7 Obat Cacar Air di Apotik Yang Paling Ampuh Untuk Anak & Dewasa

Penyakit cacar air atau yang dalam dunia medis disebut dengan varisela merupakan penyakit kulit dimana penderitanya mengalami bintil – bintil ruam yang berisi cairan dan terdapat secara merata di seluruh bagian tubuh. Umumnya cacar air diderita oleh anak – anak, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga diderita oleh orang dewasa.

Penyebab cacar air adalah virus varicella zoster yang menyerang kulit penderita. Virus varicella zoster yang menyebar kemudian menyerang ke dalam jaringan tubuh satu atau dua hari setelah penyebaran terjadi. Di hari ketiga sampai ketujuh virus menyebar, gejala penyakit cacar akan muncul dengan intensitas naik turun dan dapat sangat mengganggu aktivitas penderita.

Untuk pengobatannya, Anda bisa obati dengan pengobatan tradisional atau memanfaatkan obat cacar air di apotik. Virusnya akan berubah kendali di hari ketujuh dan berangsur turun dengan skala ringan sampai minggu kedua.

Pada saat itulah jika tidak terjadi penurunan, maka penderita harus segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

6 Gejala Penyakit Cacar Air

Gejala cacar air secara umum yang paling mudah teridentifikasi adalah munculnya ruam merah yang terdapat di seluruh tubuh. Selain itu, ciri-ciri cacar air lainnya yang juga akan dialami oleh penderita diantaranya berupa :

  • Demam
  • Rasa mual dan tubuh penderita terasa tidak segar
  • Tidak nafsu makan
  • Sakit kepala
  • Lelah
  • Nyeri sendi atau sakit pada otot

Gejala – gejala tersebut dialami oleh penderita anak – anak dan dewasa dengan tingkat keparahan yang berbeda – beda. Biasanya orang dewasa akan mengalami tingkat keparahan yang lebih tinggi dibandingkan penderita anak – anak.

Ketika muncul ruam di tubuh penderita, ruam yang terjadi terbagi ke dalam beberapa tahap perubahan diantaranya :

  • Ruam menjadi bentol – bentol kecil yang gatal
  • Bentol – bentol ruam kemudian berubah menjadi bintil berisi cairan yang gatal
  • Setelah dua sampai tiga hari, bintil cairan akan mengering dan menjadi koreng yang mengelupas sendiri.

 

3 Metode Penularan Cacar Air

Cacar air dapat menular dengan sangat cepat melalui tiga media. Tiga media yang menjadi media penularan cacar air tersebut diantaranya :

1. Udara

Cacar air bisa menular melalui udara. Ketika penderita cacar air merasa dirinya sembuh kemudian berinteraksi dengan orang luar rumah, disaat itulah cacar air akan menular melalui udara.

Cacar air yang telah mengering cenderung lebih berbahaya resiko penularannya dibandingkan cacar air yang masih terlihat berair. Ketika cacar air kering, di saat itulah virus siap bermigrasi pada tubuh orang lain melalui udara. Percikan airnya berisi virus dan menghirup serta melekat pada orang lain disekitarnya.

 

2. Kontak Fisik

Kontak fisik secara langsung dengan penderita cacar air perlu dihindari karena kontak fisik juga menjadi salah satu media menularnya virus cacar air.

Biarkan penderita istirahat secara total dan melakukan upaya penyembuhan dahulu. Hindari bersentuhan secara langsung antara orang sehat dengan penderita sampai mereka benar – benar dalam kondisi sembuh.

 

3. Berbagi Benda

Jangan pernah Anda berbagi barang atau benda apapun dengan penderita yang mengalami cacar air. Misalkan bertukar pakaian, berbagi handuk, berbagi sapu tangan, atau yang lainnya.

Virus juga dapat menempel di pakaian atau handuk yang dikenakan penderita dan bermigrasi pada orang yang berbagi pakaian atau handuk tersebut.

 

9 Pantangan Penderita Cacar Air

Bagi Anda yang mengalami cacar air, ada beberapa hal yang menjadi pantangan Anda. Pantangan cacar air yang tidak boleh dilakukan diantaranya :

  • Keluar rumah disaat terkena cacar air agar penyakit tidak semakin parah dan tidak berpotensi menular kepada orang yang masih sehat
  • Hindari hawa dingin
  • Jangan bergantian pakaian atau handuk dengan orang lain
  • Hindari terlalu sering terkena air
  • Hindari angin
  • Hindari memencet bintil cacar
  • Hindari memakai pakaian ketat
  • Hindari makanan yang digoreng dan produk susu
  • Hindari olahan dari terigu atau gandum

Banyak orang yang bertanya “Apakah sewaktu terkena penyakit cacar air boleh mandi?”. Untuk menjawabnya secara singkat, boleh saja, tetapi sebaiknya jangan.

Jika memang bersikeras untuk mandi, sebaiknya gunakan air hangat dan mandi secara perlahan agar bintil luka tidak meletus dan meninggalkan bekas luka. Oleh karena itu, saran yang paling bagus memang sebaiknya tidak mandi agar cacar dapat sembuh tanpa meninggalkan bekas.

 

5 Obat Cacar Air Tradisional

1. Bubuk Lada

Bubuk Lada Obat CacarBubuk lada selama ini dikenal sebagai bahan pelengkap masakan. Akan tetapi sebenarnya selain dapat menjadi bahan pelengkap masakan, bubuk lada juga dapat digunakan sebagai cara mengobati cacar air secara tradisional baik pada orang dewasa dan anak – anak.

Ketika mengobati cacar air dengan bubuk lada memang Anda akan merasakan sensasi panas di kulit sehingga Anda harus menahannya. Ini adalah sensasi panas yang wajar sebagai reaksi bubuk lada mengatasi masalah penyakit kulit yang Anda alami.

Anda langsung saja taburkan bubuk lada ke kulit yang mengalami cacar dan diamkan mengering. Setelah lebih dari 15 menit baru bisa Anda bilas dengan handuk hangat di bagian kulit yang terkena cacar. Hindari membilas dengan air dingin.

 

2. Ramuan Kencur dan Temulawak

Temulawak Obat Cacar AirCara menghilangkan cacar air yang lain adalah dengan mengonsumsi campuran kencur dan temulawak. Jamu ini dapat Anda buat sendiri dengan sangat mudah!

Pertama – tama Anda siapkan sebanyak 15 gram kencur, 25 gram temulawak, 15 gram asam jawa dan 600 cc air. Cuci bersih semua bahan yang telah Anda siapkan, kemudian Anda potong dalam ukuran kecil dan rebus. Minum air rebusannya tiga kali dalam sehari sampai cacar air sembuh.

 

3. Mengkudu

Mengkudu Obat Cacar AirSelain dapat mengatasi masalah penyakit diabetes melitus dan dapat digunakan untuk terapi aterosklerosis, mengkudu juga dapat digunakan mengatasi masalah penyakit cacar air.

Cara memanfaatkan mengkudu sebagai pengobatan untuk cacar air yaitu dengan Anda ambil dua buah sampai dengan tiga buah mengkudu yang sudah matang. Cuci sampai bersih, dan kemudian kupas kulitnya.

Buat jus mengkudu dicampur madu dengan tiga gelas air. Kemudian ulek didalam jus dan saring airnya. Anda bisa konsumsi secara rutin untuk sembuhkan masalah cacar air Anda.

 

4. Buah Nangka

Nangka Obat Cacar AirOrang Indonesia biasanya kalau terserang cacar air akan direkomendasikan oleh orang-orang untuk mengonsumsi buah nangka.

Walaupun sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa buah nangka mempunyai dampak positif bagi penderita cacar, namun orang Indonesia banyak yang percaya akan pengobatan tradisional menggunakan nangka.

Nangka adalah satu buah yang selama ini dikenal sebagai buah ajaib untuk mengobati cacar air. Diketahui kandungan zat yang terkandung dalam nangka dapat membunuh virus cacar air dan membuat bintil cacar air mengering dan mengelupas dengan cepat.

 

5. Jagung Muda

Jagung Muda Cacar AirCara menghilangkan cacar air dengan memanfaatkan jagung muda yaitu dengan menyiapkan satu sampai dengan dua buah jagung muda untuk dikupas kulitnya. Setelah dikupas, parut jagung dan sisakan bonggolnya.

Parutan jagung ini bisa Anda oleskan ke area yang terkena cacar. Rasa dingin akan melegakan dan menghilangkan rasa gatal akibat sakit cacar yang menyerang tubuh.

Jika sudah dioleskan, tunggu beberapa saat sampai mengering dan rasa dingin hilang. Kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

 

8 Obat Cacar Air Yang Paling Ampuh di Apotik Untuk Anak dan Dewasa

1. Caladine Powder

Caladine powder merupakan bedak tabur yang aman dan ampuh mengatasi berbagai penyakit kulit salah satunya cacar air. Selain itu, caladine juga menjadi bedak tabur yang ampuh dalam mengobati biang keringat, gigitan serangga dan juga bintik merah di leher bayi.

Anda bisa dapatkan Caladine powder di apotik dalam varian 35 gram dan 100 gram. Bedak caladine powder 35 gram dijual dengan harga Rp 10.500,00 per botol, sementara bedak caladine powder 100 gram dijual dengan harga Rp 17.000,00 per botol.

  • Caladine Powder Obat CacarSub kategori : Antihistamin topikal
  • Komposisi : Calamine, zinc oxide, camphor, menthol dan parfum
  • Indikasi : Mengatasi cacar air, bekas cacar air, biang keringat dan gatal – gatal di tubuh karena gigitan serangga.
  • Perhatian : Tidak dianjurkan mengenai area mata
  • Efek samping : Perih dan iritasi ringan
  • Kemasan : Botol
  • Dosis : Gunakan seperlunya
  • Cara penggunaan : Taburkan pada area kulit yang mengalami keluhan gatal dan cacar air
  • Produksi : Galenium

 

2. Caladine Lotion

Caladine lotion selain dapat mengatasi cacar air juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas cacar air secara ampuh. Caladine lotion dapat Anda temukan di apotek terdekat dalam kemasan 60 ml dan 95 ml. Caladine lotion kemasan 60 ml di apotek seharga Rp 16.000,00 per botol sementara untuk kemasan 95 ml seharga Rp 21.000,00 per botol.

Caladine lotion juga dapat menjadi obat cacar air pada bayi yang aman karena dapat dioleskan ke area yang terkena cacar tanpa harus masuk ke dalam tubuh secara oral.

  • Caladine Lotion Obat CacarSub kategori : Antihistamin topikal
  • Komposisi : Calamin, zinc oxide, diphendramine Hcl
  • Indikasi : Antiseptik, antialergi, penyejuk kulit
  • Perhatian : Hindari terkena area mata dan vagina
  • Efek samping : Iritasi ringan
  • Kemasan : Botol
  • Dosis : Gunakan seperlunya
  • Cara penggunaan : Oleskan pada area yang gatal atau terkena cacar air
  • Produksi : Galenium

 

3. Alkohol 70% Ika / NF

Untuk membasmi virus pada area yang terkena cacar, Anda juga bisa memanfaatkan alkohol. Alkohol 70% Ika dapat menjadi alternatif obat cacar air pada anak dan juga orang dewasa.

Cara penggunaannya tuangkan pada kasa steril dan kemudian oleskan pada area yang terkena cacar air. Nantinya akan terdapat rasa dingin di kulit. Anda bisa dapatkan Alkohol 70% Ika di apotek terdekat seharga Rp 22.000,00 per botol.

Untuk alkohol 70% NF, bisa Anda dapatkan di apotek seharga Rp 7.000,00 per botol.

  • Alkohol 70% Ika / NFSub kategori : Antiseptik dan desinfektan kulit
  • Komposisi : Larutan alkohol dengan kadar 70%
  • Indikasi : Antiseptik kulit, sterilisasi alat medis
  • Perhatian : Gunakan seperlunya
  • Efek samping : Iritasi ringan
  • Kemasan : Botol
  • Dosis : Baca aturan pakainya
  • Cara penggunaan : Tuangkan pada kasa steril dan oleskan pada bagian yang terluka
  • Produksi : Ikapharmindo

 

4. Acyclovir Tablet

Acyclovir tablet merupakan obat antivirus yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti cacar air, herpes simplex, herpes zoster dan campak. Acyclovir bekerja dengan cara menghambat sintesis DNA dan replikasi virus di kulit. Anda bisa temukan Acyclovir tablet dalam kemasan 200 mg dan 400 mg di apotek.

Obat ini merupakan tablet oral untuk terapi pengobatan dan penyembuhan cacar air, campak, herpes dan penyakit kulit lainnya. Anda bisa gunakan Acyclovir tablet sesuai dengan resep dan anjuran dokter.

  • Acyclovir Tablet Obat CacarSub kategori : Obat topikal
  • Komposisi : Acyclovir
  • Indikasi : Mengatasi dan terapi penyembuhan cacar air, campak, herpes dan berbagai penyakit kulit lainnya.
  • Perhatian : Tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan laktasi, penderita gangguan ginjal dan hati.
  • Efek samping : Anoreksia ringan, muntah dan mual, diare
  • Kemasan : 10 tablet/ strip
  • Dosis : Dewasa dan anak usia diatas 6 tahun 5 kali sehari 200 mg selama 5 hari. Obat diberikan setiap 4 jam tanpa dosis malam. Dosis ini dapat ditingkatkan sampai dengan 5 kali sehari 400 mg. Anak dibawah usia 6 tahun ½ dosis dewasa.
  • Cara penggunaan : Konsumsi sesuai anjuran dosisnya
  • Produksi : Novell

 

5. Poviral Cream

Poviral cream merupakan salep cacar air untuk anak-anak, bayi, dan orang dewasa yang juga ampuh dalam mengatasi penyakit herpes dan campak.

Poviral cream tersedia dalam kemasan tube 10 gram. Poviral cream tidak dianjurkan untuk digunakan penderita yang mengalami reaksi hipersensitif terhadap acyclovir dan valasiclovir.

  • Poviral Cream Obat CacarSub kategori : Obat topikal
  • Komposisi : Setiap kemasan Poviral cream mengandung Acyclovir 5%
  • Indikasi : Mengatasi cacar air, campak dan herpes termasuk herpes genital dan herpes simplex
  • Perhatian : Tidak dianjurkan untuk penderita yang mengalami reaksi hipersensitif terhadap acyclovir dan valasiclovir.
  • Efek samping : Kulit kering dan gatal
  • Kemasan : Tube
  • Dosis : Oleskan sesuai anjuran dosisnya
  • Cara penggunaan : Gunakan secukupnya pada area kulit yang bermasalah
  • Produksi : Hexpharm jaya

 

6. Poviral Tablet

Selain memiliki kemasan tube yang merupakan obat oles untuk mengatasi campak, cacar air dan herpes, Poviral juga hadir dalam kemasan tablet dengan dua varian. Poviral tablet hadir dalam varian kemasan tablet 200 mg dan 400 mg.

  • Poviral Tablet Obat CacarSub kategori : Obat topikal
  • Komposisi : Setiap kemasan Poviral tablet mengandung Acyclovir 200 mg dan 400 mg
  • Indikasi : Mengatasi campak, cacar air dan herpes baik herpes genital dan herpes simplex
  • Perhatian : Tidak dianjurkan untuk penderita yang mengalami reaksi hipersensitif terhadap komponen yang berkaitan dengan Acyclovir
  • Efek samping : Anoreksia ringan
  • Kemasan : 10 tablet/strip
  • Dosis : Dewasa mengonsumsi 1 tablet 3 kali sehari sementara anak – anak mengonsumsi ½ tablet dewasa
  • Cara penggunaan : Konsumsi sesuai aturan dosis, bila perlu konsultasikan dengan dokter
  • Produksi : Hexpharm jaya

 

7. Zoter Tablet

Obat cacar air di apotik yang terakhir adalah zoter tablet. Zoter tablet merupakan tablet minum untuk meringankan gejala cacar air dan mengatasi masalah cacar air serta penyakit karena virus yang lainnya. Zoter tablet tersedia dalam kemasan 200 mg dan 400 mg.

  • Zoter Tablet Obat CacarSub kategori : Obat topikal
  • Komposisi : Acyclovir 200 mg dan 400 mg
  • Indikasi : Meredakan gejala herpes dan campak serta cacar air serta mengatasi penyakit tersebut
  • Perhatian : Tidak dianjurkan untuk penderita hipersensitif terhadap komponen acyclovir
  • Efek samping : Mual dan anoreksia ringan
  • Kemasan : 10 tablet/ 3 strip
  • Dosis : Baca aturan konsumsinya
  • Cara penggunaan : Gunakan sesuai anjuran dosis
  • Produksi : Interbat

 

Obat cacar air tablet digunakan untuk meredakan gejala cacar air dan menyembuhkan cacar air dari dalam sementara obat cacar air lotion dan bedak tabur digunakan untuk mempercepat meringankan bintil cacar air dan mengeringkannya.

Gunakan sesuai anjuran dosisnya dan jika cacar air tidak kunjung sembuh setelah pengobatan dalam 3 – 7 hari, konsultasikan dengan dokter.

Bagi Anda yang sudah sembuh, boleh juga menggunakan beberapa obat di atas yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas cacar air.

Semoga lekas sembuh!

loading...

Leave a Reply