11 Obat Insomnia di Apotik & Herbal – Penyebab & Gejala

Tidur merupakan kegiatan yang wajib dipenuhi oleh setiap manusia, agar tubuh senantiasa sehat dan dapat kembali bugar. Namun sayangnya tidak sedikit orang yang mengalami susah tidur atau insomnia.

Insomnia termasuk golongan gangguan kesehatan, karena kondisi ini menyebabkan seseorang menjadi susah tidur. Bahkan insomnia akut dapat membuat pasien benar-benar tidak bisa memejamkan mata untuk istirahat tidur tanpa bantuan obat-obatan.

 

Penyebab Insomnia

Insomnia bisa melanda siapa saja, baik pria atau wanita, tua, muda, bahkan anak-anak sekalipun bisa mengalaminya. Namun, tidak semuanya berangkat dari satu penyebab. Ada beberapa penyebab insomnia, yaitu:

  1. Pola tidur yang tidak teratur
  2. Gaya hidup yang buruk, seperti kebiasaan minum kopi atau minuman beralkohol yang berlebihan
  3. Keadaan ruangan atau kamar tidur yang kurang nyaman
  4. Gangguan psikologi
  5. Stress
  6. Efek samping obat-obatan
  7. Masalah kesehatan fisik
  8. Riwayat penyakit tertentu, seperti gangguan jantung, batu, sesak napas, paru-paru dan lainnya

 

Gejala Insomsia

Tidur memang merupakan kebutuhan vital tiap manusia. Setiap orang memiliki perbedaan jika berkaitan dengan berapa waktu normal yang dibutuhkan tubuh untuk tidur. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa sebab, seperti usia, pola makan, lingkungan dan gaya hidup.

Meskipun demikian, takaran standar yang diterapkan untuk bisa dikatakan normal adalah 8 jam dalam sehari. Berikut ini gejala-gejala insomnia yang paling umum terjadi pada manusia:

  1. Susah tidur
  2. Sering terbangun di tengah malam dan tidak bisa tidur lagi
  3. Merasa tidak nyaman yang bisa menyebabkan uring-uringan, sulit konsentrasi dan sulit memejamkan mata untuk tidur
  4. Tubuh terasa lelah, namun tidak kunjung dapat tidur lelap

 

5 Obat Insomnia di Apotik

Insomnia dapat diatasi melalui penggunaan obat-obatan seperti obat insomnia yang tersedia di apotik berikut ini:

1. Dumolid Nitrazepam

Dumolid Nitrazepam merupakan salah satu obat insomnia paling mujarab. Cara kerja obat ini sangat tepat sasaran, yaitu mempengaruhi cara otak dalam mengirim pesan. Dengan begitu, maka pasien yang minum obat ini akan merasa terkantuk.

Obat ini dapat Anda peroleh di apotik-apotik terdekat rumah Anda dengan bebas. Artinya, Anda tidak perlu resep dokter untuk mengkonsumsi obat ini, asalkan dosis yang dipakai tidak lebih dari 2 tablet dalam sehari.

Dumolid Nitrazepam tergolong ke dalam obat bencodiazepines yang dapat berpengaruh terhadap kontrol sistem saraf pusat, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

2. Valium Diazepam

Valium Diazepam merupakan pengobatan jenis jangka pendek untuk gangguan tidur atau insomnia. Selain itu, obat yang merupakan salah satu merek dagang lain dari Diazepam ini juga dapat mengobati kejang, karena efek antikonvulkannya, agitasi akut, halusinasi serta dapat membantu dalam mengurangi gejala tremor.

Obat insomnia di apotik ini tergolong ampuh dan cepat, namun sayangnya obat ini tidak dianjurkan bagi pasien hipersensitivitas terhadap diazepam.

Valium Diazepam aman digunakan tanpa resep dokter, namun pasien perlu memperhatikan cara penggunaan dengan mengkonsumsi sesuai anjuran dosis yang tersedia pada kemasan.

3. Lelap tablet

Jika Anda mencari obat yang tepat dalam menangani masalah insomnia, Lelap tablet salah satu solusi terbaik yang bisa Anda dapatkan di apotik. Obat ini dapat membantu penderita insomnia dalam menjaga kualitas tidur, sehingga tidur menjadi pulas dan tepat waktu.

Cara penggunaan Lelap tablet adalah dikonsumsi 2 jam sebelum tidur. Obat ini tergolong manjur untuk mengatasi insomnia, namun pasien tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan.

Untuk dewasa, dosis yang disarankan adalah 2 tablet, sementara untuk anak-anak di bawah tahun hanya 1 tablet dalam satu hari.

4. Diazepam tablet

Diazepam memiliki cara kerja yang ampuh untuk terapi insomnia jangka pendek. Obat ini termasuk kategori benzodiazepine yang dapat meningkatkan efek dari neurotransmitter gamma aminobutyric acid.

Selain ampuh mengobati insomnia jangka pendek, Diazepam tablet juga efektif untuk membantu mengurangi gejala tremor, halusinasi, agitasi akut dan mengobati kejang dengan efek anikonculsannya.

Konsumsi obat ini satu atau dua jam sebelum tidur dengan dosis 1 tablet untuk dewasa dan ½ tablet untuk anak-anak.

5. Sleeping beauty

Jika daftar obat insomnia sebelumnya hadir dalam bentuk tablet, maka lain halnya dengan Sleeping beauty. Obat insomnia yang terbuat dari bahan alami herbal tanpa tambahan bahan kimia yang berbahaya ini hadir dalam bentuk cair yang dibungkus di dalam kemasan botol 25 ml.

Cara penggunaannya adalah dengan meneteskan sekitar 5 sampai 7 tetes pada makanan ataupun minuman yang hendak dikonsumsi sebelum tidur.

 

6 Obat Insomnia Herbal

Tidak hanya obat-obatan yang tersedia di apotik, insomnia juga bisa diatasi dengan menggunakan ramuan obat herbal. Berikut ini daftar obat insomnia herbal yang ampuh dan recommended;

1. Adas

Bunga dan buah adas ternyata dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi susah tidur atau insomnia, baik insomnia yang tergolong ringan maupun berat.

Apabila kedua bahan tersebut dicampur, maka dapat dengan cepat menyembuhkan insomnia yang tengah melanda. Adapun cara membuat ramuan herbal obat insomnia dari bahan bunga adas adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 7 gram bunga adas, kemudian cuci hingga bersih
  • Rebus bunga adas hingga mendidih dengan takaran secukupnya saja
  • Angkat, kemudian diamkan sampai hangat untuk kemudian dikonsumsi

Sementara cara membuat obat insomnia herbal dari buah adas lebih mudah dan cepat. Anda hanya perlu menumbuk buah adas tersebut, kemudian seduh dengan air panas, lalu diminum.

Daun adas juga merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat ramuan alami sebagai obat pelancar haid dan obat biduran.

2. Daun lemon

Tidak hanya buah lemonnya saja yang kaya manfaat bagi kesehatan, daun lemonnya juga. Daun lemon dapat digunakan untuk mengobati insomnia. Bahkan bahan tradisional ini tergolong obat insomnia herbal yang ampuh.

Cara kerjanya adalah dengan menenangkan sistem saraf dan membuat tubuh rileks, sehingga seseorang yang menggunakan bahan ini dapat cepat tertidur. Berikut cara penggunaan daun lemon sebagai obat tidur alami dan herbal;

  • Siapkan 2 sendok makan daun jeruk lemon kering dan secukupnya madu
  • Didihkan air takaran 2 hingga 3 gelas air, kemudian seduh kedua bahan selama 30 hingga 45 menit
  • Setelah matang, ramuan herbal daun lemon siap dikonsumsi

Waktu terbaik untuk menggunakan daun lemon sebagai obat insomnia adalah 2 jam sebelum tidur.

Kalau daun lemon dapat digunakan sebagai obat insomnia, maka buah nya dapat digunakan sebagai obat pengencer dahakobat mual, dan obat kutu rambut.

3. Bawang putih

Selain terkenal sebagai bumbu masakan, bawang putih juga terkenal memiliki khasiat hebat dalam menangani beragam masalah kesehatan, termasuk mencegah insomnia.

Seperti penggunaan untuk memasak, bawang putih dikupas kulitnya, kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah dipotong-potong, barulah Anda dapat menelan bawang putih tersebut untuk mencegah insomnia.

Konsumsi langsung obat tradisional ini menjelang tidur malam.

Bawang putih juga merupakan ramuan alami yang digunakan sebagai obat hidung tersumbatobat masuk angin, dan obat sariawan.

4. Daun pegagan

Daftar obat insomnia herbal berikutnya adalah daun pegagan. Adapun cara membuat ramuan herbal ini adalah sebagai berikut;

  • Siapkan 2 lembar daun pegagan, 3 potong kangkung kualitas bagus, ½ sendok makan ketumbar dan 1 sendok teh biji jintan putih.
  • Rebus semua bahan ke dalam 2 gelas air, kemudian tunggu hingga airnya tersisa menjadi segelas saja

Cara penggunaan ramuan ini sama dengan yang lainnya, yaitu dikonsumsi menjelang tidur malam.

5. Daun putri malu (Mimosa pudica)

Siapa sangka, ternyata daun putri malu selain unik tapi juga berkhasiat sebagai obat insomnia.

Di dalam tanaman ini terkandung melatonin yang memiliki efek sedative (penenang syaraf) dan juga efek relaksasi. Kandungan tersebutlah yang dapat membuat pasien insomnia yang telah mengkonsumsi ramuan tersebut menjadi bisa lekas terlelap.

Cara membuat obat tradisional insomnia dari bahan daun putri malu adalah sebagai berikut:

  • Sediakan 33 gram daun putri malu, 35 gram daun calincing dan 20 gram daun sawi langit
  • Rebus semua bahan dengan dua gelas air hingga tersisa setengahnya saja
  • Saring air hasil rebusan, kemudian minum sebelum tidur malam

6. Biji teratai

Obat insomnia herbal terakhir adalah biji teratai.

Sebanyak 10 biji teratai dicuci, kemudian direbus hingga mendidih. Air hasil rebusan biji teratai tersebut diminum selagi hangat pada waktu menjelang tidur. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai gejala insomnia hilang.

 

Insomnia termasuk gangguan kesehatan yang dapat membuat tubuh tidak bisa beristirahat. Apabila ini dibiarkan, insomnia ringan bisa menjadi akut.

Apabila telah akut, maka dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Penderita insomnia tidak dapat beraktivitas dengan sempurna.

Oleh sebab itu, apabila Anda mengalami insomnia, baik ringan maupun sedang atau akut, segeralah tangani, baik dengan obat insomnia herbal maupun obat insomnia yang tersedia bebas di apotik.

loading...

Leave a Reply