6 Obat Kencing Nanah di Apotik & Alami – Penyebab & Gejala

Kencing nanah atau gonore merupakan salah satu penyakit menular seksual yang paling ditakuti. Sayangnya penyakit ini tergolong umum dialami baik oleh pria maupun wanita. Tidak hanya orang dewasa saja, bahkan bayi pun bisa terjangkit penyakit kencing nanah.

Kasus kencing nanah pada bayi biasanya terjadi melalui proses kelahiran dari sang ibu yang mengidap penyakit ini. Jika biasanya kencing nanah menjangkit alat vital, pada bayi lebih sering menjangkit bagian mata. Tentu penyakit ini harus segera ditangani, karena dapat berakibat fatal, termasuk kebutaan pada bayi yang terjangkit tersebut.

Penyebab Kencing Nanah

Penyebab kencing nanah adalah bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Bakteri ini biasanya ditemukan di cairan alat kelamin (baik pria maupun wanita) yang telah terjangkit penyakit ini.

Selain menyerang alat kelamin, bakteri penyebab kencing nanah ini juga dapat menjangkit daerah penting lainnya, seperti uretra, serviks, dubur, bahkan tenggorokan, dan mata.

Dikatakan sebagai salah satu penyakit menular seksual, karena bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus ini dapat menular, terutama pada saat berhubungan badan, baik secara anal, oral, ataupun mainan seks yang kurang bersih atau tanpa kondom.

 

Gejala Kencing Nanah

Penyakit kencing nanah dapat menimpa siapa saja, baik pria maupun wanita. Meskipun demikian, gejala yang ditimbulkan antara kencing nanah pria dan wanita memiliki perbedaan, yaitu;

  • Gejala kencing nanah pada pria

Gejala kencing nanah pada pria baru dapat terlihat setelah pasien tersebut mengalami infeksi, yaitu pada waktu sekitar 2 hingga 7 hari. Gejala tersebut dapat berupa rasa tidak nyaman yang dirasa pada daerah sekitar uretra.

Selain itu, gejala lainnya yang biasanya muncul adalah rasa nyeri pada saat buang air kecil yang disertai dengan keluarnya nanah berwarna kuning atau hijau dari alat vital.

  • Gejala kencing nanah pada wanita

Sementara itu, gejala kencing nanah pada wanita akan muncul setelah 7 hingga 21 hari pasca mengalami infeksi. Rentan waktu yang dirasakan wanita lebih lama daripada pria.

Banyak ditemukan pada pasien kencing nanah wanita yang merasakan gejala selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.

Pada wanita, gejala yang ditimbulkan tergantung pada takarannya. Biasanya kencing nanah golongan ringan, pasien tidak merasakan gejala yang berarti dan dapat hilang dengan sendirinya.

Namun, apabila kencing nanah yang diderita termasuk golongan berat, pasien wanita tersebut biasanya akan mengalami beberapa gejala, seperti berikut ini;

  • Nyeri atau sakit pinggul pada saat berhubungan badan
  • Dorongan untuk berkemih
  • Nyeri pada saat berkemih
  • Sakit perut bagian bawah
  • Pendarahan di vagina
  • Keluar cairan kental seperti nanah berwarna kuning atau hijau dari dalam vagina
  • Demam

 

3 Obat Kencing Nanah di Apotik

Penyakit kencing nanah dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotik, seperti obat-obatan berikut ini;

1. Azitromisin dan Cefriaxone

Obat kencing nanah di apotik rekomendasi pertama adalah Azitromisin dan Cefriaxone. Kedua obat tersebut wajib digunakan secara bersamaan. Cefriaxone merupakan obat suntik yang disuntikkan ke dalam otot atau pembuluh vena, sementara Azotromisin adalah obat kencing nanah berupa tablet.

Sebelum Anda menyuntikkan Cefriaxone sendiri di rumah tanpa bantuan dokter, maka lakukanlah secara hati-hati dengan memperhatikan penggunaan obat ini dengan baik. Cefriaxone tidak disarankan untuk digunakan secara bersamaan dengan cairan infus intravena yang di dalamnya terkandung kalsium.

Sementara itu, Azitromisin merupakan obat jenis antibiotic yang berfungsi melawan bakteri ghonorhea (bakteri penyebab kencing nanah). Selain mengobati kencing nanah, Azitromisin juga dapat digunakan untuk mengobati beragam jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur, seperti infeksi pernapasan, infeksi telinga, kulit, klamidia dan HPV.

2. Thiamphenicol

Thiamphenicol merupakan obat jenis antibiotic yang ampuh untuk membasmi bakteri penyebab penyakit alat kelamin, seperti infeksi saluran kemih dan gonore.

Tidak hanya wanita dan pria, obat kencing nanah yang bisa Anda dapatkan di apotik dengan resep dokter ini juga dapat digunakan untuk anak-anak. Thiamphenicol tersedia dalam dua pilihan, yaitu kapsul dan cair.

3. Amoksisilin

Salah satu obat kencing nanah di apotik yang paling familiar adalah amoksisilin.

Amoksisilin sendiri merupakan sejenis obat antibiotik yang sangat cepat diserap di usus. Karena sifat inilah, maka amoksisilin dinilai sangat efektif untuk mengobati berbagai macam infeksi, termasuk obat kencing nanah atau gonore akut tanpa komplikasi oleh N. gonorrhoaea.

Sayangnya pasien yang memiliki riwayat penyakit seperti asma, gatal-gatal, dan alergi terhadap penisilin, tidak disarankan untuk menggunakan obat ini.

 

3 Obat Kencing Nanah Alami

Selain obat-obatan resep dokter yang mudah ditemukan di apotik, kencing nanah juga bisa disembuhkan dengan cara tradisional, yaitu menggunakan bahan-bahan herbal alami.

Meskipun era sudah modern, namun faktanya masih banyak pasien yang lebih memilih obat kencing nanah alami.

Selain minim risiko, cara ini juga tidak membutuhkan pengeluaran uang yang banyak. Berikut bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati penyakit kencing nanah;

1. Ramuan kombinasi daun sirih, bunga sepatu, lidah buaya, dan kunci pepet

Daun sirih, bunga sepatu, lidah buaya dan kunci pepet dapat dijadikan sebagai bahan-bahan untuk membuat ramuan obat kencing nanah alami.

Ramuan ini telah terkenal manjur sejak dahulu kala. Adapun takaran dan cara membuat ramuan obat kencing nanah adalah sebagai berikut;

  • 7 lembar daun sirih
  • 100 gram lidah buaya
  • 25 gram kunci pepet
  • 5 kuntum bunga sepatu
  • Kupas daun lidah buaya, kemudian iris tipis-tipis
  • Rebus semua bahan ke dalam air dengan takaran 800 cc
  • Rebus ramuan alami cara mengobati kencing nanah tersebut hingga air rebusan tersisa tinggal 400 cc saja
  • Saring air ramuan tersebut, kemudian dinginkan

Takaran 400 cc tersebut untuk diminum dua kali selama satu hari. Lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari hingga sembuh.

2. Ramuan kombinasi bayam duri dan adas pulawaras

Selain daun sirih, lidah buaya, bunga sepatu dan kunci pepet, Anda juga bisa membuat ramuan obat kencing nanah alami dari bahan lainnya, seperti adas pulawaras dan bayam duri.

Kedua bahan tersebut dikombinasi dengan takaran ada pulawaras secukupnya dan 1 potong akar (dengan bonggolnya) bayam duri. Berikut ini cara membuat ramuan untuk mengobati kencing nanah;

  • Cuci adas pulawaras dan bayam duri hingga bersih
  • Rebus kedua bahan dalam 1 liter air dan biarkan hingga tersisa air setengahnya
  • Saring air ramuan, kemudian dinginkan

Sama seperti ramuan pertama, ramuan kedua ini juga disarankan dikonsumsi 2 kali sehari secara teratur.

3. Ramuan kombinasi murbei, kembang bugang, biji kemukus, akar jali, dan alang-alang

Meskipun penyakit kencing nanah tergolong penyakit yang serius, faktanya penyakit ini dapat disembuhkan dengan beragam cara tradisional menggunakan beragam tanaman herbal.

Selain tanaman-tanaman yang telah disebutkan di atas, kencing nanah juga dapat disembuhkan dengan ramuan yang berasal dari kombinasi bahan-bahan tradisional, seperti alang-alang kering (20 gram), biji kemukus kering (10 gram), daun murbei segar (35 gram) dan akar jali segar (30 gram).

Cara membuat ramuan ini sangat mudah dan cepat, Anda cukup mencuci semua bahan sampai bersih, kemudian merebusnya ke dalam 1 liter air dan biarkan air tersisa setengahnya. Minum ramuan obat kencing nanah tradisional ini 3 kali dalam sehari dengan takaran masing-masing 150 ml secara rutin.

 

Siapa pun tidak ingin terjangkit kencing nanah. Selain tergolong penyakit seksual yang dapat menular, penyakit ini juga tergolong serius dan berbahaya.

Oleh sebab itu, penanganan secepatnya sangat diperlukan. Apabila Anda tengah mengalaminya, segeralah lakukan pengobatan.

Segeralah pergi ke dokter, ambil obat kencing nanah di apotik atau gunakan bahan-bahan tradisional seperti obat kencing nanah alami dalam daftar di atas.

loading...

Leave a Reply