15 Obat Panas Dalam – Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

Obat Panas Dalam di Apotik – Berbicara tentang panas dalam, sebenarnya panas dalam bukanlah sebuah penyakit dalam dunia medis. Panas dalam dikenal sebagai suatu istilah dalam pengobatan tradisional Tiongkok yang menyebutkan mengenai suatu kondisi dalam tubuh manusia yang merasakan panas berlebih pada area saluran tenggorokan sampai pencernaannya.

Kondisi ini memang menjadikan penderita mengalami rasa yang tidak nyaman, karena itu Anda harus segera mengatasinya.

Seseorang yang mengalami panas dalam tentu akan merasakan beberapa gejala. Ciri-ciri panas dalam yang dialami seseorang diantaranya:

  • Sakit tenggorokan yang biasanya disertai dengan suara serak
  • Tenggorokan terasa kering dan biasanya perih sewaktu mengonsumsi makanan
  • Bibir mulai terlihat kering dan pecah-pecah
  • Mulut menjadi bau karena infeksi pada tenggorokan
  • Bersin dan flu

Jika Anda mengalami gejala panas dalam di atas, Anda harus segera mengatasinya! Obat alami panas dalam dan atau obat panas dalam di apotik dapat menjadi pilihan pengobatan Anda untuk mengatasi masalah yang Anda rasakan.

 

Penyebab Panas Dalam

Panas dalam tentu tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Beberapa faktor penyebab panas dalam tersebut diantaranya yaitu :

  • Kekurangan vitamin C. Vitamin C bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi aneka buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, apel, strawberry, nanas, anggur, delima, lemon, mangga, kiwi dan masih banyak lagi.
  • Kekurangan serat
  • Dehidrasi (kekurangan cairan tubuh)
  • Mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin
  • Terlalu sering mengonsumsi makanan mengandung lemak seperti gorengan, kuah santan atau berbagai jenis makanan berlemak yang lainnya
  • Cuaca yang panas atau terlalu ekstrim
  • Faktor lingkungan dan faktor emosional

Agar panas dalam tidak mengintai Anda, tindakan pencegahan panas dalam yang tepat perlu Anda lakukan. Cara mencegah panas dalam yang dapat menjadi tindakan antisipasi Anda diantaranya :

  • Perhatikan jam makan. Hal ini juga sangat berlaku utamanya bagi Anda yang notabennya memiliki gangguan asam lambung. Jika Anda terlambat makan, tentu akan menimbulkan gangguan naiknya asam lambung sampai ke daerah dada.
  • Perhatikan makanan apa yang Anda konsumsi. Hindari makanan penyebab panas dalam (gorengan dan tinggi lemak).
  • Perbanyak minum air
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-mayur
  • Olahraga secara rutin

Lalu bagaimana cara mengobati panas dalam? Ada dua alternatif pengobatan yang dapat Anda tempuh yaitu secara alami dan dengan menggunakan obat panas dalam di apotik.

 

9 Obat Alami Panas Dalam

Pengobatan alami sangat dianjurkan digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Alasannya tentu karena obat-obatan dengan bahan kimia bisa berdampak buruk untuk sang janin dan sang bayi.

Selain itu, pengobatan alami juga direkomendasikan untuk digunakan oleh bayi karena ketahanan tubuh bayi terhadap obat-obatan berbahan kimia masih belum sempurna.

Tetapi, bukan berarti orang-orang selain ibu hamil dan bayi tidak boleh menggunakan pengobatan tradisional! Berikut adalah beberapa pengobatan alami yang aman untuk ibu hamil dan bayi:

 

1. Campuran Lemon dan Madu

Lemon dan MaduCampuran air lemon dan madu adalah salah satu obat alami panas dalam yang paling baik untuk anak. Hal tersebut dikarenakan anak seirng kali susah makan obat berupa tablet atau sirup dengan rasa pahit.

Anda cukup menyiapkan 1 buah lemon kemudian peras dan campurkan bersama madu.

Kandungan vitamin C didalam lemon dapat mengatasi sakit radang tenggorokan sementara kandungan antioksidan didalam madu dapat mempercepat penyembuhan panas dalam yang Anda rasakan.

 

2. Jeruk

Jeruk Obat Panas DalamBuah jeruk mengandung flavonoid dan fitonutrien yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu buah yang kaya kandungan vitamin C ini juga sangat bermanfaat untuk meredakan gejala panas dalam dan mengatasinya secara ampuh dengan catatan Anda harus mengonsumsi secara rutin.

Karena itulah jeruk dinominasikan menjadi buah untuk panas dalam yang baik untuk digunakan sebagai pertolongan pertama bagi sakit yang tengah Anda alami. Jeruk didalamnya juga mengandung asam askorbat yang merupakan suatu zat untuk menyembuhkan sakit maag.

 

3. Jambu Biji

Jambu Biji Obat Panas DalamTentunya para pembaca sekalian sudah tahu bahwa buah jambu biji adalah rekomendasi utama para dokter untuk para penderita demam berdarah.

Ternyata, selain membantu menyembuhkan penyakit demam berdarah, daun jambu biji dapat digunakan sebagai obat diare, dan buah jambu biji dapat digunakan sebagai obat alami panas dalam yang ampuh.

Didalam jambu biji terdapat kandungan vitamin C bahkan dua kali lipat dari buah jeruk dimana dalam 100 gram jambu biji menghasilkan vitamin C sebanyak 180 gram.

 

4. Delima

Delima Obat Panas DalamWalaupun sudah lama dikembangbiakkan pada daerah Mediterania, para ahli memperkirakan bahwa buah delima berasal dari Iran.

Buah delima banyak mengandung potasium. Selain mengandung potasium, delima didalamnya juga mengandung vitamin A, C dan E serta kandungan asam folik.

Dalam 100 gram sajian buah delima menghasilkan sebanyak 30 mg vitamin C sehingga buah ini juga sangat baik untuk Anda konsumsi dalam mencegah dan mengatasi panas dalam.

 

5. Mangga

Mangga Obat Panas DalamMangga memiliki kandungan vitamin C mencapai 27,7 gram. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, mangga menjadi salah satu solusi jika Anda mengalami panas dalam.

Tentunya Anda sudah tahu bahwa vitamin C pada buah mangga dapat digunakan sebagai obat sariawan. Ternyata, mangga juga sangat cocok Anda konsumsi sehari – hari untuk menunjang kesehatan Anda dan mencegah terjadinya panas dalam.

Selain berkhasiat untuk panas dalam, mangga juga menjadi sebuah makanan penurun kolesterol yang juga dapat menormalkan kadar insulin dan menjaga sistem pencernaan dalam tubuh Anda.

 

6. Kiwi

Kiwi Obat Panas DalamTahukah Anda bahwa buah kiwi adalah salah satu makanan paling aman untuk dikonsumsi? Yak! Pada tahun 2012, buah kiwi masuk menjadi top 10 makanan organik yang paling aman dari residu pestisida.

Buah kiwi termasuk ke dalam genus actinidia yang berasal dari Cina dimana kandungan antioksidannya yang tinggi dipercaya dapat membantu dalam mencegah kanker dan radang pada tubuh.

Penyembuhan panas dalam juga sangat efektif dengan adanya kandungan tersebut. Kandungan nutrisi yang lain dalam buah kiwi diantaranya seperti karbohidrat, protein, vitamin B1, B2, B3, B6, E, K, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, natrium, seng dan juga kalium.

 

7. Strawberry

Strawberry Obat Panas DalamBuah strawberry merupakan salah satu buah yang terpopuler di dunia. Buah ini dapat disulap menjadi aneka ragam masakan yang sangat nikmat. Selain memiliki tampilan yang cantik, cita rasa lezat dari buah ini juga menggoda selera.

Buah strawberry kaya akan kandungan mineral, vitamin A, B, B2, B3, B5, B6, C, asam folat, kalsium, magnesium, beta karoten, potasium, sodium, seng dan zat besi yang berfungsi sebagai antioksidan yang mudah diserap oleh tubuh.

Kandungan tersebut selain dapat mencegah dan mengatasi masalah panas dalam, juga dapat menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat. Karena itu konsumsi strawberry secara rutin untuk dapatkan manfaat sehatnya.

 

8. Air Kelapa Muda

Air Kelapa MudaSelain buah – buahan diatas, Anda juga bisa manfaatkan air kelapa muda untuk mengatasi panas dalam.

Caranya adalah dengan mencampur air kelapa muda dengan gula aren kemudian dikonsumsi. Atau jika tidak ingin ribet, Anda bisa konsumsi air kelapa muda secara langsung tanpa campuran.

Air kelapa muda dipercaya sangat ampuh meredakan panas dalam secara alami.

Selain itu, air kelapa muda juga dipercaya dapat menurunkan darah tinggi dan kolesterol dalam tubuh.

 

9. Sari Kacang Hijau Rebus

Sari Kacang HijauKacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang sering dikonsumsi di Indonesia. Kacang hijau sendiri banyak diolah menjadi berbagai macam makanan lainnya.

Untuk mengobati panas dalam dengan kacang hijau rebus, Anda perlu rendam dulu kacang hijau dan pilih yang tenggelam kemudian cuci sampai bersih.

Letakkan didalam panci dan isi panci dengan air secukupnya kemudian rebus sampai mendidih dan air rebusan nantinya akan berubah menjadi hijau. Tuangkan ke dalam gelas dan tiriskan kemudian tambahkan madu atau gula aren sesuai selera.

 

Obat alami panas dalam diatas dapat menjadi pertolongan pertama ketika sakit mulai Anda rasakan, atau juga dapat digunakan sebagai penunjang obat dari dokter agar sakit bisa lebih cepat diatasi.

Namun, bagi Anda yang hanya ingin menggunakan pengobatan alami, dianjurkan untuk beralih ke obat dokter jika setelah menggunakan pengobatan tradisional selama 3 hari tetapi kondisi tidak segera membaik.

 

6 Obat Panas Dalam Di Apotik Yang Ampuh

1. Larutan Cap Kaki Tiga Anak

Jika anak Anda mengalami masalah panas dalam, segera atasi dengan obat panas dalam untuk anak yang dikenal ampuh dan aman mengatasi masalah panas dalam yang dirasakan.

Salah sat yang paling direkomendasikan adalah larutan cap kaki tiga anak.

Larutan cap kaki tiga anak hadir dengan varian rasa jeruk, strawberry, dan leci 250 ml yang dapat Anda temukan di apotek terdekat seharga Rp 5.100,00. Anda juga bisa temukan di indomaret atau alfamart produk obat panas dalam ini.

Rasanya yang manis dan nikmat pasti akan sangat mudah untuk dikonsumsi oleh sang anak.

  • Larutan Cap Kaki Tiga AnakSub kategori : Larutan penyegar
  • Komposisi : Gypsum fibrosum 3,25%, galcareous spar 0,125%, bahan – bahan penunjang lainnya sampai dengan 100%.
  • Indikasi : Membantu mencegah, meredakan dan mengobati panas dalam secara ampuh termasuk sariawan dan tenggorokan kering pada anak.
  • Perhatian : Simpan di tempat yang sejuk
  • Efek samping : Tidak ada efek samping
  • Kemasan :  1 pcs
  • Dosis : Konsumsi tiga kali sehari sampai panas dalam anak sembuh
  • Cara penggunaan : Sebagai larutan penyegar, bisa dikonsumsi kapan saja
  • Produksi :  PT Kino Indonesia Tbk

 

2. Larutan Cap Kaki Tiga Dewasa

PT Kino Indonesia Tbk selain menyediakan varian larutan cap kaki tiga untuk anak, juga menyediakan larutan cap kaki tiga dewasa. Ada beberapa varian juga yang dapat menjadi pilihan Anda diantaranya original, jeruk, leci, jambu, anggur dan varian lainnya.

Anda bisa dapatkan larutan cap kaki tiga untuk dewasa di apotek atau di alfamart dan indomaret dengan harga Rp 6.500,00.

  • Larutan Cap Kaki TigaSub kategori : Larutan penyegar
  • Komposisi : Gypsum fibrosum, galcareous spar, bahan – bahan penunjang lainnya sampai dengan 100%.
  • Indikasi : Membantu mencegah, meredakan dan mengobati panas dalam secara ampuh termasuk sariawan dan tenggorokan kering pada orang dewasa. Obat panas dalam di apotik yang satu ini juga aman untuk dikonsumsi anak – anak.
  • Perhatian : Simpan di tempat yang sejuk
  • Efek samping : Tidak ada efek samping
  • Kemasan :  1 pcs
  • Dosis : Konsumsi tiga kali sehari sampai panas dalam Anda sembuh
  • Cara penggunaan : Sebagai larutan penyegar, bisa dikonsumsi kapan saja
  • Produksi :  PT Kino Indonesia Tbk

 

3. Alangsari Plus

Alangsari plus merupakan minuman penyegar yang tidak hanya dapat menyegarkan tenggorokan akan tetapi juga dapat menjadi salah satu obat panas dalam di apotik yang ampuh mengatasi masalah panas dalam yang tengah Anda rasakan.

Alangsari plus sangat aman dikonsumsi anak – anak ataupun orang dewasa.

Dalam satu dos, Alangsari plus terdiri dari 6 pcs kemasan dan dibanderol dengan harga Rp 7.700,00 per dos. Selain bisa Anda temukan di apotek, Alangsari plus juga dapat Anda beli di alfamart dan indomaret terdekat. Harga bisa berbeda dan berubah sewaktu – waktu.

  • Alangsari PlusSub kategori : Minuman herbal dan larutan penyegar
  • Komposisi : Ekstrak akar alang – alang, ekstrak daun cincau hijau dan jeruk nipis, serta mengandung vitamin C
  • Indikasi : Mencegah, meredakan dan mengatasi panas dalam dan gejala panas dalam.
  • Perhatian : Simpan di tempat yang sejuk
  • Efek samping : Tidak ada efek samping
  • Kemasan : 6 pcs/ dos
  • Dosis : Konsumsi sampai panas dalam Anda sembuh, bisa dikonsumsi 3 kali sehari.
  • Cara penggunaan : Bisa dikonsumsi kapan saja
  • Produksi : Sidomuncul

 

4. Jesscool

Jesscool berfungsi mencegah dan mengatasi gejala panas dalam yang meliputi sariawan, bibir pecah – pecah, sakit tenggorokan dan sembelit (susah buang air besar). Kandungan formula Extract Thyme dan Chicory root didalam Jesscool juga bekerja secara efektif dalam membantu meredakan panas dalam yang Anda alami.

Kini Jesscool hadir dalam bentuk tablet yang praktis Anda bawa kemana saja. Jesscool bisa Anda beli dengan harga Rp 2.500,00 per pcs.

  • Jesscool Obat Panas DalamSub kategori : Minuman herbal dan larutan penyegar
  • Komposisi : Thyme herba extract 10 mg, Chicory radix extract 500 mg, Citriaurantifolia extract 75 mg.
  • Indikasi : Membantu meredakan, mengatasi dan menumpas semua masalah panas dalam beserta gejalanya.
  • Perhatian : Simpan di tempat yang sejuk dan kering
  • Efek samping : Tidak ada efek samping
  • Kemasan : 1 pcs
  • Dosis : Dewasa 3 kali sehari, anak – anak 2 kali sehari masing – masing ½ pcs.
  • Cara penggunaan : Bisa dikonsumsi kapan saja baik sebelum atau sesudah makan.
  • Produksi :  Konimex

 

5. Adem Sari

Nama adem sari memang sangat familiar bagi banyak orang karena iklan yang mereka gunakan. Adem sari sudah sejak dulu dikenal sebagai obat dan larutan panas dalam terampuh.

Anda bisa dapatkan adem sari di apotek terdekat dengan harga Rp 12.000,00 per dos atau Rp 2.000,00 per pcs. Harga ini bisa berubah sewaktu – waktu dan bisa berbeda – beda pada masing – masing apotek.

  • Adem SariSub kategori : Minuman dan larutan penyegar
  • Komposisi : Extract citrus aurantifolia 350 mg, extract aayxia stellata ret cortex 1.05 gram, extract cinamommum burmanni BI cortex 11 mg, vitamin C 50 mg, aspartam 35 mg, sukrosa 7 gram.
  • Indikasi : Membantu mencegah dan mengatasi masalah panas dalam dan segala gejala panas dalam. Dapat dijadikan sebagai minuman penyegar untuk meredakan dehidrasi.
  • Perhatian : Simpan di tempat yang sejuk dan kering
  • Efek samping : Tidak ada efek samping
  • Kemasan : 1 pcs
  • Dosis : Dewasa 1 bungkus 3 kali sehari. Anak – anak 1 bungkus sekali sehari atau 2 kali sehari masing – masing ½ bungkus
  • Cara penggunaan : Konsumsi sesuai anjuran dosisnya
  • Produksi : Enesis Group

 

6. Enkasari

Enkasari menjadi salah satu obat panas dalam termutakhir yang dapat menjadi solusi Anda mencegah dan mengatasi masalah yang Anda alami. Enkasari terbuat dari bahan – bahan herbal alami yang sangat aman dikonsumsi.

Selain bisa dijadikan obat alami mengatasi panas dalam, enkasari juga menjadi obat kumur yang dapat ditelan untuk membantu penyembuhan sariawan.

Enkasari hadir dalam kemasan botol dengan harga Rp 25.000,00 per botol. Enkasari aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan orang-dewasa.

  • Enkasari Obat Panas DalamSub kategori : Preparat mulut atau tenggorokan
  • Komposisi : Sari daun saga 200,4 mg, sari daun sirih 200 mg, sari akar kayu manis 52,8 mg
  • Indikasi : Membantu mengurangi sariawan, membantu menyegarkan mulut, mengurangi bau mulut, membantu mencegah dan mengatasi panas dalam beserta gejalanya.
  • Perhatian : Simpan di tempat yang sejuk dan kering
  • Efek samping : Tidak ada efek samping
  • Kemasan : Botol
  • Dosis : Anak – anak kurang dari 12 tahun 2 kali sehari 15 ml, diatas 12 tahun 3 – 4 kali sehari 45 ml.
  • Cara penggunaan : Kumur – kumur sebentar kemudian telan
  • Produksi : Kimia Farma

 

Lakukan tindakan pencegahan panas dalam untuk menghindari masalah panas dalam terjadi pada diri Anda. Jika perlu hindari berbagai hal yang berpotensi menyebabkan panas dalam terjadi.

Jika panas dalam sudah terlanjur terjadi, Anda bisa segera atasi dengan menggunakan obat panas dalam alami dan ditunjang dengan yang dijual di apotik.

Namun jika memang pengobatan selama lebih dari 1 minggu tetapi belum memberikan hasil yang maksimal, segera periksakan ke dokter karena kemungkinan panas dalam yang Anda alami adalah karena potensi penyakit serius lainnya.

Get well soon!

loading...

Leave a Reply