10 Obat Biang Keringat di Apotik & Tradisional Beserta Penyebabnya

Salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas topik tentang obat biang keringat. Apakah Anda pernah mengalami biang keringat? Mungkin bagi Anda yang pernah merasakannya, penyakit yang satu ini tentunya sangat mengganggu.

Biang keringat adalah munculnya ruam kemerahan pada kulit yang biasanya terasa gatal. Lebih buruk lagi, biang keringat dapat menimbulkan rasa perih pada kulit. Penyakit ini kebanyakan terjadi pada bayi, namun tak jarang pula orang dewasa mengalaminya. Biasanya biang keringat muncul pada orang dewasa ketika cuaca yang sedang panas atau lingkungan sekitar memiliki suhu lembab.

Biang keringat biasanya muncul pada bagian-bagian tubuh yang paling banyak mengeluarkan keringat. Seperti pada daerah leher, punggung, paha, lipatan-lipatan kulit, bahkan wajah. Penyakit ini akan muncul dalam waktu beberapa hari setelah terkena paparan sinar matahari.

Sebenarnya biang keringat sendiri bukan merupakan penyakit yang membutuhkan perawatan khusus. Penyakit ini biasanya dapat sembuh dalam beberapa hari.

Akan tetapi, tetap saja kita harus mengobatinya agar tidak semakin parah. Anda dapat menggunakan bahan tradisional maupun dengan obat biang keringat di Apotik yang praktis untuk langsung digunakan.

 

Jenis-Jenis Biang Keringat

Sebelum kita membahas tentang obat biang keringat, ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis dari biang keringat. Penyakit ini memang memiliki berbagai jenis menurut tingkat keparahannya. Berikut jenis-jenis dari biang keringat.

  • Miliaria Kristalina

Biang keringat dalam bahasa medis disebut juga dengan miliaria. Miliaria Kristalina merupakan jenis biang keringat yang tergolong paling ringan. Gejalanya hanya muncul pada lapisan kulit paling atas saja.

Tanda-tandanya yaitu dengan munculnya bintil-bintil kecil pada kulit yang berisi cairan bening dan mudah pecah. Penyakit ini cenderung lebih sering terjadi pada bayi.

  • Miliaria Rubra

Biang keringat jenis Miliaria Rubra ini menyerang pada lapisan kulit yang lebih dalam. Biasanya terjadi pada daerah yang memiliki suhu yang panas dan lembab.

Penyakit ini dapat ditandai dengan rasa gatal yang menyengat pada kulit. Muncul pula bintil-bintil berwarna merah yang dapat menyebabkan peradangan. Keringat yang tak dapat keluar juga akan membuat kulit terasa sakit.

  • Miliaria Pustulosa

Biang keringat jenis ini merupakan perkembangan dari Miliaria Rubra. Jika Miliaria Rubra tidak dapat segera di atasi, maka bintil-bintil merah akan mengalami peradangan. Peradangan tersebut berisi nanah.

  • Miliaria Profunda

Jenis ini merupakan jenis biang keringat yang cukup jarang terjadi. Biasanya menyerang orang dewasa yang memiliki aktivitas fisik tinggi dan menghasilkan banyak keringat.

Biang keringat ini akan menyerang bagian kulit yang terdalam. Tandanya yaitu memiliki bintil merah yang teksturnya lebih besar dan keras.

 

Apa Penyebab Biang Keringat?

Penyebab biang keringat adalah karena keringat yang tak dapat keluar. Keringat itu terjebak di balik lapisan kulit karena kelenjar keringat yang terhambat. Keringat yang tak dapat keluar ini membuat kulit iritasi dan terjadilah biang keringat.

Hal-hal yang dapat menyebabkan munculnya biang keringat yaitu iklim tropis, aktivitas fisik berlebih, dan terlalu lama bedrest. Pada iklim tropis seperti Indonesia ini, memiliki cuaca yang panas serta kelembaban udara yang tinggi, sehingga memungkinkan munculnya biang keringat.

Sedangkan aktivitas fisik yang berlebih membuat kita harus mengeluarkan banyak keringat. Terlalu lama bedrest biasanya terjadi pada pasien dengan penyakit kronis yang mengharuskan untuk tetap istirahat di ranjang dalam waktu lama.

Demi mengatasi penyakit ini, kita harus mencari obat biang keringat yang tentunya ampuh untuk menyembuhkan. Ada dua cara untuk mengobati biang keringat. Anda dapat menggunakan obat biang keringat tradisional maupun obat dari Apotik.

 

7 Obat Biang Keringat Tradisional Yang Paling Ampuh

Obat biang keringat yang pertama adalah Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan obat biang keringat yang tradisional. Bahan-bahannya mudah untuk didapatkan dan tentunya mudah untuk dibuat.

1. Es Batu

Es batu ternyata mampu membantu meredakan gatal-gatal akibat biang keringat. Anda cukup menggosokkan es batu pada bagian yang terkena biang keringat. Suhu yang dingin dari es batu inilah yang mampu mengurangi rasa gatal.

2. Madu

Madu memang dikenal banyak memiliki khasiat. madu sendiri memiliki kandungan yang dapat melembabkan kulit dan juga mampu mengurangi rasa gatal.

Anda cukup mengoleskannya pada bagian tubuh yang terkena biang keringat. Lakukan sekitar 3-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan efek yang maksimal.

Madu bisa juga digunakan untuk obat pengencer dahak, obat penurun panas, dan obat meriang.

3. Soda Kue

Soda kue yang biasanya Anda pakai untuk membuat kue ini ternyata juga berkhasiat. Bahan ini mampu meredakan dan melawan rasa gatal akibat biang keringat.

Caranya yaitu dengan membuatnya menjadi campuran untuk mandi. Larutkan satu-dua sendok teh soda kue ke dalam air yang Anda siapkan untuk mandi. Soda kue ini juga mampu untuk menghilangkan ruam-ruam di kulit.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang mudah Anda dapatkan. Selain berkhasiat untuk pertumbuhan rambut, ternyata lidah buaya juga berkhasiat untuk mengobati biang keringat.

Lidah buaya memiliki kandungan gel dengan efek dingin yang mampu mengurangi rasa gatal. Cukup oleskan gel lidah buaya pada bagian yang terkena biang keringat. Ulangi 3 kali sehari untuk menyembuhkan biang keringat.

Lidah buaya sendiri biasanya juga digunakan untuk obat rambut rontok, obat kutu rambut, dan obat gula darah.

5. Oatmeal

Oatmeal bukan hanya sehat untuk dikonsumsi, tapi juga baik untuk mengobati biang keringat.

Anda dapat menggunakan campuran dari oatmeal, madu, dan gula pasir, kemudian larutkan pada air mandi yang telah Anda siapkan. Gosokkan campuran tersebut pada bagian kulit yang bermasalah dan diamkan selama beberapa menit hingga kandungannya meresap.

Oatmeal juga dipercaya bisa digunakan sebagai obat penambah darah dan obat trigliserida tinggi.

6. Minyak Jarak

Obat biang keringat alami dan tradisional yang selanjutnya adalah minyak jarak. Minyak ini juga dipercaya mampu untuk mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya biang keringat.

Oleskan saja sedikit dari minyak jarak ke bagian yang bermasalah. Lakukan juga pijatan ringan agar minyak meresap ke dalam kulit.

Minyak jarak juga biasa digunakan sebagai salah satu cara meluruskan rambut secara alami.

7. Kulit Pohon Beringin

Obat biang keringat secara tradisional yang terakhir adalah dengan menggunakan kulit pohon beringin. Anda hanya perlu mengambil bagian kulit pohon lalu cuci dan jemur.

Setelah itu tumbuklah hingga menjadi bubuk. Aplikasikan bubuk ini seperti menggunakan bedak bayi pada area tubuh yang terkena biang keringat.

 

3 Obat Biang Keringat di Apotik Yang Paling Ampuh

Nah jika Anda tidak ingin repot untuk membuat sesuatu dengan menggunakan obat tradisional, tidak ada salahnya Anda coba cara lain. Membeli obat langsung dari Apotik terdekat merupakan langkah yang lebih praktis dan tidak perlu repot. Berikut adalah     obat biang keringat yang bisa Anda dapatkan dari Apotik.

1. Antihistamin

Konsumsilah obat antihistamin yang dapat membantu meredakan gatal-gatal. Akan tetapi, Anda perlu perhatikan dosisnya. Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum membeli obat ini di Apotik.

2. Krim Hidrokortison

Obat yang berupa krim ini mampu untuk mengatasi masalah biang keriang. Cukup oleskan saja pada bagian tubuh yang terkena penyakit tersebut. Ikuti petunjuk dalam kemasan dan jangan gunakan krim pada bagian wajah.

3. Losion Calamine

Losion ini juga sangat membantu untuk mengurangi gatal akibat biang keringat. Jangan lupa untuk membaca cara pakainya pada kemasan. Gunakan secara rutin untuk menyembuhkan biang keringat.

Selain sebagai obat biang keringat, Calamine juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit lainnya, contohnya digunakan sebagai obat cacar air dan obat biduran.

 

Itulah ulasan mengenai obat biang keringat. Kita perlu berhati-hati agar tidak terserang biang keringat. =

Terlebih lagi kita tinggal di Indonesia yang notabene memiliki cuaca panas dan suhu yang lembab. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Semoga bermanfaat bagi Anda!

loading...

Leave a Reply