13 Obat Kapalan di Apotik & Alami Beserta Penyebab – Kaki & Tangan

Apakah Anda terkena kapalan? Tenang, sekarang sudah tersedia obat kapalan paling ampuh yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkannya. Kapalan merupakan salah satu penyakit kulit yang biasanya berada di bagian telapak kaki maupun tangan. Penyakit ini berbentuk gumpalan yang keras dan biasanya akan terasa sakit.

Memang jika diamati, kapalan bukanlah penyakit yang berbahaya. Namun apabila tidak segera ditangani, kapalan akan semakin membuat permukaan kulit menjadi rusak. Selain itu, akan membuat ketidaknyamanan kaki ketika menginjak sesuatu.

Beberapa penyebab kapalan di atas sebenarnya bisa diatasi apabila Anda rutin menggunakan obat kapalan. Obat kapalan bisa Anda dapatkan di apotik maupun Anda buat sendiri di rumah. Berikut akan kami berikan informasi mengenai obat kapalan di apotik dan obat kapalan alami yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan kapalan.

Namun, tentunya tidak akan lengkap sebelum Anda mempelajari dulu beberapa penyebab kapalan agar dapat mencegahnya datang kembali.

Penyebab Kapalan

Setiap masalah pasti ada penyebabnya, tak terkecuali masalah kapalan pada kulit. Penyebab kapalan juga bermacam-macam, di antaranya:

1. Tidak menggunakan sarung tangan

Penyebab kapalan yang pertama adalah tidak menggunakan sarung tangan. Biasakan untuk selalu menggunakan sarung tangan apabila Anda sedang bekerja menggunakan suatu alat atau ketika sedang mengendarai sepeda motor.

Hal ini beralasan, karena pada saat menggunakan alat kerja maupun mengendarai motor tanpa menggunakan sarung tangan bisa membuat kulit telapak tangan tergesek. Jika hal ini terus-menerus dilakukan, maka akan membuat kulit menjadi kapalan.

Hal ini juga berlaku pada telapak kaki. Oleh karena itu, Anda juga harus memakai kaos kaki maupun sepatu pada saat beraktivitas.

2. Menggunakan sepatu yang tidak nyaman

Sebelum membeli sepatu ataupun memakainya, sebaiknya Anda harus memilih sepatu yang benar-benar nyaman untuk digunakan. Sebab, jika menggunakan sepatu tetapi tidak terasa nyaman di kaki, ini akan bisa memicu timbulnya kapalan di kaki Anda.

3. Bunion

Bunion merupakan suatu kondisi di mana sendi pangkal pada jempol kaki muncul benjolan yang terbentuk dari tulang. Oleh karena itu, bunion merupakan salah satu penyebab timbulnya kapalan.

4. Jari kaki palu

Jari kaki palu adalah kondisi cacat di mana seseorang mempunyai sendi jari kaki membengkok ke bawah menyerupai cakar. Untuk mencegahnya, bisa dengan selalu menggunakan kaos kaki pada saat bersepatu. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan kaki.

5. Sering memainkan alat musik dan menggunakan peralatan tangan

Memainkan alat musik dan menulis yang terlalu sering akan sangat mudah memicu timbulnya kapalan pada jari tangan.

 

4 Obat Kapalan di Apotik

Beberapa obat kapalan di apotik yang bisa Anda temukan di antaranya:

1. Callusol

Callusol merupakan obat salep luar yang berkhasiat untuk melunakkan dan melepaskan kulit yang menebal. Obat ini bisa Anda dapatkan di apotik dengan harga sari yang sangat murah, yaitu sekitar Rp 23.000.

Cara kerja obat ini yaitu sebagai keratolitik, sehingga Callusol terbukti sangat ampuh menyembuhkan beberapa penyakit kulit seperti, kapalan, kutil, dan mata ikan. Kandungan yang terdapat di Callusol berupa asam laktat, Polidocanol dan asam salisilat.

Callusol bisa menimbulkan efek samping berupa alergi dan iritasi jika terkena pada kulit sehat. Untuk itu, sebelum menggunakannya, Anda harus mengoleskan salep zink oksida di sekeliling kulit yang sakit.

2. Kapsida

Obat ini sangat ampuh dalam mengatasi masalah bisul, kutil, jerawat dan masalah kulit lainnya. Cara penggunaan obat Kapsida adalah dengan diminum. Anda bisa mendapatkannya di apotik dengan harga berkisar Rp 18.000.

3. Collomack

Collomack merupakan obat kutil di apotik yang memiliki kandungan sama seperti Callusol. Obat kutil Collomack terbukti sangat ampuh dalam mengatasi masalah kulit dengan cepat. Anda mendapatkan obat ini di apotik hanya dengan harga sekitar Rp 40.000.

4. Kutilos

Kutilos merupakan salah satu obat penghilang kutil yang dijual di apotik. Obat ini sangat direkomendasikan, karena aman digunakan untuk mengatasi masalah kulit baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Harga Kutilos yang dijual di apotik bervariasi, yaitu antara Rp 22.000 – Rp 27.000.

 

9 Obat Kapalan Alami & Tradisional

Bagi yang tidak ingin menggunakan pengobatan dokter, Anda bisa mencoba beberapa cara mengobati kapalan secara alami berikut ini:

1. Rendam dengan air hangat

Obat kapalan alami yang pertama adalah dengan merendamnya di dalam air hangat. Anda bisa melakukannya selama kurang lebih 20 menit. Setelah direndam, gosoklah dengan menggunakan air apung.

Lakukan hal ini setiap hari agar kapalan yang timbul di kaki ataupun tangan Anda bisa segera menghilang.

2. Perasan air jeruk lemon

Jeruk lemon banyak mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan. Jeruk lemon juga bisa Anda gunakan sebagai obat untuk menyembuhkan kapalan.

Caranya, cukup dengan mengoleskan perasan air jeruk lemon pada kulit yang timbul kapalan. Namun sebelumnya, bersihkan dahulu kulit yang akan diolesi.

Air jeruk lemon juga bisa digunakan sebagai obat kaki pecah-pecah, obat anti malaria, dan obat anti mual.

3. Bawang putih dan cuka

Obat kapalan alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih dan cuka. Jika Anda ingin menggunakan perpaduan bahan ini sebagai obat kapalan, Anda hanya cukup mencampurkan kedua bahan ini di satu wadah.

Setelah itu, letakkan wadah yang berisi bahan tersebut di tempat yang terkena sinar matahari. Kemudian, gunakan sebelum tidur dengan cara mengoleskannya pada kaki atau tangan yang mengalami kapalan.

Bawang putih juga dipercaya dapat dipakai untuk obat muntaber alami dan obat hidung tersumbat.

4. Cengkeh dan lemon

Cengkeh dan lemon dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Jika kedua bahan ini disatukan, maka bisa digunakan sebagai obat kapalan pada kulit.cara penggunaannyapun cukup mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan cengkeh dengan air perasan lemon.

Setelah dicampurkan, tunggu selama 15 menit, lalu pisahkan cengkehnya. Kemudian, gunakan air lemonnya untuk dioleskan di bagian kulit yang kapalan. Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Pepaya mentah

Pepaya juga merupakan salah satu buah yang bisa mengatasi masalah kulit.terbukti dengan banyaknya produk kecantikan yang menggunakan pepaya sebagai bahan utamanya. Oleh karena itu, pepaya juga bisa Anda gunakan sebagai obat untuk menghilangkan kapalan di kulit.

Caranya, haluskan pepaya mentah kemudian oleskan pada area kulit yang kapalan. Lakukan 3 kali sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Salah satu manfaat pepaya untuk kecantikan adalah dapat digunakan sebagai cara meluruskan rambut secara alami.

6. Kentang

Selain digunakan sebagai bahan makanan, kentang juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati kapalan pada kulit. cukup dengan memarut kentang dan tempelkan pada kulit yang kapalan selama kurang lebih 2 sampai 3 jam.

Dengan pemakaian secara rutin, kulit kapalan yang Anda alami akan mengelupas dengan sendirinya.

7. Kopi

Selain digemari sebagai salah satu minuman, nyatanya kopi juga bisa digunakan untuk mengobati kapalan di kulit.Caranya, cukup dengan mengoleskan ampas kopi di bagian kulit yang kapalan.

Setelah merata, tunggu beberapa saat kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah 2 kali sehari secara rutin.

8. Vitamin A dan E

Vitamin A dan E bisa mengikis kulit yang kapalan. Caranya, oleskan kedua vitamin ini dan diamkan beberapa saat. Vitamin ini akan melunakkan kulit keras akibat kapalan, sehingga kulit akan kembali halus.

9. Baking soda

Baking soda tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuatan kue, namun bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati kapalan. Caranya dengan mencampurkan baking soda dengan air hangat, lalu rendam kulit yang kapalan selama kurang lebih 15 menit.

Jika dilakukan secara rutin, maka kulit yang kapalan akan mengalami pengikisan sehingga kapalan akan hilang.

Baking soda sendiri juga mempunyai berbagai macam manfaat lainnya seperti digunakan sebagai obat jamur kuku, obat jerawat, bahkan salah satu cara memutihkan gigi secara alami.

 

Dengan menggunakan salah satu dari obat kapalan di atas, maka kaki maupun tangan Anda yang menderita kapalan lama kelamaan akan segera menghilang. Dengan begitu, Aktivitas harian Anda tidak akan terganggu lagi.

Semoga lekas sembuh!

loading...

Leave a Reply