulfoacetate 45 mg, Na citrate 450 mg, sorbic acid 5 mg, sorbitol 4,465 mg, PEG-400 625 mg
  • Indikasi : Membantu mengatasi konstipasi rektal dan sigmoid, konstipasi kehamilan, konstipasi habitual dan transitorik pada anak, fekaloma dan skibala.
  • Perhatian : Hindari terkena vagina
  • Efek samping : Tidak ada efek samping
  • Kemasan : Tube
  • Dosis : Usia diatas 3 bulan 1 tube per rektal dan kurang dari 3 bulan 0,5 tube per rektal
  • Cara penggunaan : Gunakan melalui dubur atau anus
  • Produksi : Pharos

 

6. Buscopan Plus Tablet

Buscopan Plus tablet merupakan antipasmodik yang dapat membantu mengatasi kram perut, sakit perut yang berkaitan dengan lambung dan usus halus, serta kerusakan fungsi traktus biliaris.

Buscopan Plus tablet dapat Anda beli di apotek terdekat dengan harga Rp 5.200,00 per tablet. Harga bisa berbeda – beda pada setiap apotek.

  • Buscopan Plus Sakit PerutSub kategori : Antipasmodik
  • Komposisi : Hyoscine N butylbromide 10 mg dan paracetamol 500 mg
  • Indikasi : Mengatasi nyeri paroksismal pada penyakit lambung atau usus halus dan kerusakan fungsi traktus biliaris, urinarius dan organ wanita (dismenore).
  • Perhatian : Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mereka yang mengalami gangguan stenosis mekanik, gangguan fungsi hati dan kelainan hepatoselular berat.
  • Efek samping : Gangguan sistem darah, takikardi, mulut kering dan retensi urin
  • Kemasan : 4 tablet/ strip
  • Dosis : 1 – 2 tablet 3 kali sehari, maksimal 6 tablet dalam sehari
  • Cara penggunaan : Dikonsumsi setelah makan
  • Produksi : Boehringer Ingelheim

 

7. Vermox Tablet

Jika anak Anda mengalami sakit perut karena cacingan, Anda bisa mengatasinya dengan Vermox tablet.

Vermox tablet bisa dibeli di apotek, namun harus dengan resep dokter. Vermox tablet dibanderol dengan harga Rp 22.000,00 per strip.

  • Vermox Obat Sakit PerutSub kategori : Antelmintik
  • Komposisi : Mebendazole 500mg
  • Indikasi : Membantu mengatasi sakit perut pada anak karena cacingan
  • Perhatian : Anak usia kurang dari 2 tahun harus dengan izin dokter
  • Efek samping : Gangguan saluran pencernaan ringan
  • Kemasan : Tablet
  • Dosis : 1 kali sehari 1 tablet
  • Cara penggunaan : Konsumsi sebelum makan
  • Produksi : Janssen Cilag

 

8. Mylanta Tablet

Sakit perut yang terjadi akibat asam lambung, begah dan maag bisa segera diatasi dengan mudah menggunakan Mylanta tablet. Mylanta tablet bisa Anda beli dengan atau tanpa resep dokter di apotek terdekat dengan harga Rp 6.700,00 per strip.

  • Mylanta TabletSub kategori : Antasid, obat antirefluks dan antiulserasi
  • Komposisi : Pada setiap tablet Mylanta tablet mengandung Mg (OH)2 200 mg, Al (OH)3 200 mg, Simetikon 20 mg.
  • Indikasi : Mengatasi masalah asam lambung, begah dan maag
  • Perhatian : Tidak dianjurkan bagi penderita hipersensitif
  • Efek samping : Mual dan gangguan pencernaan ringan lainnya
  • Kemasan : 10 tablet/ strip
  • Dosis : Dewasa 3 kali sehari 2 tablet, anak – anak diatas 12 tahun 3 kali sehari 1 tablet, anak usia 6 – 12 tahun 3 kali sehari ½ tablet
  • Cara penggunaan : Konsumsi satu jam sebelum atau sesudah makan
  • Produksi : PT Bayer Indonesia

 

9. Mylanta Syrup

Selain tersedia dalam varian tablet, mylanta juga hadir dalam kemasan syrup. Mylanta syrup dapat Anda beli di apotek terdekat dengan kemasan botol 50 ml seharga Rp 13.500,00 per botol. Harga bisa berubah sewaktu – waktu.

  • Mylanta SyrupSub kategori : Antasid, obat antirefluks dan antiulserasi
  • Komposisi : Pada setiap 5 ml mengandung Mg (OH)2 200 mg, Al (OH)3 200 mg, Simetikon 20 mg.
  • Indikasi : Mengatasi masalah asam lambung, maag dan begah
  • Perhatian : Tidak dianjurkan untuk penderita hipersensitif
  • Efek samping : Gangguan pencernaan ringan
  • Kemasan : Botol
  • Dosis : 3 kali sehari 1 sendok makan untuk dewasa, 3 kali sehari 1 sendok teh untuk anak – anak
  • Cara penggunaan : Konsumsi 1 jam sebelum atau sesudah makan
  • Produksi : PT Bayer Indonesia

 

Jika dengan mengonsumsi obat sakit perut yang diberikan di atas selama lebih dari 3 hari, namun kondisi tidak kunjung membaik, Anda disarankan untuk segera mengunjungi dokter agar bisa mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga lekas sembuh!

loading...

Leave a Reply