9 Obat Sakit Kepala Alami dan Apotik – Sebelah, Belakang, Ibu Hamil

Obat Sakit Kepala – Sebagian besar dari kita tentu sudah pernah merasakan sakit kepala, apapun penyebabnya. Kebanyakan rasa sakit kepala yang dialami sebagian besar orang merupakan rasa sakit secara tiba – tiba yang muncul di sekitar kepala baik itu yang terjadi pada kepala sebelah kiri atau sebelah kanan.

Hampir sebagian besar masalah sakit kepala yang terjadi merupakan sakit kepala sebelah atau sakit kepala belakang yang dapat diatasi dengan mudah. Beberapa cara yang biasanya diambil orang – orang untuk mengatasi sakit kepala yang terjadi adalah dengan mengonsumsi obat sakit kepala dari dokter dan alami.

Memang, semua cara tersebut dapat menjadi pilihan Anda. Akan tetapi Anda tentu harus mengenali dulu potensi keluhan penyakit kepala tersebut karena ada beberapa jenis sakit kepala yang sebenarnya memerlukan penanganan lebih lanjut karena dapat membahayakan nyawa dan tidak bisa diatasi secara mandiri.

Kuncinya Anda harus rasakan apakah sakit kepala yang Anda alami adalah sakit kepala biasa yang bisa sembuh dalam kurun waktu tertentu atau sakit kepala yang berkepanjangan. Jika sakit kepala yang Anda rasakan tidak dapat sembuh dalam waktu tiga hari baiknya segera Anda periksakan ke dokter untuk penanganan lebih intensif.

 

Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Apapun penyebabnya baik itu sakit kepala primer atau sakit kepala sekunder kebanyakan diatasi dengan dua alternatif penanganan seperti yang telah disampaikan sebelumnya.

Jika memang sakit kepala Anda terasa berdenyut kencang dan tidak dapat diatasi dengan cara alami dalam kurun waktu tiga hari, maka mengatasi sakit kepala dengan bantuan dokter adalah pilihan paling tepat untuk Anda. Berikut cara mengatasi sakit kepala dengan bantuan dokter yang dapat Anda jadikan pilihan diantaranya:

  • Terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif dilakukan dengan bantuan dokter atau tenaga ahli lainnya. Terapi ini dilakukan dimana pasien diajari untuk mengelola stres yang dapat memicu kepala tegang sehingga menimbulkan sakit kepala pada penderita.

Sakit kepala berat juga dapat diatasi dengan penerapan terapi ini secara rutin. Biasanya ketika terapi ini dilakukan, dokter akan menyarankan juga latihan rileksasi sebagai penyeimbang.

  • Pengobatan abortif

Jika sakit kepala sudah terjadi dan pengobatan pencegahan tidak bisa dilakukan, pengobatan abortif sangat disarankan. Pengobatan abortif dilakukan dengan Anda mengonsumsi beberapa jenis obat yang sudah diresepkan oleh dokter atau membelinya di apotek.

Beberapa obat yang disarankan untuk Anda konsumsi sebagai langkah pengobatan abortif diantaranya sebagai berikut:

 

3 Obat Sakit Kepala di Apotik Yang Paling Ampuh

1. Ericaf

Untuk mengatasi sakit kepala sebelah, serangan sakit kepala mendadak atau sakit kepala secara umum bisa diatasi dengan mengonsumsi Ericaf. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah bahwa Ericaf harus dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter utamanya bagi mereka yang mengalami masalah dengan pembuluh darah tepi, gangguan ginjal, ibu menyusui dan ibu hamil.

Anda yang mengalami hipersensitif atas ergotamin juga harus mengonsumsinya dengan saran dan petunjuk dokter. Anda bisa mendapatkan Ericaf dengan harga Rp 8.000,00 per tablet di apotek.

  • EricafSub kategori : Preparat anti migrain
  • Komposisi : Ergotamin 1 mg dan caffein 100 mg
  • Indikasi : Pengobatan migrain dan sakit kepala berat
  • Perhatian : Bagi Anda yang mengalami masalah dengan pembuluh darah tepi, gangguan ginjal, ibu menyusui dan ibu hamil serta mengalami hipersensitif atas ergotamin harus mengonsumsi sesuai dengan aturan dan petunjuk dokter.
  • Efek samping : Mual, muntah, kantuk, beberapa diantaranya ada yang mengalami gangguan susah tidur.
  • Kemasan : 10 tablet/ strip
  • Dosis : Dewasa 2 tablet pada awal serangan ditambah 1 tablet setelah 30 menit serangan, maksimal mengonsumsi 10 tablet dalam seminggu. Sementara untuk anak – anak ½ dosis orang dewasa.
  • Cara penggunaan : Konsumsi Ericaf sesudah makan
  • Produksi : B, Tempo Scan Pacific

 

2. Oskadon

Oskadon merupakan obat sakit kepala keluarga yang juga dapat membantu dalam mengurangi rasa nyeri saraf ringan atau berat, nyeri otot, bahkan nyeri akibat sakit gigi. Anda bisa dapatkan Oskadon di apotek terdekat dengan atau tanpa resep dokter dengan harga Rp 2.000,00/ strip.

  • OskadonSub kategori : Analgesik non opiat dan antipiretik
  • Komposisi : Paracetamol 500 mg dan caffein 35 mg
  • Indikasi : Mengatasi masalah sakit kepala termasuk nyeri saraf ringan atau berat, nyeri otot dan nyeri akibat sakit gigi.
  • Perhatian : Hindari penggunaan untuk penderita gangguan fungsi hati dan ginjal. Baiknya Anda hindari penggunaan bersama antikoagulan oral.
  • Efek samping : Gangguan saluran cerna dan takhikardia
  • Kemasan : 4 tablet/ strip
  • Dosis : Dewasa mengonsumsi 3 – 4 kali sehari sebanyak 1 – 2 tablet, anak – anak mengonsumsi 3 – 4 kali sehari sebanyak ½ tablet.
  • Cara penggunaan : Berikan sesaat setelah terjadi serangan dan sebelum atau sesudah makan sebagai obat terapi.
  • Produksi : Supra Ferbindo

 

3. Zeufor

Zeufor merupakan obat sakit kepala yang bisa digunakan mengatasi sakit kepala ringan sampai sakit kepala yang parah termasuk sakit kepala karena penurunan kesadaran akibat cedera kepala atau operasi otak.

Zeufor dibuat dengan komposisi citicolin yang merupakan senyawa kimia otak yang secara alami dihasilkan tubuh dan fungsinya dapat membantu mengurangi kerusakan jaringan otak ketika cedera. Citicolin mampu membantu dalam meningkatkan senyawa phosphatidylcholine yang sangat penting dalam membantu jalannya fungsi otak. Anda bisa beli Zeufor dengan resep dokter atau tanpa resep dokter dengan harga  Rp15.000,00 per tablet.

  • ZeuforSub kategori : Vasodilator perifer dan aktivator selebral
  • Komposisi : Citicolin 500 mg
  • Indikasi : Membantu mengatasi penurunan kesadaran akibat cedera kepala atau operasi otak, penurunan kesadaran akibat infark serebral akut dan kondisi hemiplegia apopleksi.
  • Perhatian : Tidak dianjurkan untuk penggunaan dengan dosis tinggi utamanya pada orang yang menderita gangguan kesadaran akut, berat, progresif dan pendarahan intrakranial.
  • Efek samping : Mengalami hipotensi dan menyebabkan kantuk
  • Kemasan : 10 tablet/ strip
  • Dosis : Untuk penurunan kesadaran akibat cedera kepala atau operasi otak 100 – 500 mg 1 sampai dengan 2 kali sehari. Sementara untuk kondisi hemiplegia apopleksi mengonsumsi 1000 mg 1 kali sehari.
  • Cara penggunaan : Konsumsi sesaat setelah terjadinya serangan dan untuk terapi lanjutan baiknya dikonsumsi sebelum makan.
  • Produksi : Pharos

Namun jika sakit kepala yang Anda alami cenderung ringan atau sakit kepala biasa, Anda dapat melakukan pengobatan sakit kepala secara alami dengan bantuan bahan – bahan herbal yang tersedia di alam.

 

6 Obat Sakit Kepala Alami dan Tradisional

Selain baik digunakan bagi orang yang hanya mengalami sakit kepala ringan, obat sakit kepala tradisional juga sangat baik digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Alasan utamanya adalah karena pengobatan tradisional berikut ini tidak mengandung bahan kimia dan tidak mempunyai efek samping bagi sang bayi atau janin.

Berikut cara menghilangkan sakit kepala secara alami yang direkomendasikan untuk Anda sebagai berikut:

 

1. Konsumsi lebih banyak air putih

Pada dasarnya didalam tubuh kita kurang lebih sebanyak 70% tersusun atas cairan. Karena itu memenuhi kebutuhan cairan sangatlah penting. Salah satunya dapat membantu mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh.

Seperti yang dikemukakan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas of Chicago Amerika Serikat bahwa mengonsumsi air putih sekitar 8 sampai 10 gelas akan membantu orang tercegah dari potensi mengalami dehidrasi dan juga mengatasi sakit kepala yang dialami.

 

2. Konsumsi air hangat lebih banyak

Air hangat dapat membuat seseorang merasa rileks. Air hangat dapat menstimulasi otak agar lebih rileks karena itu air hangat dapat membantu mengurangi kondisi ketegangan di otak sehingga menjadi alternatif obat yang ampuh mengatasi sakit kepala secara alami.

Anda bisa atasi sakit kepala dengan secara langsung mengonsumsi air hangat sesaat setelah terjadi serangan untuk meredakan serangan serta dikonsumsi secara rutin sebagai terapi dan pencegahan sakit kepala.

 

3. Konsumsi makanan yang mengandung mint

Sakit kepala memang dapat muncul kapan saja dan dimana saja. Salah satunya karena maag, telat makan, penyakit saraf tertentu, serangan sakit kepala mendadak, serta juga bisa terjadi pada ibu yang sedang hamil dan menyusui.

Untuk mengatasi sakit kepala dengan mengonsumsi mint sangat mudah. Anda cukup siapkan daun mint kemudian Anda rebus. Diamkan sampai air rebusan daun mint tersebut suam – suam kuku. Setelahnya baru Anda konsumsi untuk mengatasi sakit kepala, termasuk pening karena morning sickness pada ibu hamil.

 

4. Konsumsi biji wijen

Biji wijen selama ini sangat terkenal dengan kandungan vitamin E didalamnya. Kandungan vitamin E inilah yang secara ampuh dapat membantu dalam mengatasi sakit kepala termasuk migrain yang Anda derita. Sementara kandungan magnesium yang tinggi didalam biji wijen sangat ampuh membantu menghilangkan sakit kepala di bagian belakang.

Anda bisa mengonsumsinya secara rutin untuk mengatasi serangan sakit kepala. Akan tetapi jika Anda kesulitan untuk menemukan biji wijen, Anda bisa mengonsumsi asupan magnesium dari beberapa bahan alami pengganti seperti minyak zaitun, kentang manis, gandum dan beberapa makanan yang lainnya.

 

5. Konsumsi ikan lebih banyak

Ikan merupakan salah satu sumber lemak yang mengandung omega 3 cukup tinggi. Dengan kandungan omega 3 tersebut tidak hanya menjadikan ikan sangat cocok sebagai makanan untuk meningkatkan kecerdasan otak, mencegah kanker otak atau meningkatkan stamina karena ikan juga terbukti dapat menghilangkan sakit kepala akibat tegangnya saraf dengan Anda mengonsumsinya secara rutin.

Sebenarnya hampir semua jenis ikan sangat baik dikonsumsi. Akan tetapi lebih diutamakan agar Anda mengonsumsi ikan salmon dan makarel karena diantara sekian banyak jenis ikan, ikan salmon dan makarel merupakan jenis ikan yang mengandung omega 3 paling tinggi.

 

6. Mengonsumsi ramuan tradisional

Ada beberapa jenis ramuan tradisional yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi. Ramuan yang pertama disarankan untuk Anda konsumsi adalah ramuan daun kasingsat atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Cassia occidentalis linn.

Cara membuat ramuan herbal tradisional untuk mengatasi sakit kepala dengan menggunakan bahan daun kasingsat sebagai berikut:

  • Pertama – tama Anda ambil kurang lebih sekitar 30 gram daun kasingsat.
  • Kemudian masukkan ke dalam empat gelas air dan rebus sampai menjadi dua gelas saja.
  • Tunggu beberapa saat sampai agak dingin, saring airnya dan konsumsi 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Selain ramuan diatas, ramuan lain yang juga dapat Anda konsumsi untuk mengatasi sakit kepala yaitu ramuan akar belimbing manis. Langkah – langkah untuk membuatnya sebagai berikut:

  • Siapkan kurang lebih 30 sampai dengan 45 gram akar belimbing manis yang masih segar dan 120 gram tahu.
  • Cuci akar sampai bersih dan potong kecil – kecil.
  • Masukkan kedua bahan ke dalam satu wadah, tambahkan sedikit air sampai bahan herbalnya terendam.
  • Aduk menjadi bubur dan konsumsi sehari sekali.

Anda yang mengalami masalah sakit kepala, pertimbangkan untuk mengatasi dengan cara herbal terlebih dahulu.

Akan tetapi jika memang tidak dapat teratasi dalam waktu 3 hari, Anda disarankan segera melakukan pengobatan secara medis agar bisa mendapatkan penanganan lanjutan secara tepat.

Semoga lekas sembuh!

loading...

Leave a Reply