8 Obat Kesemutan di Apotik & Tradisional Pada Tangan & Kaki + Penyebabnya

Jika Anda mengalami kesemutan, jangan khawatir karena sekarang sudah tersedia obat kesemutan yang bisa digunakan setiap kali Anda mengalaminya. Kesemutan merupakan suatu gejala di mana Anda akan mengalami sensasi geli atau mati rasa yang disertai dengan perasaan seperti tertusuk jarum.

Kesemutan ada yang bersifat sementara dan ada juga yang berkepanjangan. Kesemutan terjadi karena saraf dengan tidak sengaja mendapatkan tekanan, sehingga menyebabkan aliran darah pada saraf tidak lancar. Dalam dunia medis, kesemutan biasa disebut dengan Parestesia.

Penyebab Kesemutan

Kesemutan adalah kondisi yang wajar terjadi pada semua orang. Bagian tubuh yang sering mengalami kesemutan biasanya adalah bagian tangan, lengan dan kaki. Penyebab kesemutan pun bermacam-macam, di antaranya:

1. Penyakit gangguan saraf

Penyebab kesemutan yang pertama adalah karena penyakit gangguan saraf atau neuropati. Gejala yang dialami jika mengalami penyakit ini adalah adanya rasa panas seperti terbakar, mati rasa dan kesemutan.

Penyakit gangguan saraf disebabkan karena beberapa penyakit seperti rematik, diabetes, kekurangan folat dan vitamin B, uremia, radang saraf, hepatitis C, dan Syindrom POEMS.

2. Keracunan makanan

Makanan yang mengandung toksin seperti ikan laut bisa menyebabkan kesemutan atau mati rasa setelah 30 menit dikonsumsi. Selain ikan, makanan laut yang bisa menyebabkan kesemutan setelah dimakan adalah kepiting, lobster, kerang dan tiram. Kondisi keracunan yang parah juga bisa menyebabkan kematian pada seseorang.

3. Gangguan otak

Multiple Sclerosis merupakan suatu penyakit yang bisa mempengaruhi otak dan jaringan spinal. Penyakit ini bisa menyebabkan gejala kesemutan dan mati rasa di beberapa bagian tubuh.

4. Gangguan tulang belakang

Ada beberapa gangguan tulang belakang yang bisa menyebabkan kesemutan di antaranya:

  • Cedera tulang leher
  • Sum-sum tulang belakang yang terganggu
  • Tumor yang tumbuh pada tulang belakang
  • Kista Arachnoid tulang belakang yang merupakan kista yang terjadi di sekitar saraf tulang belakang.
  • Syringomyelia, yaitu kondisi yang mengacu pada kista yang terdapat di bagian sum-sum tulang belakang.

5. Masalah yang berhubungan dengan sirkulasi darah

Setelah duduk atau jongkok dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan kesemutan maupun mati rasa. Hal tersebutbisa terjadi, karena ada pembuluh darah yang terjepit dan menyebabkan aliran darah terputus sehingga menyebabkan adanya rasa yang aneh seperti tertusuk jarum. Hal ini berlangsung hanya dalam beberapa saat saja dan kemudian akan menghilang dengan sendirinya.

Selain itu, penyakit pembuluh darah parifier atau penyempitan pembuluh darah akibat aterosklerosis juga bisa menyebabkan kesemutan. Namun, sebelumnya akan ditandai dengan kulit pada kaki atau lengan berubah menjadi pucat atau kebiru-biruan.

6. Gigitan serangga

Bagian tubuh yang terkena gigitan serangga juga bisa menyebabkan gejala kesemutan dan mati rasa.

7. Terlalu banyak minum-minuman beralkohol dan obat-obatan

Jika Anda terlalu banyak minum-minuman beralkohol ataupun mengkonsumsi obat-obatan, akan menimbulkan sensasi seperti kesemutan pada tangan dan kaki.

Beberapa penyebab kesemutan di atas bisa diatasi dengan menggunakan obat kesemutan. Namun, mengingat penyebab kesemutan yang sangat beragam maka obat yang digunakan pun juga tergantung dari gejala kesemutan tersebut. Obat kesemutan yang baik adalah obat yang berfokus pada penyebab yang mendasarinya.

Sekarang sudah banyak tersedia obat kesemutan di apotik maupun obat kesemutan tradisional. Jika Anda sering mengalami kesemutan, tidak ada salahnya jika menggunakan salah satu obat di apotik maupun obat tradisional di bawah ini !

 

2 Obat Kesemutan di Apotik

Jika Anda mengalami kesemutan yang berkepanjangan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu, sebelum terlambat cobalah untuk mengkonsumsi obat kesemutan yang tersedia di apotik berikut ini,

1. Glibenclamaide

Glibenclamaide adalah salah satu obat anti diabetes militus tipe 2. Obat ini menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan kalsium intraseluler di dalam sel beta pankreas. Dengan begitu, produksi insulin akan terstimulasi.

Dengan adanya peningkatan insulin, maka glukosa yang diubah menjadi energy akan meningkat sehingga kadar gula darah menurun.

Obat Glibenclamaide yang dipasarkan memiliki kadar 2,5 mg/ tablet dan 5 mg/ tablet. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan sebagai terapi tunggal atau dikombinasikan dengan obat anti diabetes lain.

2. Undibet

Obat kesemutan yang satu ini merupakan obat yang terbuat dari bahan herbal alami seperti mengkudu, sambiloto dan brotowali. Obat ini berbentuk kapsul yang dapat membantu penderita diabetes tanpa efek samping yang membahayakan. Undibet bisa dikonsumsi oleh pria maupun wanita bahkan ibu hamil sekalipun.

Khasiat yang dirasakan jika mengkonsumsi obat ini di antaranya memperbaiki jaringan sel, menambah stamina tubuh, menormalkan kadar gula, melancarkan peredaran darah dan mengurangi kolesterol.

Obat di atas bisa Anda gunakan untuk mengatasi gejala kesemutan yang sering terjadi di tubuh Anda. Namun, jika Anda enggan menggunakan obat di apotik karena takut dengan kandungan kimianya, Anda bisa menggunakan obat tradisional.

 

6 Obat Kesemutan Tradisional

Jika Anda sedang mencari obat kesemutan yang alami dan efektif, cobalah beberapa obat yang di bawah ini.

1. Ginkgo biloba

Tanaman Ginkgo biloba memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya untuk meredakan kesemutan. Untuk membuat ramuan dari tanaman ini, Anda harus tahu takaran yang tepat.

Namun, lebih baik jika Anda berkonsultasi dahulu ke dokter jika ingin menggunakan Ginkgo biloba sebagai obat kesemutan.

2. Minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan. Jika digunakan sebagai minyak oles, minyak zaitun ini juga bisa mengatasi kesemutan yang terjadi di bagian tubuh Anda.

Caranya, oleskan minyak zaitun ke bagian tubuh yang kesemutan sambil dipijat dengan perlahan. Lakukan hal ini selama kurang lebih 15 menit. Untuk mencegah kesemutan terjadi kembali, lakukan pengobatan ini 2 kali dalam sehari.

Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai obat varises dan obat sakit kepala.

3. Kacang Kedelai

Mengkonsumsi kacang kedelai secara langsung maupun dalam bentuk susu, akan dapat meredakan kesemutan.

Namun, untuk penderita penyakit ginjal dan diabetes tidak disarankan mengkonsumsi kacang kedelai secara langsung. Anda harus mengkonsultasikannya ke dokter agar tidak berefek buruk pada kondisi kesehatan yang Anda derita.

Susu kedelai juga bermanfaat sebagai obat peninggi badan, sementara minyak kedelai dapat digunakan sebagai salah satu cara meluruskan rambut.

4. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung banyak magnesium. Selain itu, kandungan mineral esensi yang ada di alpukat mampu meningkatkan aliran darah dari dalam tubuh secara alami. Oleh karena itu, alpukat juga dipercaya bisa mengatasi gejala kesemutan.

Cara yang paling baik menggunakan alpukat sebagai obat untuk menghilangkan kesemutan adalah dengan memakannya langsung.

Alpukat ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kaki pecah-pecah dan obat pengencer darah.

5. Minyak kelapa

Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai obat meringankan kesemutan adalah dengan cara mengoleskannya ke bagian tubuh yang kesemutan. Kemudian, pijatlah secara perlahan selama 5 – 10 menit.

Jika sudah, biarkan dulu selama kurang lebih 20 menit sebelum Anda membilasnya dengan air. Lakukan hal ini 3 kali secara rutin agar kesemutan tidak kembali datang.

Siapa sangka, ternyata minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai obat demam dan obat pengapuran tulang.

6. Garam

Cara penggunaanya yaitu, campurkan satu sendok makan garam dengan air hangat lalu aduk hingga merata.

Setelah tercampur, rendamlah bagian tubuh yang mengalami kesemutan selama 10 menit. Jika dilakukan secara rutin, maka bisa mencegah kesemutan datang kembali.

Garam memang sudah terkenal akan sifatnya yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Beberapa manfaat air garam lainnya adalah dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan dan obat sakit gigi.

 

Dengan beberapa obat kesemutan di atas, maka Anda akan dengan mudah mengatasi gejala kesemutan yang sering terjadi di tubuh Anda.

Namun, jika kesemutan yang Anda derita tidak kunjung sembuh segeralah periksakan ke dokter untuk mencegah adanya penyakit yang membahayakan !

loading...

Leave a Reply