6 Obat Batuk Kering dan Gatal Paling Ampuh & 5 Obat Tradisional

Obat Batuk Kering di Apotik – Selain flu, batuk merupakan suatu masalah kesehatan yang dapat menyerang siapa saja dengan mudah. Utamanya di musim pancaroba, banyak orang terserang batuk.

Apapun jenisnya, batuk tentu sangat mengganggu dan menuntut penderita untuk segera menyingkirkannya. Salah satu jenis batuk yang paling sering mengintai adalah batuk kering.

Bahkan anak – anak juga sering mengalami kondisi batuk yang tidak disertai dengan lendir ini sehingga dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal dan mengalami sensasi tergelitik.

Berbeda halnya dengan batuk berdahak yang disertai dengan munculnya lendir dari tenggorokan.

Lalu apa saja penyebab batuk kering?

Untuk mengusir batuk kering yang mengganggu, Anda harus tahu penyebabnya. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah menyingkirkannya baik secara tradisional atau dengan memanfaatkan obat batuk kering di apotik.

 

10 Penyebab Batuk Kering

Batuk kering baik yang dialami oleh orang dewasa atau batuk kering pada anak disebabkan karena beberapa faktor penyebab berikut ini diantaranya :

Seseorang yang mengalami batuk kering karena disebabkan infeksi pernapasan biasanya kondisi batuk yang dialami bahkan lebih dari dua minggu tak kunjung sembuh.

Jika orang dewasa atau anak – anak mengalami batuk kering yang disebabkan karena reaksi alergi biasanya batuk diikuti dengan tenggorokan gatal dan mata memerah atau mengalami iritasi.

Jika Anda mengalami batuk kering setelah pemakaian obat tertentu, ada baiknya untuk Anda hentikan segera pemakaian obat tersebut.

Penyakit serius seperti kanker, infeksi dan radang paru – paru, serta gagal jantung juga disertai dengan batuk kering.

Untuk mendapatkan langkah penanganan dan pengobatan batuk kering yang tepat, ada baiknya agar Anda sesegera mungkin mencari tahu penyebab pasti batuk kering yang Anda alami.

Untuk mencegah batuk kering mengintai Anda atau anak – anak, Anda bisa lakukan terapi air hangat setiap pagi. Caranya setelah bangun tidur, Anda bisa mengonsumsi satu sampai dengan dua gelas air hangat.

Cara ini sangat efektif untuk terapi mencegah batuk kering Anda alami. Selain itu cara mencegah batuk kering yang lain juga perlu Anda lakukan yaitu:

  • Hindari mengonsumsi makanan dingin berlebihan
  • Hindari makan berlebihan di malam hari
  • Hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng
  • Hindari minuman mengandung kafein

Cara mengobati batuk kering dapat Anda lakukan dengan dua cara yaitu cara tradisional dan juga menggunakan obat batuk kering di apotik yang aman dan terpercaya.

 

5 Obat Batuk Kering Tradisional

1. Daun kayu putih

Daun Kayu PutihDaun kayu putih selama ini memang dikenal mujarab untuk menghangatkan tubuh dan mengatasi panas dalam. Selain itu, sebenarnya Anda juga bisa memanfaatkan daun kayu putih sebagai obat batuk kering tradisional yang ampuh membasmi batuk kering yang Anda alami.

Cara membuat obat batuk dari daun kayu putih sangat mudah. Pertama – tama Anda perlu rebus 10 sampai dengan 15 gram daun kayu putih ke dalam tiga gelas air sampai tersisa hanya satu gelas saja.

Selanjutnya konsumsi air rebusannya selagi hangat. Anda perlu konsumsi sampai batuk kering Anda sembuh dan pastikan tenggorokan sudah tidak terasa gatal ketika Anda menghentikan pengonsumsiannya.

 

2. Kunyit

KunyitSebenarnya tidak hanya dapat membantu mengatasi masalah batuk kering termasuk batuk kering pada anak, akan tetapi kunyit juga dapat membantu mengatasi batuk berdahak dan batuk rejan yang dialami.

Obat batuk kering tradisional ini dikenal sejak dulu sebagai obat batuk karena kandungan antibiotik didalamnya.

Kunyit dapat menjadi alternatif obat batuk kering di apotik yang ampuh dan aman. Siapkan satu sendok bubuk kunyit dan setengah sendok teh bubuk merica, kemudian Anda campurkan kedua bahan ke dalam air mendidih dan aduk secara merata. Konsumsi ramuan ini sampai batuk kering Anda sembuh.

Kunyit juga dapat digunakan sebagai obat sakit pinggang serta merupakan salah satu cara memerahkan bibir secara alami.

 

3. Daun sirih

Daun SirihDaun sirih terkenal akan manfaatnya untuk daerah kewanitaan yang sering digunakan di Indonesia. Tanaman dengan nama latin piper batle l. tersebut mempunyai berbagai kandungan yang bermanfaat untuk tubuh seperti minyak atsiri betlephenol, kavikol, pati, gula, zat samak, dan seskuiterpen.

Selain sebagai herbal kewanitaan, daun sirih juga dapat bertindak sebagai obat batuk kering dan gatal yang aman untuk Anda.

Cara membuat ramuan daun sirih untuk mengatasi batuk kering yaitu dengan Anda rebus daun sirih secukupnya dengan beberapa iris jahe. Selanjutnya minum air rebusan daun sirih dan jahe minimal satu kali sehari supaya tubuh Anda tetap sehat dan hangat.

Daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat mimisan dan obat sakit gigi alami yang ampuh untuk digunakan.

 

4. Kencur

KencurJika Anda sedang mencari obat batuk kering dan gatal yang aman, yuk beralih ke tradisional dulu baru jika tidak mempan Anda bisa memilih obat batuk kering yang bagus.

Tetapi, hati – hati dalam memilihnya jangan sampai asal pilih.

Untuk mengobati batuk kering disertai gatal dengan kencur caranya Anda hanya perlu siapkan kencur secukupnya. Siapkan juga jahe kemudian parut keduanya sampai halus dan tercampur merata.

Setelah itu, rebus campuran kencur dan jahe dalam satu gelas air mendidih. Saring, buang ampasnya dan kemudian minum hasil rebusan selagi hangat setidaknya dua kali dalam sehari.

Tanaman kencur juga dapat digunakan sebagai obat cacar air.

 

5. Jeruk Nipis

Jeruk NipisSelain Anda bisa mengusir batuk berdahak dengan jeruk nipis, bahan herbal yang satu ini juga secara ampuh dapat membantu mengatasi masalah batuk kering.

Cara membuat ramuan batuk kering dengan memanfaatkan jeruk nipis sangat mudah. Anda perlu campurkan dulu beberapa ml air perasan jeruk nipis dengan satu sendok kecap manis. Untuk Anda yang tidak suka kecap, air perasan jeruk nipis dapat dicampur dengan menggunakan madu.

Kemudian Anda konsumsi air perasan jeruk nipis dan kecap atau madu setidaknya dua sampai dengan tiga kali sehari.

Selain dengan cara ini, alternatif lain mengobati batuk kering dengan jeruk nipis bisa Anda lakukan dengan memberi jeruk nipis kapur sirih dan gula. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian, bagian yang terbelah bisa dibalur dengan kapur sirih kemudian diamkan beberapa saat.

Setelah itu bakar kulit luar jeruk nipis sampai berbuih kemudian tambahkan gula ketika Anda akan konsumsi jeruk nipis yang dibakar bersama kapur sirih ini. Sangat ampuh mengatasi batuk kering baik pada orang dewasa atau pada anak – anak.

Jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai obat batuk berdahak dan juga cara memutihkan gigi secara alami.

 

Jika cara pencegahan telah dilakukan, pengobatan dengan obat batuk kering tradisional telah digalakkan akan tetapi batuk kering tetap mengintai Anda, kini Anda bisa segera beralih mengonsumsi obat batuk kering di apotik sebagai alternatif solusinya.

 

6 Obat Batuk Kering Di Apotik dan Resep Dokter

1. Actifed Plus Cough Syrup

Actifed Plus Cough Syrup untuk mengatasi batuk kering kini hadir dalam kemasan botol berwarna merah.  Obat batuk kering dan gatal ini sangat aman dikonsumsi untuk mengatasi masalah batuk kering dan gatal pada anak – anak dan orang dewasa.

Anda bisa dapatkan Actifed Plus Cough Syrup baik di toko online atau di apotek terdekat dengan harga Rp 21.500,00 per botol untuk kemasan 120 ml.

  • Actifed Plus Cough SyrupSub kategori : Obat batuk kering dan gatal
  • Komposisi : Tripolidine HCL 1,25 mg, pseudoephedrine HCL 30 mg, dextromethorpan Hbr 10 mg
  • Indikasi : Membantu mengatasi batuk kering dan gatal secara ampuh, meredakan nyeri tenggorokan dan rasa gatal karena tenggorokan kering.
  • Perhatian : Tidak dianjurkan untuk orang yang sedang terapi dengan MAOI dan penderita hipertensi berat
  • Efek samping : Mengantuk, ruam kulit, terkadang menimbulkan retensi urin.
  • Kemasan : Botol
  • Dosis : Dewasa dan anak diatas 12 tahun 3 kali sehari 2 sendok teh. Anak usia 6 – 12 tahun 3 kali sehari 1 sendok teh. Anak usia 2 – 6 tahun 3 kali sehari ½ sendok teh.
  • Cara penggunaan : Konsumsi sesuai anjuran dosisnya, untuk anak dibawah 2 tahun konsultasikan dengan dokter
  • Produksi : Glaxosmithkline

 

2. Dextral tablet

Dextral tablet merupakan tablet obat batuk kering yang bagus di apotik dan bekerja sebagai antisutif, antihistamin, ekspektoran dan juga dekongestan hidung. Dextral tablet juga dapat membantu meringankan masalah pilek dan flu yang dialami.

Yang perlu diperhatikan, penderita gangguan fungsi hati dan ginjal, penderita glaukoma, hipertensi dan retensi urin bisa menggunakannya dengan izin dokter. Demikian juga dengan ibu hamil dan menyusui.

Dextral tablet dapat Anda beli dengan atau tanpa resep dokter di apotek terdekat seharga Rp 800,00 per tablet.

  • Dextral Tablet Obat Batuk KeringSub kategori : Obat batuk kering
  • Komposisi : Pada setiap tablet mengandung  dextromethorphan HBr 10 mg, glyceryl guaiacolate 50 mg, phenylpropanolamine HCl 12,5 mg, chlorpheniramine maleate 1 mg.
  • Indikasi : Membantu mengatasi batuk kering, tenggorokan gatal, sebagai antihistamin, antitusif, dekongestan, serta meredakan flu dan pilek.
  • Perhatian : Penderita gangguan fungsi hati dan ginjal, penderita glaukoma, hipertensi dan retensi urin harus dengan petunjuk dokter. Ibu hamil dan laktasi harus konsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakannya.
  • Efek samping : Obat ini dapat menyebabkan kantuk, gangguan psikomotor, takikardia, aritmia, mulut kering, palpitasi.
  • Kemasan : 10 tablet/ strip
  • Dosis : Dewasa 1 tablet 3 kali sehari, anak – anak ½ tablet 3 kali sehari
  • Cara penggunaan : Konsumsi setelah makan
  • Produksi : Molex Ayus

 

3. Grafed tablet

Obat batuk kering paling ampuh di apotik yang satu ini pada setiap tabletnya mengandung 30 mg pseudoefedrin HCI dan 2,5 mg tripolidin HCl. Grafed tablet memiliki khasiat untuk membantu meringankan batuk kering, bersin, hidung tersumbat, flu dan pilek.

Anda bisa beli Grafed tablet di apotek seharga Rp 2.100,00 per tablet. Harganya pada masing – masing apotek bisa berbeda – beda.

  • Sub kategori : Obat batuk kering
  • Komposisi : Pseudoefedrin HCl 30mg, tripolidin HCl 2,5mg
  • Indikasi : Meringankan dan mengatasi batuk kering, pilek, flu, hidung tersumbat dan bersin.
  • Perhatian : Penderita hipertensi, penyakit jantung, hipertiroid, diabetes melitus, pembesaran prostat, disfungsi hati dan ginjal dalam pengonsumsiannya harus sesuai izin dokter.
  • Efek samping : Menyebabkan kantuk, gangguan tidur, atau ruam kulit
  • Dosis : Dewasa dan anak diatas 12 tahun 1 tablet 3 kali sehari. Anak usia 6 – 12 tahun ½ tablet 3 kali sehari
  • Cara penggunaan : Bisa dikonsumsi setelah makan atau bersamaan dengan makanan
  • Produksi : Gracia Pharmindo

 

4. Selvigon syrup

Selvigon syrup tak hanya menjadi obat batuk iritasi dan alergi saja akan tetapi dengan kandungan pipazetate HCI didalamnya juga dapat membantu mengatasi batuk kering secara ampuh.

Selvigon syrup sendiri dapat Anda temukan di apotek dengan harga Rp 127.000,00 per botol. Harga ini berbeda di setiap apotek dan bisa berubah sewaktu – waktu.

  • Selvigon Syrup Obat Batuk KeringSub kategori : Obat batuk dan pilek
  • Komposisi : Pipazetate HCI
  • Indikasi : Meredakan batuk iritatif, batuk kering dan paroksismal
  • Perhatian : Konsumsi sesuai anjuran dosisnya
  • Efek samping : Sedasi ringan, mual dan muntah
  • Kemasan : Botol
  • Dosis : Dewasa dan anak diatas 12 tahun mengonsumsi 3 kali sehari masing – masing 2 sendok takar. Anak usia 6 – 12 tahun mengonsumsi 3 kali sehari masing – masing 1 sendok takar dan anak usia 2 – 6 tahun mengonsumsi 3 kali sehari masing – masing ½ sendok takar.
  • Cara penggunaan : Konsumsi setelah makan
  • Produksi : Transfarma Medica Indah

 

5. Benacol DTM

Benacol DTM hadir dalam varian kemasan 60 ml. Obat batuk kering di apotik yang satu ini dapat Anda beli dengan atau tanpa resep dokter. Harga Benacol DTM di apotek sebesar Rp 20.000,00 per botol.

Batuk kering pada anak dan dewasa dapat diatasi dengan menggunakan Benacol DTM.

  • Benacol DTM Obat Batuk KeringSub kategori : Antitusif dan ekspektoran
  • Komposisi : Pada setiap 5 ml mengandung dextromethorphan HBr 7.5 mg, ammon Cl 100 mg, diphenhydramine HCl 12.5 mg, Na citrate 50 mg, menthol 1 mg, K guaiacolsulfonate 30 mg.
  • Indikasi : Membantu mengatasi masalah batuk kering dan batuk berdahak. Sebagai antitusif dan ekspektoran.
  • Perhatian : Penderita penyakit hati, asma, diabetes melitus, glaukoma dan MAOI harus mengonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter.
  • Efek samping : Mengantuk, pusing, mulut kering, dan kejang (jika dikonsumsi dalam dosis besar)
  • Kemasan : Botol
  • Dosis : Dewasa 1 sendok takar setiap 3 – 4 jam dan 2 sendok takar di malam hari. Anak – anak mengonsumsi ½ sendok takar setiap 4 jam sekali dan 1 sendok takar di malam hari.
  • Cara penggunaan : Konsumsi sesuai anjuran dosisnya
  • Produksi : Kalbe Farma

 

6. Donexan DX Sirup

Donexan DX Sirup merupakan obat batuk kering di apotik dalam kemasan sirup yang tidak hanya dapat dikonsumsi anak – anak akan tetapi juga ampuh meredakan batuk kering pada orang dewasa.

Batuk iritasi, batuk karena alergi dan batuk berdahak juga dapat diatasi dengan mengonsumsi Donexan DX Sirup sesuai anjuran dosisnya. Donexan DX Sirup di apotek dibanderol dengan harga sebesar Rp 13.500,00 per botol.

  • Donexan DX Sirup Obat Batuk KeringSub kategori : Obat batuk kering
  • Komposisi : Diphenhidramine HCl 5mg, ammonium HCI 6,25 mg, na sitrat 25 mg, dekstrometorpan hbr 7,5 mg, fenilefrine hcl 5mg.
  • Indikasi : Membantu meredakan dan mengatasi batuk kering, batuk berdahak, batuk alergi dan sebagai ekspektoran.
  • Perhatian : Hindari mengemudi setelah mengonsumsi obat batuk kering ini
  • Efek samping : Mengantuk
  • Kemasan : Botol
  • Dosis : Dewasa dan anak diatas 12 tahun 3 kali sehari 2 sendok teh. Anak usia 6 – 12 tahun 3 kali sehari 1 sendok teh. Anak – anak dengan rentang usia 2 – 6 tahun 3 kali sehari ½ sendok teh.
  • Cara penggunaan : Konsumsi sesuai anjuran dosisnya
  • Produksi : Meprofarm

 

Cegah sebelum batuk kering mengintai Anda. Namun jika batuk kering telah mengintai, segera cari penyebabnya dan temukan solusinya.

Cara mengobati batuk kering dengan obat batuk kering tradisional atau menggunakan obat batuk kering di apotik dapat menjadi solusi terbaik untuk masalah yang Anda alami.

Namun jika dengan pengobatan tersebut, batuk kering tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut di lab karena kemungkinan ada penyakit lain dalam diri Anda yang harus segera ditangani

Get well soon! Semoga lekas sembuh!

loading...

Leave a Reply