11 Obat Kutu Rambut di Apotik dan Alami Yang Paling Ampuh

Kutu rambut merupakan organisme kecil dalam golongan serangga yang tinggal di rambut manusia dan hidup dengan menghisap darah melalui kulit. Kutu rambut sangatlah kecil ukurannya.

Selain dapat menjangkit area rambut kepala, kutu rambut juga dapat hidup di kemaluan. Baik kutu rambut kepala atau kutu rambut kemaluan biasanya timbul ketika seseorang kurang menjaga kebersihan rambutnya di area tersebut.

Kutu yang tumbuh di rambut memiliki ukuran yang sangat kecil. Masa tetes telur kutu rambut berkisar antara 8 sampai dengan 9 hari. Ketika seseorang terserang kutu baik di rambut kepala atau kemaluan biasanya mereka akan mengalami gatal yang tidak tertahankan. Kemudian di area dekat rambut akan muncul bekas hisapan darah jika diteliti dengan baik.

Tentunya masalah kutu rambut tak boleh dibiarkan begitu saja karena akan berbahaya baik pada fisik atau mental penderita. Untuk mengatasinya, obat kutu rambut baik alami atau yang bisa Anda beli di apotek dapat menjadi alternatif solusinya.

 

11 Penyebab Kutu Rambut

Baik kutu rambut yang terjadi di area kemaluan atau di rambut disebabkan karena beberapa faktor. Penyebab kutu rambut baik di kemaluan atau rambut kepala terjadi karena faktor berikut ini, diantaranya:

  • Kurangnya menjaga kebersihan rambut
  • Kamar yang tidak bersih
  • Peralatan perawatan rambut yang tidak pernah dibersihkan
  • Rambut berketombe parah sehingga menjadi sarang tumbuh dan berkembangnya kutu
  • Shampo yang tidak cocok
  • Kontak langsung dengan penderita kutu rambut
  • Berbagi sisir dan peralatan rambut lainnya dengan penderita kutu rambut
  • Handuk yang sama dengan penderita kutu rambut
  • Helm yang kotor dan bau langsung berinteraksi dengan rambut pengguna
  • Kulit kepala yang lembab
  • Penutup kepala yang jarang dibersihkan seperti topi, hijab, bandana atau yang lainnya

 

8 Bahaya Kutu Rambut

Memang efek bahaya dari kutu rambut tidak secara langsung dirasakan kecuali membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri lagi.

Akan tetapi jika kutu rambut dibiarkan tumbuh di rambut dalam jangka waktu yang lama tanpa ada penanganan maka akan berbahaya pula bagi kesehatan. Bahaya kutu rambut yang perlu diwaspadai diantaranya:

 

1. Eksim

Jika parasit yang tumbuh dan berkembang di rambut tidak disingkirkan segera, maka seseorang akan terus menggaruk kepalanya karena rasa gatal yang tak tertahankan tersebut.

Hal ini bisa mengakibatkan kulit kepala lecet sehingga membuka peluang terhadap timbulnya eksim. Eksim merupakan suatu gangguan kulit yang mengakibatkan area kulit termasuk kulit kepala mengalami bengkak, radang dan kemerahan.

 

2. Impetigo

Impetigo merupakan suatu infeksi kulit yang disebabkan karena bakteri streptococcus atau staphylococcus. Jika kulit Anda tergores atau mengalami luka, hal tersebut akan memudahkan bakteri streptococcus atau staphylococcus untuk masuk dan menginvasi sehingga memicu terjadinya infeksi.

Berbeda dengan eksim, justru impetigo memiliki potensi menular yang sangat tinggi. Pada umumnya, penularan impetigo pada seorang penderita terjadi ketika kulit bersentuhan dengan kulit atau media perantara lainnya.

 

3. Pediculosis Capitis

Ketika kutu yang tumbuh dan berkembang di rambut menggigiti kulit kepala untuk menghisap darah, ia juga akan meneteskan air liur. Air liur kutu inilah yang membuat kulit kepala Anda terasa gatal, bau dan kotor. Karena itu kemudian kulit kepala Anda akan mengalami iritasi akibat banyaknya gigitan. Hal ini disebut dengan Pediculosis capitis.

 

4. Infeksi pada kemaluan

Seperti yang sudah kita tahu bahwa kutu rambut tidak hanya bisa tumbuh di kulit kepala saja akan tetapi juga bisa menjangkit kemaluan. Kurangnya menjaga kebersihan organ intim dan penularan akibat kontak kulit ketika melakukan hubungan intim menjadi faktor penyebabnya.

Sama halnya dengan kutu yang berkembang di kulit kepala, kutu yang berkembang di organ kemaluan jika tidak disingkirkan segera tentu akan memicu infeksi pada area kemaluan. Bahkan hal ini dapat mengakibatkan luka dan herpes pada organ kemaluan.

 

5. Perubahan emosi

Akibat rasa tidak nyaman selama kutu rambut berkembang di kulit kepala, kemudian penderita akan mengalami perubahan emosi. Perubahan emosi pada penderita ditandai dengan sikap mudah marah, depresi, insomnia bahkan mengakibatkan penderita kurang konsentrasi. Karena itu banyak remaja yang mengalami masalah kutu rambut memiliki prestasi yang menurun.

 

6. Percaya diri menurun

Rasa gatal, rasa tidak nyaman dan keinginan untuk menggaruk tidak hanya dapat mengakibatkan beberapa penyakit muncul. Akan tetapi hal ini juga secara ampuh menurunkan rasa percaya diri. Yang paling berbahaya adalah ketika teman, tetangga atau saudara tahu bahwa kita mengalami masalah kutu rambut, maka penderita akan dikucilkan karena tidak ada yang mau tertular dengan kutu tersebut.

 

7. Gangguan tidur

Bagaimana bisa tidur dengan tenang dan nyaman jika di kepala ada serangga yang terus menerus menggigiti kulit dan menghisap darah sehingga menyebabkan gatal. Jika dibiarkan terus menerus tentu penderita akan mengalami insomnia.

 

8. Aktivitas terganggu

Aktivitas penderita akan terganggu karena rasa tidak nyaman yang dirasakan dan kesulitan untuk konsentrasi. Akibatnya akan ada jadwal – jadwal yang terbengkalai bahkan hasil dari setiap kegiatan tidak akan maksimal.

 

5 Obat Kutu Rambut Alami

1. Lemon

Lemon merupakan bahan alami yang didalamnya mengandung sifat asam yang cukup tinggi. Kandungan sifat asam yang tinggi tersebut membuat kutu tidak betah lagi di rambut sehingga akan menyingkir segera.

Untuk mengatasi kutu rambut dengan lemon, pertama – tama Anda perlu peras lemon kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala sembari dipijat – pijat. Diamkan selama 30 menit dan keramaslah sampai benar – benar bersih. Anda akan merasakan sedikit perih di kulit kepala namun ini adalah hal yang wajar sebagai akibat interaksi antara lemon dengan area yang menjadi bekas gigitan kutu di rambut Anda.

Selain itu, lemon juga bisa digunakan sebagai obat sakit perut dan obat panas dalam.

 

2. Bawang putih

Didalam bawang putih yang biasanya kita gunakan untuk memasak, terdapat kandungan sulfur putih yang ternyata sangat efektif untuk membasmi kutu rambut. Cara menghilangkan kutu rambut secara alami dengan bawang putih sangat mudah.

Anda perlu siapkan 4 sampai dengan 5 siung bawang putih kemudian blender sampai halus. Jika sudah berbentuk pasta, kemudian peras halusan bawang putih dengan memasukkannya ke dalam kain lebih dulu. Sekarang oleskan minyak atau air bawang putih perasan ini secara merata ke seluruh rambut dan pijat sebentar kurang lebih 10 menit. Biarkan kulit kepala Anda terasa sedikit panas. Selanjutnya tutup rambut dengan handuk basah hangat selama dua jam. Setelah itu sisir rambut dengan sisir khusus kutu. Anda akan temukan kutu yang sudah mati jatuh dengan sendirinya.

Selama proses pengobatan, lakukan dua kali dalam seminggu. Setelah pengobatan dengan bawang putih, jangan lupa bersihkan rambut sampai benar – benar bersih.

Bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat amandel bengkak dan obat kutil.

 

3. Minyak kelapa

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa yaitu pertama oleskan minyak kelapa ke rambut Anda secara merata. Setelah itu Anda pijat sebentar sekitar 10 sampai dengan 15 menit agar meresap sempurna. Selanjutnya tutup rambut yang telah Anda olesi minyak kelapa tadi dengan shower cap selama semalam penuh. Jika tidak ada shower cap bisa menggunakan handuk kecil. Esok harinya cuci rambut dengan shampo sampai bersih lalu sisir rambut dengan penyisir khusus kutu.

Minyak kelapa ternyata bisa juga digunakan sebagai salah satu cara memutihkan gigi secara alami.

 

4. Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya dapat melembabkan, melebatkan dan menghitamkan rambut. Akan tetapi lebih jauh lagi, lidah buaya juga dapat menjadi obat kutu rambut alami yang aman dan ampuh mengatasi dan mengusir kutu yang hidup di rambut.

Caranya ambil lidah buaya yang sudah berwarna hijau tua tepatnya di bagian bawah daun lidah buaya tersebut. Kemudian cuci bersih daun tadi dan belah menjadi dua bagian. Masing – masing bagian Anda oleskan secara merata ke seluruh kulit kepala Anda. Berikan pijatan lembut selama 5 menit dan hindari menggaruk, hanya memijat saja. Selanjutnya diamkan meresap selama 2 sampai dengan 3 jam. Setelah itu keramas untuk membersihkan gel lidah buaya tersebut.

Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat ketombe dan obat keloid.

 

5. Cuka

Cuka juga menjadi salah satu bahan alami yang sangat efektif untuk menghilangkan kutu rambut. Didalam cuka terdapat kandungan asam asetat yang dapat membunuh semua kutu dan mencegah telurnya menetas.

Namun terkadang cuka dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala karena itu dalam mengatasi kutu rambut dengan cuka baiknya gunakan cuka secara tidak berlebihan. Selain itu tambahkan sedikit air agar rambut tidak rontok akibat sifat abrasif dari cuka.

Jika masih ada cuka yang tersisa, janganlah dibuang, karena ternyata cuka dapat digunakan sebagai salah satu cara meluruskan rambut secara alami.

 

6 Obat Kutu Rambut Di Apotek

1. Peditox

Peditox sebagai obat pembasmi kutu rambut dapat Anda beli di apotek seharga Rp 10.000,00 per botol untuk kemasan 50 ml. Obat ini sangat ampuh sebagai alternatif cara membasmi kutu rambut.

Anda oleskan peditox ke rambut secara merata dan diamkan semalam penuh. Baru esok harinya bilas sampai bersih dengan shampo. Jika memang memungkinkan, gunakan shampo khusus untuk kutu agar kutu di rambut bisa terusir sempurna.

  • PeditoxSub kategori : Obat pembasmi kutu rambut
  • Komposisi : Hexachlorocyclohexane 0,5%
  • Indikasi : Membasmi kutu rambut secara aman dan ampuh
  • Perhatian : Hindari mengenai area mata
  • Efek samping : Panas pada kulit kepala
  • Kemasan : Botol
  • Dosis : Gunakan seperlunya
  • Cara penggunaan : Oleskan secara merata pada rambut Anda kemudian pijat sebentar dan tutup rambut dengan shower cap atau handuk semalam penuh. Esok harinya bilas dengan shampo khusus kutu rambut sampai bersih.
  • Produksi : Combiphar

 

2. KO (Kutu Out)

KO merupakan sebuah obat kutu rambut yang dapat Anda beli di apotek atau secara online dengan harga Rp 25.000,00 untuk kemasan 20 ml. KO sangat efektif untuk membasmi secara ampuh kutu yang berkembang biak di rambut dan sangat aman untuk kulit kepala Anda.

KO bisa digunakan untuk membasmi kutu pada anak – anak dan orang dewasa, akan tetapi untuk anak – anak pemakaiannya harus sesuai dengan pengawasan orang tua.

  • Kutu OutSub kategori : Obat pembasmi kutu rambut
  • Komposisi : Terbuat dari bahan herbal alami
  • Indikasi : Membantu mengatasi kutu rambut dan mencegahnya kembali
  • Perhatian : Hindari mengenai area mata ketika pengobatan
  • Efek samping : Kulit kepala mengelupas ringan
  • Kemasan : Botol spray
  • Dosis : Gunakan secukupnya
  • Cara penggunaan : Bersihkan lebih dulu kulit kepala kemudian spray KO secara merata. Pijat lembut rambut dan kemudian tutup rambut Anda dengan shower cap atau handuk kecil. Diamkan sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam dan bilas sampai bersih.

 

3. Ketomed shampo

Ketomed shampo memang sangat ampuh mengatasi masalah ketombe di rambut. Selain dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah ketombe di rambut, Ketomed juga dapat digunakan untuk membasmi kutu rambut sekaligus.

Anda bisa temukan ketomed shampo di apotek terdekat seharga Rp 53.000,00 per botol kemasan 60 ml. Harga ini bisa berbeda pada masing – masing apotek dan berubah sewaktu – waktu.

  • Ketomed ShampoSub kategori : Anti parasit topikal
  • Komposisi : Ketoconazole 2%
  • Indikasi : Mengatasi dermatitis seboroik, ketombe dan membasmi kutu rambut
  • Perhatian : Hindari kontak dengan mata dan shampo ini hanya untuk pemakaian luar
  • Efek samping : Iritasi, gatal dan kulit kepala mengelupas ringan
  • Kemasan : Botol
  • Dosis : Untuk mencuci rambut 2 atau 3 kali seminggu. Biarkan 3 sampai 5 menit kemudian bilas. Untuk pemakaian sebagai shampo tidak lebih dari 4 minggu.
  • Cara penggunaan : Gunakan sebagai shampo
  • Produksi : SDM Lab

 

4. Ketomed gel

Untuk memaksimalkan pembasmian kutu rambut dan ketombe dengan produk Ketomed, Anda bisa imbangi penggunaan Ketomed shampo dengan Ketomed gel.

Ketomed gel merupakan gel pembasmi ketombe dan kutu rambut yang tersedia dalam kemasan 15 gram dengan harga Rp 35.000,00 per tube.

  • Ketomed GelSub kategori : Anti parasit topikal
  • Komposisi : Ketoconazole 2%
  • Indikasi : Membantu mengatasi kutu rambut, ketombe dan infeksi yang disebabkan dermatofita
  • Perhatian : Hindari kontak dengan mata
  • Efek samping : Iritasi ringan dan kulit kepala mengelupas
  • Kemasan : Tube
  • Dosis : Oleskan 2 kali sehari
  • Cara penggunaan : Oleskan setelah menggunakan shampo Ketomed dan sebelum tidur
  • Produksi : SDM Lab

 

5. Nizoral shampo

Nizoral shampo merupakan shampo pembasmi kutu rambut yang sekaligus dapat digunakan sebagai shampo untuk terapi dan profilaksis ptiriasis versikolor, dermatitis seboroik dan ptiriasis kapitis.

Nizoral shampo 1% kemasan 80 ml di apotek dapat Anda beli seharga Rp 85.000,00. Sementara Nizoral shampo 2% kemasan 80 ml seharga Rp 155.000,00 per botol.

  • Nizoral ShampooSub kategori : Anti parasit topikal
  • Komposisi : Ketoconazole 1%, 2%
  • Indikasi : Membasmi kutu rambut dan sebagai terapi dan profilaksis ptiriasis versikolor, dermatitis seboroik dan ptiriasis kapitis.
  • Perhatian : Hanya untuk pemakaian luar dan hindari mengenai area mata
  • Efek samping : Iritasi ringan
  • Kemasan : Botol
  • Dosis : Untuk mencuci rambut 2 atau 3 kali seminggu. Biarkan 3 sampai 5 menit kemudian bilas. Pemakaian teratur tidak lebih dari 4 minggu.
  • Cara penggunaan : Gunakan sebagai pengganti shampo
  • Produksi : Janssen

 

6. Nizoral cream

Dalam pemaksimalan pembasmian kutu rambut dengan produk Nizoral, Anda bisa imbangi penggunaan Nizoral shampo dengan Nizoral cream.

Nizoral cream merupakan sebuah cream pembasmi ketombe dan kutu rambut yang tersedia dalam kemasan 5 gram seharga Rp 47.000,00 dan kemasan 15 gram seharga Rp 115.000,00.

  • Nizoral CreamSub kategori : Anti parasit topikal
  • Komposisi : Tiap gram mengandung 20 mg Ketoconazole
  • Indikasi : Membasmi kutu rambut dan sebagai terapi dan profilaksis ptiriasis versikolor, dermatitis seboroik dan ptiriasis kapitis.
  • Perhatian : Hindari mengenai area mata
  • Efek samping : Iritasi dan panas ringan
  • Kemasan : Tube
  • Dosis : Gunakan secukupnya
  • Cara penggunaan : Gunakan setelah pemakaian Nizoral shampo
  • Produksi : Taisho Pharmaceutical Indonesia

 

Setelah pengobatan dengan obat pembasmi kutu rambut baik alami atau menggunakan obat apotek diatas, baiknya Anda hindari penyebab kutu rambut agar masalah yang sama tidak terjadi lagi.

Jaga selalu kebersihan rambut Anda. Semoga masalah kutu rambut segera teratasi dan selamat mencoba.

loading...

Leave a Reply