Macam-Macam Obat DBD Menaikan Trombosit yang Direkomendasikan Dokter

Obat DBD Menaikan Trombosit – Demam berdarah dengue atau yang sering juga di singkat dengan sebutan DBD merupakan sebuah penyakit yang di sebabkan oleh virus dengue. Virus dengue ini di bawa oleh vektor nyamuk DBD yang berasal dari jenis Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Ciri ciri penyakit DBD yaitu penderitanya akan mengalami kenaikan suhu badan yang sangat tinggi di sertai dengan nyeri otot dan persendian, nyeri pada bagian mata, dan nyeri tulang. Salah satu dampak paling berbahaya dari DBD yaitu terjadinya penurunan trombosit dalam darah yang dapat membahayakan keselamatan penderitanya. Oleh karena itu obat dbd menaikan trombosit sangatlah di perlukan dalam pengobatan demam berdarah dengue ini.

 

Gejala Penyakit Demam Berdarah Dengue

Berikut ini adalah tanda tanda demam berdarah yang paling umum di alami apabila telah terserang virus dengue. Gejala DBD cenderung lebih mudah di deteksi karena biasanya tanda-tandanya tampak dengan jelas.

  1. Demam yang di sertai dengan kenaikan suhu yang sangat drastis
  2. Perut terasa mual
  3. Muntah
  4. Nyeri di sekujur tubuh, persendian, dan tulang
  5. Nyeri hebat di belakang mata (sekitar dahi)
  6. Rasa haus yang berlebihan
  7. Wajah menjadi pucat
  8. Terjadi pendarahan yang keluar dari mulut, gusi, dan hidung.
  9. Muncul bintik-bintik merah di kulit, terkadang berbentuk seperti memar

 

Cara Mengobati DBD Dengan Cepat

Pengobatan penyakit DBD ini harus di lakukan dengan bantuan medis di rumah sakit karena DBD termasuk penyakit berbahaya yang berpotensi menyebabkan kematian. Virus dengue menjadi penyebab trombosit turun secara drastis pada penderita DBD. Oleh karena itu dalam melakukan perawatan dan pengobatan terhadap pasien harus di berikan obat DBD menaikan trombosit sebagai upaya pemulihan dan mencegah dampak lain yang lebih serius.

Berikut ini adalah 4 jenis obat DBD menaikkan trombosit yang bisa digunakan untuk mempercepat masa pemulihan orang yang terserang DBD :

 

1. Trombufit Jambu

Obat DBD menaikan trombosit yang pertama yaitu Trombufit. Obat antibiotik ini merupakan suplemen yang di olah menjadi bentuk serbuk. Trombufit digunakan dalam terapi untuk menaikan jumlah trombosit di dalam darah pada pasien demam berdarah.

Trombufit Jambu - Obat Dbd Menaikan Trombosit

  • Komposisi: Ekstrak Psidii folium 300 mg dan Monascus purpureus 300 mg
  • Indikasi: Digunakan dalam terapi penunjang untuk Demam Berdarah Dengue atau DBD
  • Dosis maksimal: di konsumsi 6 sachet/hari
  • Penyajian: Trombufit di konsumsi dengan cara di larutkan dalam segelas air kemudian diaduk rata. Minum segera sampai habis.
  • Perhatian: Kurangi dosis penggunaan pada penderita yang mengalami gangguan pencernaan (konstipasi)
  • Efek samping: Rasa mual pada penderita hipersensitifitas terhadap psidi folium.
  • Kemasan: 1 Pcs

 

2. Thrombo Aspilet

Thrombo Aspilet adalah obat DBD menaikan trombosit yang di gunakan dalam terapi pada penderita DBD, stroke, dan penyakit jantung sebagai pengencer darah dan penambah jumlah trombosit untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada sistem arteri dan peredaran darah.

  • Thrombo Aspilet - Obat Dbd Menaikan TrombositKomposisi: acetosal 80 mg
  • Indikasi: Di gunakan sebagai suplemen penambah trombosit, mengurangi risiko terjadinya trombosis koroner pada fase pemulihan dari penyakit infark miokard. Mencegah terjadinya serangan iskemik sepintas dan stroke yang berulang pada pasien. Sebagai obat pereda nyeri, sakit kepala, dan nyeri tulang.
  • Dosis: di konsumsi 3 hingga 4 kali dalam sehari sebanyak: 1-2 tablet untuk usia 1-3 tahun, 2-3 tablet untuk usia 3-6 tahun, 3-5 tablet untuk usia 6-12 tahun, 6-8 tablet untuk usia diatas 12 tahun
  • Penyajian: Di konsumsi bersama makan dengan cara ditelan utuh, tidak boleh di kunyah, di larutkan, atau dihancurkan
  • Perhatian: Waspadai penggunaan pada penderita tukak lambung dan hipersensitif terhadap senyawa aktif salisilat
  • Efek Samping: Menimbulkan gejala hipersensitivitas, trombositopenia dan nyeri lambung, menimbulkan rasa panas dan terbakar, rasa mual serta pendarahan GI.

 

3. Sari Kurma Sahara

Sari kurma sahara merupakan suplemen yang bisa di gunakan sebagai obat DBD menaikan trombosit selama masa pemulihan. Obat ini membantu pasien DBD dengan cara kerja sebagai pengencer darah sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pada peredaran darah pasien. Kandungan senyawa aktif acetosal berfungsi sebagai pencegah terjadinya adhesi trombosit. Sari kurma sahara juga bisa di gunakan dalam terapi penyembuhan pada penderita stroke.

Selain itu penggunaan suplemen ini dapat memberikan energi siap pakai dalam waktu setengah jam pertama. Sangat di anjurkan untuk di konsumsi oleh wanita hamil dan menyusui guna mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bagi pasien DBD sangat berguna dalam masa pemulihan guna meningkatkan jumlah trombosit yang berkurang secara drastis selama masa sakit. Dapat juga di gunakan untuk mengurangi rasa nyeri otot dan persendian, nyeri tulang, dan meningkatkan nafsu makan pada anak-anak.

Sari Kurma Sahara - Obat Dbd Menaikan Trombosit

  • Komposisi: Mengandung nilai gizi setara dengan kandugan setiap 100 gram kurma.
  • Indikasi: Sari kurma sahara di gunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan stamina karena kandungan glukosa dan fruktosa yang cenderung lebih mudah di serap oleh tubuh.
  • Dosis: dapat di konsumsi sesuai dengan kebutuhan
  • Efek samping: tidak ada efek samping dalam pemakaian wajar
  • Penyajian: Dapat diberikan sebelum atau sesudah makan
  • Cara Penyimpanan: Simpanlah di tempat yang kering dengna suhu kamar, hindarkan dari tempat-tempat yang lembab atau tempat yang terpapar sinar matahari langsung.
  • Kemasan: 1 Pcs / Botol

 

4. Psidii

Obat DBD menaikan darah yang selanjutnya yaitu Psidii. Obat ini merupakan golongan obat herbal yang di dalamnya terdapat kandungan ekstrak daun jambu yang berkhasiat untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam masa penyembuhan dari penyakit DBD.

Psidii - Obat Dbd Menaikan Trombosit

  • Komposisi: Mengandung ekstrak psidii folium yang berasal dari daun jambu biji
  • Indikasi: Di gunakan dalam terapi untuk meningkatkan jumlah trombosit atau sel darah merah
  • Dosis: penggunaan khusus dewasa = 3 kali sehari sebanyak 1-2 kapsul, dosis tidak boleh di naikkan tanpa melakukan konsultasi terlebih dahulu.
  • Penyajian: dapat di konsumsi sebelum atau sesudah makan
  • Penyimpanan: Penyimpanan di lakukan di tempat yang kering dan sejuk. Hindari tempat-tempat lembab atau tempat yang terpapar sinar matahari.
  • Efek samping: tidak ada efek samping dalam penggunaan wajar
  • Kemasan: 50 Tablet / Botol

 

Dari 4 jenis obat DBD menaikkan trombosit diatas, Anda harus cermat dalam menentukan pilihan agar tidak menambah dampak buruk bagi tubuh karena efek samping atau pantangannya. Tidak ada salahnya jika Anda menambah pengetahuan tentang demam berdarah sebelum menentukan tindak lanjutnya. Semoga dengan artikel ini dapat membantu dan mempermudah masalah yang Anda hadapi dan lekas sembuh. Get Well Soon !!

loading...

Leave a Reply