10 Obat Hidung Tersumbat di Apotik & Alami – Bayi, Anak, Dewasa

Sebenarnya apa penyebab hidung tersumbat dan apa obat alami hidung tersumbat yang ampuh? Obat tersumbat memang merupakan problem yang membuat banyak orang tidak nyaman…

…Apalagi karena bisa membuat suasana hati tidak enak dan bisa membuat beberapa kegiatan harian menjadi terganggu. Tentu saja ini harus segera diatasi hingga tuntas bukan?

Anda tak perlu bingung. ada beberapa obat alami hidung tersumbat yang bisa Anda coba.

Di bawah ini Anda juga akan bisa membaca ulasan lengkap mengenai penyebab hidung tersumbat, obat hidung tersumbat di apotek, serta obat hidung tersumbat untuk bayi dan anak. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

4 Penyebab Hidung Tersumbat

Obat Hidung Tersumbat

Sebenarnya apa penyebab hidung tersumbat? Ada beberapa penyebab yang harus Anda waspadai, yaitu:

1. Flu

Penyebab hidung tersumbat yang pertama tentu saja flu. Flu atau influenza adalah penyebab umum hidung tersumbat. Ini karena adanya virus yang menyerang pernapasan.

Berita baiknya flu bisa sembuh sendiri, namun juga bisa menyebabkan komplikasi yang bisa membahayakan untuk tubuh Anda.

2. Batuk pilek

Penyebab hidung tersumbat yang kedua adalah batuk flu. Batuk pilek bisa terjadi karena ada kotoran, infeksi maupun peradangan yang menyerang saluran napas di bagian atas.

Untuk pilek ini Anda tidak perlu khawatir karena akan bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 7 hingga 10 hari.

3. Sinusitis Akut

Selanjutnya, penyebab dari hidung tersumbat adalah karena sinusitis akut. Kondisi ini berkaitan dengan batuk pilek. Hidung tersumbat terjadi saat jaringan yang ada di dalam hidung meradang dan membengkak.

Ini membuat rongga hidung Anda menyempit. Hal ini juga akan meningkatkan produksi lendir yang lebih banyak.

4. Reaksi alergi

Keempat, penyebab dari hidung tersumbat yang umum terjadi adalah karena adanya reaksi terhadap alergi. Saat Anda terpapar oleh zat-zat yang menyebabkan alergi (alergen), maka akan terjadi reaksi alergi.

Bisa berupa bersin maupun pilek. Kedua reaksi alergi inilah yang akan menyebabkan terjadinya hidung tersumbat.

 

3 Obat Hidung Tersumbat di Apotik

Lalu, apakah ada obat hidung tersumbat yang bisa Anda temui di apotek? Anda tidak perlu khawatir, tentu saja ada. Anda bisa memilih obat-obatan generik yang sudah terjamin maupun obat-obatan herbal yang juga banyak beredar. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih obat bagi kondisi hidung tersumbat yang Anda alami.

Pertama, tentu Anda harus memilih obat hidung tersumbat di apotek yang memang terjamin aman. Anda bisa meminta rekomendasi pada petugas apotek maupun apoteker yang berjaga di apotek. Dengan meminta rekomendasi, Anda akan bisa tahu mana obat hidung tersumbat yang benar-benar aman untuk tubuh Anda.

Untuk memilih obat hidung tersumbat di apotek tentu saja Anda harus lebih memilih obat yang memang sudah benar-benar terpercaya dan terjamin. Tanyakan juga apakah efek samping dari obat tersebut dan apakah obat tersebut aman bagi Anda. Anda juga bisa menjelaskan kondisi hidung tersumbat yang Anda alami untuk lebih amannya.

Berikut adalah referensi beberapa obat hidung tersumbat yang ada di apotek:

1. Fludexin

Fludexin merupakan obat hidung tersumbat yang biasa diresepkan oleh dokter kepada pasien yang mengalami hidung tersumbat.

Obat ini dapat meredakan flu dan batuk, pilek, sinusitis dan rinitis alergik. Bentuk obat ini cair. Aturan pakai untuk anak usia 6 sampai 12 tahun yaitu 2 kali sehari sebanyak 2 sendok takar.

2. Fludane Plus

Fludane Plus dapat mengatasi flu, demam tinggi dan hidung tersumbat, batuk dan sakit kepala. Bentuk obat ini ialah cair. Aturan pakai untuk orang dewasa yaitu sehari 3 kali sebanyak 4 sendok takar.

3. Hustab

Hustab termasuk obat pereda hidung tersumbat di apotik dalam bentuk pil atau tablet. Anda bisa membelinya langsung di apotik terdekat, namun tetap perhatikan aturan pakainya.

Pada orang dewasa, dosis yang dianjurkan ialah 3 kali sehari sebanyak 3 tablet. Sedangkan untuk anak yaitu 3 kali sebanyak ½ tablet.

 

Jenis obat di atas bisa digunakan untuk orang dewasa dan anak usia di atas 6 tahun. Lalu, bagaimana jika bayi yang terkena hidung tersumbat?

 

4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi dan Anak

Berikut adalah ulasan lengkap mengenai aneka macam obat tradisional yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan anak Anda.

1. Menggunakan minyak kayu putih maupun minyak kayu telon

Mengatasi hidung tersumbat yang pertama pada bayi maupun anak Anda adalah dengan menggunakan minyak kayu putih maupun minyak telon. Ada dua cara yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Dengan menggosokkan minyak telon maupun minyak kayu putih pada tubuh anak.
  • Kedua, dengan meneteskan minyak telon maupun minyak kayu putih ke dalam air panas. Setelah itu hirupkan uapnya pada anak maupun bayi Anda.

Minyak kayu putih juga dapat digunakan sebagai obat cegukan dan obat kuku cantengan.

2. Menggunakan bawang merah dan bawang putih

Kenapa tidak menggunakan cara tradisional untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan anak? Anda bisa menggunakan bawang merah dan bawang putih. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk anak berusia hingga 2 tahun, Anda bisa menguapi dengan air panas yang ditambah dengan irisan bawang putih. Langkah selanjutnya, tengkurapkan anak Anda di atas pangkuan kemudian punggung ditepuk-tepuk pelan.
  • Untuk bawang merah, Anda bisa menaruhnya di sekeliling pojok kamar anak. Ini akan membuat kuman dan bakteri yang ada di kamar hilang. Selain itu juga berfungsi untuk menyegarkan udara di sekitar kamar yang pengap.

Bawang merah bisa juga Anda manfaatkan sebagai obat demam dan obat biduran.

3. Dengan memijat tubuh anak

Tips alami untuk menghilangkan hidung tersumbat pada anak adalah dengan melakukan pemijatan. Langkah-langkahnya adalah:

  • Pertama, Anda olesi terlebih dahulu tubuh si kecil dengan minyak minyak telon.
  • Gosok dada anak dengan gerakan menyilang secara bergantian.
  • Oleskan minyak telon pada area hidung anak memakai dua jari telunjuk ke arah atas hidung dan melintasi bagian bawah mata, bagian belakang telinga serta leher. Anda bisa mengulangi langkah-langkah ini sebanyak dua hingga tiga kali hingga hidung tersumbat anak hilang.

4. Dengan memandikan anak menggunakan air hangat

Anda bisa memandikan anak dengan menggunakan air hangat untuk meringankan gejala hidung tersumbat pada anak Anda. Setelah memandikan, Anda disarankan untuk mengoleskan balsem bayi di bagian leher depan dan belakang anak Anda.

 

3 Obat Alami Hidung Tersumbat

Ternyata ada beberapa obat alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati gejala hidung tersumbat. Anda bisa mencoba aneka macam obat alami sebagai berikut:

1. Meminum banyak air putih

Obat alami hidung tersumbat yang pertama adalah dengan meminum banyak air putih. Ya, air putih memang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh.

Untuk gejala hidung tersumbat, Anda bisa menggunakan air putih hangat yang membantu mengencerkan lendir yang ada di saluran hidung.

2. Menggunakan minyak kayu putih

Untuk melakukannya, pertama Anda siapkan terlebih dahulu air panas yang ditanbah dengan beberapa tetes minyak kayu putih di dalam baskom.

Selanjutnya Anda bisa mencondongkan wajah pada baskom dengan handuk yang menutupi kepala hingga menutupi baskom. Lakukan proses ini selama kurang lebih 10 menit.

3. Mengunyah bawang putih

Obat alami hidung tersumbat yang terakhir adalah dengan mengunyah bawang putih. Bagi Anda yang tidak terbiasa mungkin akan sangat tidak menyenangkan, jika begitu Anda bisa menumis 1 hingga 2 siung bawang putih bersama dengan pasta maupun sayur-sayuran.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan bawang putih ke dalam air panas. Caranya adalah siapkan mangkuk atau baskom, lalu taruh air hangat ke dalamnya. Tambahkan irisan atau tumbukan bawang putih. Selanjutnya uapilah wajah Anda selama 10 menit.

Bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat pengencer dahak dan obat masuk angin.

 

Bagaimana menurut Anda? Sekarang Anda sudah mengenal seluk beluk mengenai hidung tersumbat dan obat hidung tersumbat bukan?

Jangan lupa, pilihlah obat hidung tersumbat yang sesuai dengan Anda. Anda juga bisa meminta rekomendasi apoteker atau petugas jaga di apotek agar bisa mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

loading...

Leave a Reply