5 Obat Penyakit Gondongan di Apotik – Penyebab, Gejala, Pantangan

Penyakit gondongan atau yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah mumps merupakan suatu penyakit yang menyerang kelenjar parotid dan menyebabkan kelenjar tersebut mengalami pembengkakan. Pembengkakan pada kelenjar parotid yang letaknya tepat berada dibawah telinga terjadi karena adanya infeksi oleh virus. Ketika kelenjar ini membengkak, orang yang sakit gondongan akan mengalami pembesaran pada salah satu sisi wajahnya.

Selain penyakit gondongan pada wanita dewasa, gondongan pada anak juga dapat terjadi. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebabnya. Baik gondongan pada orang dewasa atau yang terjadi pada anak tentu tidak boleh diremehkan begitu saja, karena jika tidak ditangani sejak awal akan mengakibatkan suatu komplikasi yang parah.

Pengobatan secara alami atau pengobatan dengan memanfaatkan obat – obatan apotek dapat menjadi alternatif solusinya. Menangani masalah sejak terjadinya gejala merupakan langkah yang paling tepat untuk mencegah pembesaran dan penyakit yang semakin parah.

 

8 Penyebab Gondongan

Penyebab gondongan paling utama adalah karena virus dari keluarga paramyxovirus yang penyebarannya mirip dengan virus flu. Virus tersebut nantinya akan masuk ke dalam saluran pernapasan dan kemudian menuju kelenjar parotid untuk berkembang biak dan mengalami inkubasi selama empat belas sampai dengan dua puluh lima hari.

Ketika virus tersebut masuk, akan terjadi suatu kondisi yang semakin parah apalagi jika penyebab paling utama dari mumps semakin dipicu dengan beberapa hal berikut ini:

  • Paparan radiasi utamanya yang mengenai leher dan kepala
  • Perubahan hormon di masa pubertas, kehamilan dan di waktu menopause
  • Solitarynodular yang merupakan suatu benjolan tunggal yang memang terdapat pada area kelenjar parotid.
  • Multinodular yang merupakan benjolan yang tumbuh dalam jumlah yang banyak dengan tingkat yang padat dan berisi cairan.
  • Graves – merupakan suatu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Orang yang mengalami imunitas lemah sangat mudah terserang graves.
  • Radang pada kelenjar parotid
  • Kekurangan yodium dalam waktu yang lama
  • Mengonsumsi obat – obatan tertentu yang memicu pembengkakan pada kelenjar parotid

Paparan radiasi sangatlah berbahaya karena juga dapat memicu beberapa penyakit berbahaya seperti kanker kulit dan kanker  otak.

 

8 Gejala Gondongan

Selain ditandai dengan pembengkakan kelenjar parotid yang mengakibatkan salah satu sisi leher atau wajah tampak membesar, gondongan juga dapat menimbulkan beberapa gejala lain diantaranya :

  • Nyeri pada area sendi
  • Demam tinggi
  • Mulut kering dan bibir pecah – pecah
  • Nyeri atau kram perut
  • Hilangnya nafsu makan
  • Lelah
  • Sakit kepala
  • Panas dalam

Gejala – gejala tersebut seringkali terasa sebelum terjadinya pembengkakan pada kelenjar parotid. Ketika sudah terjadi pembengkakan biasanya penderita akan mengalami kesulitan menelan dan merasakan nyeri di sisi wajah. Kemudian semakin lama pembengkakan akan semakin bertambah besar.

Nyeri sendi juga bisa menjadi gejala dari penyakit asam urat atau lupus.

 

14 Pantangan Gondongan

Ketika seseorang mulai mengalami gejala, pembengkakan parotid yang semakin parah sehingga memicu mumps atau komplikasi akibat gondong, tentu ada beberapa pantangan yang wajib mereka hindari. Pantangan gondongan yang perlu dihindari penderita diantaranya :

  • Menunduk terlalu lama
  • Benturan pada area leher dan kepala
  • Makanan gorengan (juga dapat menyebabkan radang tenggorokan)
  • Makanan yang mengandung kolesterol tinggi
  • Makanan yang tinggi kandungan lemak
  • Makanan pedas (juga dapat menyebabkan usus buntu)
  • Makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia dan bahan pengawet
  • Junk food dan fast food
  • Minuman mengandung alkohol
  • Kopi
  • Minuman selain kopi yang tinggi kafein
  • Minuman bersoda
  • Makanan lain yang dapat merangsang pertumbuhan gondong
  • Hindari jus buah

 

11 Obat Tradisional Gondongan

1. Bawang putih

Selain dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak dan sakit gigi, bawang putih juga dapat mengobati gondongan. Hal ini karena bawang putih dapat membantu merangsang produksi glutathione didalam tubuh yang berfungsi sebagai penambah kinerja dari kelenjar parotid. Tentu semakin baik kinerja dari kelenjar parotid dapat membantu pembengkakan mengalami pengempisan dan menghilang secara perlahan – lahan.

Cara mengobati gondongan dengan bawang putih tinggal Anda buat makanan yang banyak ditambahkan bawang putih kedalamnya.

Selain itu, bawang putih juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat amandel bengkak dan obat sakit gigi.

 

2. Selada air

Selada air merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengatasi penyakit mumps karena selada air memiliki kandungan yodium dalam jumlah yang cukup didalamnya

Cara menggunakan selada air untuk mencegah dan mengatasi mumps adalah dengan Anda membuat masakan dengan ditambahi selada air. Misalkan saja Anda buat sup, tumis atau burger dengan ditambahkan selada air.

Dengan mengonsumsinya secara terus menerus dapat meredakan pembengkakan akibat mumps dan juga berpotensi memberikan pengempesan pada kelenjar parotid.

 

3. Mengkudu

Mengkudu atau yang dikenal dalam istilah herbal tau noni merupakan suatu bahan herbal yang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit. Tak hanya dapat menormalkan tekanan darah tinggi dan mengatasi diabetes akan tetapi mengkudu juga dapat mengobati penyakit mumps.

Anda bisa menjadikan mengkudu sebagai jus atau mengonsumsinya secara langsung. Sangat disarankan Anda mengonsumsi mengkudu yang telah matang dan hindari mengonsumsi mengkudu yang warnanya hijau karena khasiatnya akan kurang maksimal. Anda bisa konsumsi tiga kali sehari untuk meredakan nyeri dan mengempiskan pembengkakan pada kelenjar parotid.

Mengkudu juga dipercaya dapat menyembuhkan kanker payudara dan cacar air.

 

4. Jahe

Jahe merupakan suatu bahan herbal yang dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Untuk mengatasi mumps dengan jahe caranya Anda siapkan dulu 2 rimpang jahe dalam ukuran besar. Kemudian tumbuk jahe sampai benar – benar halus dan lembut. Ketika jahe sudah halus dan lembut, oleskan tumbukan jahe ke leher Anda. Lakukan secara teratur. Imbangi dengan menjadikannya sebagai ramuan hangat yang dikonsumsi setiap pagi.

Jahe juga bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional batuk kering dan batuk berdahak.

 

5. Dandelion

Obat tradisional gondongan lainnya yang juga dapat Anda gunakan yaitu dandelion. Dandelion merupakan suatu gulma cantik.

Anda bisa gunakan dandelion dengan cara mengonsumsi dandelion yang telah dicuci bersih kemudian jadikan lalapan. Daun dandelion juga berfungsi menghilangkan nyeri dan sakit akibat pembengkakan pada kelenjar parotid. Anda bisa kompreskan juga daun dandelion secara rutin di area pembengkakan parotid Anda.

 

6. Nanas

Buah nanas merupakan buah yang didalamnya kaya akan kandungan vitamin C dan dapat membantu mengecilkan gondong. Akan tetapi baiknya Anda berhati – hati ketika mengonsumsi buah ini karena getah nanas justru dapat mengakibatkan lidah terasa gatal. Sebaiknya Anda cuci bersih dulu buah nanas sebelum mengonsumsinya. Cuci sampai buah nanas tidak licin karena buah nanas yang licin artinya buah tersebut masih menyimpan banyak getah.

Akan tetapi untuk ibu hamil yang mengalami mumps, sebaiknya gunakan alternatif lain sebagai obat tradisional atas penyakit Anda karena buah nanas tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

 

7. Yodium

Tentu kita semua sudah tahu bahwa kekurangan yodium juga menjadi salah satu aspek yang memicu terjadinya mumps. Karena itu cegah dan atasi mumps dengan mengonsumsi makanan yang mengandung yodium. Anda bisa temukan kandungan yodium pada sayuran yang kaya yodium atau garam beryodium.

 

8. Suplemen vitamin C

Virus yang mengakibatkan mumps memang tidak dapat diusir begitu saja akan tetapi sedikit demi sedikit virus ini dapat dilemahkan. Caranya melemahkan virus tersebut adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih dulu.

Cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan rajin mengonsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin C serta mengonsumsi suplemen vitamin C.

Vitamin C juga sangat baik untuk mencegah panas dalam dan sariawan.

 

9. Kompresan air hangat

Ketika terjadi pembengkakan, kelenjar parotid atau area sekitar leher akan terasa nyeri dan berdenyut – denyut. Anda perlu mengurangi nyeri dan kondisi denyut tersebut dengan memberikan kompresan air hangat. Rasa hangat yang dihasilkan dari kompresan tentu akan membuat rasa sakit dan nyeri jadi hilang.

Cara memberikan kompresan yang tepat yaitu dengan Anda siapkan dulu handuk kecil dan bersih. Kemudian siapkan baskom dengan diisi air hangat kedalamnya. Celupkan handuk bersih ke dalam baskom dan peras kemudian tempelkan handuk ke bagian yang mengalami pembengkakan. Cara ini dapat Anda lakukan tiga kali sehari atau sesering mungkin.

Pengobatan alami menggunakan kompres juga bisa digunakan untuk menyembuhkan mimisan dan bisul.

 

10 Konsumsi cukup cairan

Dalam melakukan fungsinya secara baik, tubuh tentu perlu cairan yang cukup. Jika tubuh Anda kekurangan cairan tentu fungsi organ tidak akan bekerja secara maksimal.

Kelenjar parotid merupakan organ tubuh yang membutuhkan cairan yang cukup dalam melakukan serangkaian kinerjanya. Jika kelenjar paroid dehidrasi tentu mumps akan semakin terasa menyakitkan. Karena itu usahakan Anda penuhi kebutuhan cairan secara cukup dan hindari resiko mengalami dehidrasi.

 

11. Cukupi kebutuhan gizi

Gizi yang seimbang tentu akan membuat tubuh jadi sehat. Gizi yang seimbang juga akan membuat sistem imun semakin kuat.

Anda bisa dapatkan gizi seimbang dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna secara rutin. Dengan begitu kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral juga dapat terpenuhi.

 

5 Obat Gondongan Di Apotik

1. Thyrax tablet

Thyrax tablet secara ampuh menangani dan mengatasi masalah hipotiroidisme karena sebab apapun. Dengan mengonsumsi Thyrax tablet sesuai anjuran dosisnya berbagai masalah seperti gondok atau nodul tiroid dapat teratasi.

Anda bisa dapatkan Thyrax tablet di apotek terdekat dalam kemasan 100 Mcg seharga Rp 2.600,00 per tablet.

  • Thyrax TabletSub kategori : Obat hormon tiroid
  • Komposisi : L-thyroxine Na
  • Indikasi : Menangani hipotiroidisme karena sebab apapun. Dapat membantu supresi kadar TSH pada penyakit gondok, nodul tiroid dan setelah terapi radiologik juga membantu terapi pasca pembedahan pada kanker tiroid. Obat ini dapat menjadi supresi efek goitrogenik dari obat lain dan untuk diagnosis serta tes supresi.
  • Perhatian : Tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan laktasi
  • Efek samping : Tremor, takikardi, sakit kepala, penurunan berat badan ringan
  • Kemasan : Tablet
  • Dosis : Dosis awal untuk dewasa 0,05 – 0,1 mg/hari. Dosis dapat ditingkatkan setiap 2 minggu 0,025 – 0,05 mg sampai dengan hasil yang diinginkan tercapai. Dosis pemeliharaan 0,1 – 0,2 mg/hari. Anak lebih dari 12 tahun 150 – 200 mcg, 6 – 12 tahun 100 – 150 mcg/ kg berat badan.
  • Cara penggunaan : Berikan ketika perut kosong ½ jam atau 1 jam sebelum makan
  • Produksi : Schering-Plough

 

2. Euthyrox tablet

Euthyrox tablet merupakan sebuah obat gondongan di apotik yang tersaji dalam kemasan 100 mcg. Untuk menangani masalah kesehatan yang berkaitan dengan hormon tiroid termasuk gondongan, ada baiknya dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter.

Obat ini tidak diperkenankan untuk penderita gagal ginjal, diabetes melitus, ibu hamil dan laktasi. Jika memang diperlukan untuk penderita yang telah disebutkan tersebut, harus dikonsumsi dibawah pengawasan dokter.

Anda bisa dapatkan Euthyrox tablet di apotek terdekat seharga Rp 2.500,00 per tablet.

  • Euthyrox TabletSub kategori : Obat hormon tiroid
  • Komposisi : Levothyroxine sodium
  • Indikasi : Mengatasi goiter eutiroid, hipotiroid, terapi bersama antitiroid, pencegahan kekambuhan pasca strumektomi dan tes supresi tiroid.
  • Perhatian : Tidak dianjurkan untuk penderita gagal ginjal, diabetes melitus, ibu hamil dan laktasi.
  • Efek samping : Tremor ringan pada jari tangan, aritmia, palpitasi, diare, penurunan berat badan, gangguan tidur dan resah.
  • Kemasan : 25 tablet/ strip
  • Dosis : Dewasa mengonsumsi 1 tablet 3 kali sehari, anak – anak diatas 12 tahun ½ dosis dewasa
  • Cara penggunaan : Sebaiknya diberikan ketika perut kosong kurang lebih sekitar ½ jam atau 1 jam sebelum makan
  • Produksi : Merck

 

3. Thyrozol tablet

Thyrozol tablet dapat Anda beli di apotek dalam varian kemasan 10 mg dan 5 mg.

Untuk Thyrozol tablet kemasan 10 mg dapat Anda beli di apotek seharga Rp 2.500,00 per tablet. Sementara untuk Thyrozol tablet kemasan 5 mg dapat Anda beli di apotek terdekat seharga Rp 1.500,00 per tablet. Harga ini bisa berubah sewaktu – waktu dan berbeda – beda pada masing – masing apotek.

Gunakan sesuai dengan anjuran dosis. Bila perlu konsultasikan dengan dokter selama penggunaan.

  • Thyrozol TabletSub kategori : Obat hormon tiroid
  • Komposisi : Tiamizol 10 mg
  • Indikasi : Mengatasi masalah hipertiroidisme utamanya pada pasien muda, digunakan untuk persiapan operasi dan yang akan mengalami radioiodin.
  • Perhatian : Tidak diperkenankan untuk penderita hipersensitif komponen
  • Efek samping : Mual dan muntah, tremor ringan, anoreksia ringan, pada beberapa kondisi mengakibatkan perubahan pada jumlah sel darah limfadenitis.
  • Kemasan : 10 Tablet/ strip
  • Dosis : 2 kali sehari masing – masing 1 tablet, untuk anak – anak ½ dosis dewasa
  • Cara penggunaan : Konsumsi ½ atau 1 jam sesudah makan
  • Produksi : Merck

 

4. Dumin

Selain dapat membantu meredakan demam, nyeri, sakit gigi, nyeri otot, dismenore dan sakit kepala, dumin juga dapat membantu mengatasi gejala gondongan. Dumin dapat diberikan dengan atau tanpa makanan dan penggunaannya bisa dengan atau tanpa pengawasan dokter.

Dumin kini hadir dalam beberapa varian yang dapat Anda pilih. Dumin memiliki varian tablet, rectal tub dan syrup. Dumin tablet 500 mg dapat Anda beli di apotek terdekat seharga Rp 5.500,00 per strip. Dumin syrup dapat digunakan mengatasi berbagai masalah termasuk yang terkait dengan hormon tiroid pada anak – anak. Dumin syrup di apotek dijual seharga Rp 25.000,00 per botol sementara Dumin rectal tub seharga Rp 25.000,00 per pacs.

  • DuminSub kategori : Obat hormon tiroid
  • Komposisi : Paracetamol 500 mg
  • Indikasi : Membantu meredakan demam, nyeri, sakit gigi, nyeri otot, dismenore dan sakit kepala, dumin tablet, membantu mengatasi gejala gondongan.
  • Perhatian : Penggunaan bersama obat lain dapat berpengaruh pada organ ginjal dan hati
  • Efek samping : Reaksi hipersensitivitas
  • Kemasan : 10 Tablet/ strip
  • Dosis : Dewasa 3 kali sehari 1 tablet, anak – anak ½ dosis orang dewasa
  • Cara penggunaan : Dianjurkan dikonsumsi ½ jam atau 1 jam sebelum makan
  • Produksi : Actavis

 

5. Ponstan

Untuk meredakan gejala – gejala akibat gondongan, Anda bisa mengatasinya dengan ponstan. Ponstan merupakan obat golongan analgesik non opiat dan antipiretik yang ampuh mengatasi berbagai gejala gondongan. Ponstan 500 mg dapat Anda beli di apotek terdekat seharga Rp 3.000,00 per tablet.

  • PonstanSub kategori : Obat golongan analgesik non opiat dan antipiretik
  • Komposisi : asam mefenamat 500 mg
  • Indikasi : Meredakan nyeri dan bengkak, meredakan demam dan menjadi obat untuk menangani gejala gondongan.
  • Perhatian : Tidak diperkenankan untuk pasien yang menderita hipersensitif komponen
  • Efek samping : Tremor ringan, mual dan muntah
  • Kemasan : 10 Tablet/ strip
  • Dosis : Gunakan sesuai kebutuhan
  • Cara penggunaan : Dikonsumsi ½ jam atau 1 jam sebelum makan
  • Produksi : Pfizer

 

Segera tangani masalah yang berkaitan dengan hormon parotid sejak terjadi gejala. Pahami gejalanya dan segera lakukan tindakan penanganan yang tepat agar tidak mengakibatkan komplikasi berbahaya.

Pengobatan bisa dilakukan dengan obat tradisional atau obat apotek. Untuk pengobatan gondokan dengan obat di apotek, jika pengobatan sudah mencapai 14 hari atau lebih lakukan konsultasi dengan dokter terpercaya. Jika gejala tak juga membaik, Anda bisa lakukan prosedur pengobatan sesuai anjuran medis.

Semoga lekas sembuh!

loading...

Leave a Reply