7 Obat Asam Urat di Apotik – Pantangan & Tanaman Obat Herbal

Obat Asam Urat di Apotik –  Asam urat adalah suatu kondisi peningkatan kadar purin didalam darah yang menyebabkan penderita mengalami nyeri sendi, bengkak, dan rasa panas pada area persendian.

Penyebab asam urat atau yang dikenal dengan istilah gout, salah satunya adalah konsumsi obat – obatan, faktor usia, diet yang tidak tepat, mandi malam, penurunan resiko, konsumsi minuman yang terlalu manis, paparan timbal dan masih banyak lagi faktor penyebab yang lainnya.

Mereka yang menderita asam urat akan mengalami beberapa gejala. Gejala asam urat yang biasanya dirasakan penderita diantaranya sakit atau nyeri pada area sendi kaki, pembengkakan di area tangan atau kaki, nyeri di malam hari, nyeri ketika berhadapan dengan cuaca dingin, kemerahan, dan juga berdenyut ketika area bengkak di sentuh. Selain itu masih ada berbagai ciri – ciri asam urat lainnya.

Untuk mengatasinya, Anda harus mengonsumsi makanan sehat dan menghindari pantangan makanan yang tidak dianjurkan. Atasi juga dengan obat asam urat di apotik yang ampuh mengatasi penyakit Anda.

 

Pantangan Asam Urat

Obat Asam Urat

Bagi Anda yang menderita asam urat dan memang memiliki riwayat keluarga dengan penderita asam urat sehingga menimbulkan resiko yang sama pada diri Anda.

Ada beberapa pantangan asam urat yang perlu Anda hindari yaitu:

1. Makanan Penyebab Asam Urat

Ada beberapa contoh makanan penyebab asam urat diantaranya seperti hati, minuman bersodium dan mengandung alkohol, makanan laut, makanan sungai, es krim, daging, kaldu serta berbagai sayur yang mengandung purin.

Anda yang menderita penyakit asam urat perlu menghindari berbagai makanan yang dapat menyebabkan asam urat Anda kambuh.

 

2. Mandi Malam

Salah satu penyebab asam urat adalah mandi malam. Sejak zaman dahulu mandi malam memang sudah dilarang. Mungkin orang tua Anda juga sudah melarang anda melakukan hal ini. Ternyata memang mandi malam berbahaya karena dapat menyebabkan asam urat.

Selain itu, mandi malam juga dapat menjadi penyebab rematik dan berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh. Jadi Anda yang menderita asam urat atau beresiko mengalami asam urat, sesegera mungkin hindari mandi malam.

 

3. Obat – Obatan Pemicu Asam Urat

Ada beberapa obat – obatan yang dapat memicu asam urat dan ini juga menjadi salah satu pantangan bagi penderita asam urat. Obat – obatan tersebut diantaranya :

  • Obat – obatan diuretik seperti thiazide yang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif dan kondisi yang lainnya.
  • Mengonsumsi aspirin dengan dosis rendah setiap hari.
  • Mengonsumsi obat anti penolakan seperti cyclosporine yang dikonsumsi setelah transplantasi organ untuk beberapa kondisi reumatologi.
  • Mengonsumsi levodopa yang biasa digunakan untuk mengatasi parkinson.
  • Mengonsumsi niacin.

Lalu bagaimana cara mengatasi penyakit asam urat?

Disini kita akan bagikan dua alternatif cara pengobatan asam urat yang dapat Anda terapkan yaitu dengan menggunakan tanaman obat dan menggunakan obat asam urat di apotik.

 

5 Tanaman Obat Asam Urat Sebagai Pengobatan Tradisional

1. Jahe

Jahe Obat Asam UratObat tradisional asam urat (tanaman obat) yang dapat Anda jadikan salah satu alternatif pengobatan asam urat yaitu jahe.

Jahe adalah tanaman obat yang berasal dari India dan sudah lama digunakan oleh orang Asia Timur seperti Cina, Jepang, dan Korea sebagai pengobatan tradisional berbagai macam kondisi kesehatan.

Untuk pengobatan herbal asam urat menggunakan jahe, Anda bisa merebusnya menggunakan madu atau gula aren ketika asam urat menyerang.

Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi teh atau wedang jahe yang jauh lebih nikmat sewaktu dikonsumsi.

 

2. Bunga Rosella

Bunga Rosella Obat Asam UratTanaman obat yang satu ini berasal dari Afrika dan memiliki bunga berawrna merah. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai tanaman hias di halaman rumah.

Selain itu, bunga rosella juga memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan. Bunga Rosella dapat digunakan untuk dijadikan sebagai salah satu obat asam urat selain dari yang Anda beli di apotek. Anda bisa jadikan bunga rosella sebagai teh untuk dikonsumsi.

Cara membuat teh dari rosella yaitu dengan Anda jemur bunga rosella selama 2 hari. Kemudian pisahkan antara kelopak dan lidah dengan biji rosella. Cuci bersih kemudian jemur sekitar 4 sampai dengan 5 hari. Jika sudah kering tumbuk sampai halus. Seduh 1 sendok teh rosella dengan menggunakan air panas.

 

3. Seledri

Seledri Obat Asam UratSelain dapat digunakan sebagai pelengkap bahan masakan, seledri juga dapat menjadi alternatif pengobatan asam urat secara tradisional.

Pengobatan alami dengan seledri terbukti ampuh mengatasi asam urat dan mengurangi kadar purin didalam darah. Banyak orang memilih seledri untuk mengimbangi penggunaan obat asam urat di apotik atau sebagai alternatif lain dari pengobatan medis.

Dalam seledri terdapat berbagai kandungan yang dapat mengobati penyakit asam urat seperti fosfor, kalsium, zat besi, B1, C, apiin, apiol dan flavonoid. Anda bisa buat jus seledri secara rutin untuk mengatasi menurunkan purin didalam darah dan mengatasi asam urat secara ampuh.

 

4. Kumis Kucing

Kumis Kucing Obat Asam UratObat tradisional asam urat (tanaman obat) lainnya yang juga dapat Anda jadikan sebagai alternatif pengobatan asam urat adalah kumis kucing. Tanaman ini punya nama lain java tea atau kidney tea plant.

Tanaman kumis kucing memiliki sifat diuretik yang dapat membantu dalam mengeluarkan asam urat melalui urin.

Untuk bisa mendapatkan khasiat kumis kucing untuk asam urat, baiknya Anda siapkan 5 helai daun kumis kucing ditambah dengan meniran. Selanjutnya rebus dengan 2 gelas air. Biarkan sampai mendidih dan tersisa hanya 1 gelas saja. Tambahkan madu dan konsumsi 3 kali sehari.

 

5. Daun Salam

Daun Salam Obat Asam UratSelama ini daun salam dikenal di kalangan masyarakat modern sebagai bumbu dapur. Akan tetapi sebenarnya selain dapat menjadi bumbu dapur, daun salam juga menjadi alternatif lain pengobatan asam urat yang dapat Anda jadikan pilihan.

Didalamnya terdapat kandungan yang sangat baik untuk mengatasi dan mencegah asam urat seperti kandungan flavonoid, senyawa minyak atsiri, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sementara zat tanin yang terdapat pada daun salam berfungsi sebagai solusi asam urat dan menanggulangi kolesterol yang berlebih didalam tubuh. Anda bisa buat ramuan dari daun salam dengan cara Anda rebus daun salam dalam 2 gelas air. Rebus sampai mendidih dan air menyusut kemudian tambahkan gula aren atau madu dan konsumsi secara rutin sebagai pengobatan asam urat Anda.

 

7 Obat Asam Urat Di Apotik Yang Paling Ampuh

1. Zyloric

Zyloric merupakan sebuah obat asam urat di apotik yang tersedia dalam beberapa varian kemasan diantaranya varian 100 Mg dan 300 Mg. Zyloric kemasan 100 mg dibanderol dengan harga Rp 3.000,00 per tablet. Untuk Zyloric kemasan 300 mg dibanderol dengan harga Rp 6.500,00 per tablet. Harga tersebut bisa berbeda pada setiap apotek.

Selain dapat mengatasi asam urat, Zyloric juga dapat mencegah terjadinya resiko berkelanjutan asam urat seperti endapan kristal ginjal atau pembentukan batu ginjal.

  • Zyloric Obat Asam uratSub kategori : Obat hiperurisemia dan gout
  • Komposisi : Allopurinol 100 mg
  • Indikasi : Mengatasi dan mencegah pembentukan asam urat dalam darah termasuk gout artritis, kerusakan ginjal karena endapan kristal atau pembentukan batu ginjal sebagai efek samping dari asam urat kronis.
  • Perhatian : Tidak dianjurkan untuk penderita yang mengalami masalah hipersensitif terhadap allopurinol.
  • Efek samping : pruritus, ruam kulit namun sangat jarang. Jika setelah pengobatan penderita mengalami hipersensitif menyeluruh, maka pengobatan dengan Zyloric harus segera dihentikan.
  • Kemasan : 10 tablet/ blister
  • Dosis : 2 – 10 mg/ kg berat badan/ hari atau 100 – 200 mg setiap hari dalam keadaan ringan. Untuk asam urat berat atau kronis dianjurkan mengonsumsi 300 – 600 mg setiap hari dalam keadaan agak berat. Dosis maksimum yang diizinkan sehari sebesar 800 mg dan dianjurkan untuk memulai pengobatan dengan dosis rendah 100 mg.
  • Cara penggunaan : Konsumsi sesudah makan
  • Produksi : GlaxoSmithKLine

 

2. Allopurinol

Allopurinol dapat Anda beli di apotek dengan kemasan 100 mg seharga Rp 500,00 per tablet. Anda yang mengalami hipersensitif dengan obat yang berbahan allopurinol sangat tidak dianjurkan untuk mengatasi asam urat dengan obat ini.

Jika memang terpaksa harus mengonsumsinya, konsultasikan dulu dengan dokter Anda agar tahu dosis yang paling pas untuk Anda.

  • Allopurinol Obat Asam UratSub kategori : Obat hiperurisemia dan gout
  • Komposisi : Allopurinol 100 mg
  • Indikasi : Mencegah dan mengatasi manifestasi klinis utama dari endapan garam urat atau asam urat termasuk gout artritis, kerusakan ginjal karena endapan kristal atau pembentukan batu.
  • Perhatian : Tidak diperkenankan untuk penderita hipersensitifitas terhadap allopurinol.
  • Efek samping : gatal, ruam, dan pengelupasan ringan.
  • Kemasan : 10 tablet/ blister
  • Dosis : 100 – 200 mg setiap hari untuk kondisi asam urat ringan. Untuk asam urat berat atau kronis dianjurkan mengonsumsi 300 – 600 mg setiap hari. Dosis maksimum yang diizinkan sehari sebesar 800 mg dan dianjurkan untuk memulai pengobatan dengan dosis rendah 100 mg.
  • Cara penggunaan : Konsumsi setelah makan
  • Produksi : Indo Farma

 

3. Alluric

Obat asam urat di apotik Alluric kini hadir dalam kemasan tablet 100 mg. Anda bisa beli di apotek terdekat dengan atau tanpa resep dokter seharga Rp 2.500,00 per tablet. Alluric merupakan obat yang digunakan mengatasi penyakit asam urat beserta komplikasinya dimana terkandung allopurinol didalamnya.

Allopurinol ini merupakan obat golongan xanthine oxidase inhibitor yang ampuh mengatasi asam urat dan komplikasinya secara ampuh dan cepat.

  • Alluric Obat Asam UratSub kategori : Obat hiperurisemia dan gout
  • Komposisi : Allopurinol 100 mg
  • Indikasi : Membantu mengatasi gout, mencegah pengendapan asam urat dan kalsium oksalat, mengatasi purin berlebih yang mengarah pada komplikasi ganas dan penyakit lainnya.
  • Perhatian : Tidak diperkenankan untuk penderita hipersensitifitas terhadap allopurinol. Hindari makanan yang dapat memicu gout atau asam urat. Hindari makanan dengan kandungan purin yang tinggi.
  • Efek samping : eksfoliatif, demam, eosinofilia, anemia aplastik, mengantuk, vertigo, sakit kepala dan limfadenopati.
  • Kemasan : 10 tablet/ strip
  • Dosis : Dewasa dianjurkan mengonsumsi dengan dosis awal 100 – 300 mg sehari. Dosis pemeliharaan 200 – 600 mg sehari. Anak – anak dianjurkan mengonsumsi 100 – 400 mg dengan anjuran 10 – 20 mg/ kg BB dalam sehari.
  • Cara penggunaan : Konsumsi setelah makan atau bersamaan dengan makanan.
  • Produksi : Kalbe Farma

 

4. Ketoprofen Novel

Ketoprofen Novel merupakan obat asam urat di apotik yang tidak hanya dapat mengatasi penyakit asam urat akan tetapi juga dapat membantu ostheoarthritis dan penyakit lanjutan akibat asam urat kronis. Ketoprofen Novel dapat Anda beli di apotek dengan harga Rp 1.800,00 per tablet.

  • Ketoprofen Novel Obat Asam UratSub kategori : Obat anti inflamasi non steroid
  • Komposisi : Tiap tablet mengandung ketoprofen 100 mg
  • Indikasi : Mengatasi dan mencegah pengapuran sendi, asam urat, ostheoarthritis, rheumatoid, dan penyakit lanjutan akibat asam urat kronis.
  • Perhatian : Konsumsi sesuai anjuran dosis
  • Efek samping : Vertigo, mual, muntah.
  • Kemasan : 10 tablet/ strip
  • Dosis : Dosis awal 50 mg 4 kali setiap hari. Dosis pemeliharaan 150 – 300 mg/ hari dalam 3 – 4 dosis. Dosis maksimal 300 mg/ hari.
  • Cara penggunaan : Konsumsi setelah makan atau bersamaan dengan makanan.
  • Produksi :  PT Novell Pharmaceutical Laboratories

 

5. Kaltrofen

Kaltrofen merupakan obat asam urat di apotik dengan komposisi ketoprofen. Obat ini dapat Anda beli di apotek dengan harga Rp 3.700,00 per tablet. Harga bisa berubah sewaktu – waktu dan berbeda – beda pada setiap apotek.

Sangat tidak dianjurkan bagi wanita hamil dan menyusui untuk mengonsumsi kaltrofen tanpa izin dokter.

  • Kaltrofen Obat Asam UratSub kategori : Obat anti inflamasi non steroid
  • Komposisi : Ketoprofen
  • Indikasi : Pengobatan simptomatis pada AR, gout akut, asam urat kronis, dan spondilitis ankilosa.
  • Perhatian : Ibu hamil dan laktasi tidak dianjurkan mengonsumsi tanpa izin dokter kandungan terkait, penderita fungsi gangguan ginjal harus dengan pengawasan.
  • Efek samping : Mual, muntah, vertigo, dan nyeri abdomen.
  • Kemasan : 10 tablet/ strip
  • Dosis : 4 kali sehari 50 mg atau 2 kali sehari 100 mg
  • Cara penggunaan : Konsumsi sesaat setelah makan
  • Produksi :  Kalbe Farma

 

6. Puricemia

Puricemia hadir dengan kandungan allopurinol sebesar 300 mg didalamnya. Obat asam urat di apotik yang satu ini digunakan sebagai cara menurunkan kadar asam urat, membantu mengatasi gout dan hiperurisemia.

Anda bisa konsumsi sesuai anjuran dosis, sementara untuk penderita gangguan ginjal perlu saran dokter sebelum mengonsumsinya. Puricemia dijual di apotek seharga Rp 4.000,00 per tablet. Harga bisa berubah sewaktu – waktu dan berbeda pada masing – masing apotek.

  • Puricemia Obat Asam UratSub kategori : Obat hiperurisemia dan gout
  • Komposisi : Allopurinol
  • Indikasi : Gout dan hiperurisemia
  • Perhatian : Insufisiensi ginjal
  • Efek samping : ruam kulit, disfungsi hati dan ginjal, mengantuk, dan sakit kepala.
  • Kemasan : 10 tablet/ strip
  • Dosis : Dewasa dengan dosis awal 100 mg per hari, ditingkatkan setiap minggu 100 mg sampai kadar asam urat normal. Jika kadar asam urat sudah normal, hentikan pemakaian. Anak 6 – 10 tahun dengan keganasan maksimal 300 mg/ hari.
  • Cara penggunaan : Konsumsi setelah makan
  • Produksi : Sanbe Farma

 

7. Autocheck

Lalu untuk mengetahui kadar asam urat sudah normal atau belum bagaimana cara mengeceknya? Anda bisa gunakan alat pengecekan kadar asam urat yaitu Autocheck. Dengan menggunakan autocheck selama pengobatan, maka Anda bisa selalu kontrol berapa kadar asam urat Anda. Sehingga jika dirasa kadar asam urat sudah normal, pengobatan bisa segera dihentikan.

Autocheck Obat Asam UratAlat kesehatan medis Autocheck dapat Anda beli di apotek dengan atau tanpa izin dokter. Autocheck di apotek seharga Rp 132.000,00. Harga bisa berubah sewaktu – waktu dan berbeda – beda pada setiap apotek.

  • Sub kategori : Alat kesehatan medis
  • Indikasi : Pengecekan kadar asam urat
  • Kemasan : 1 Pcs
  • Dosis : Sesuai dengan kebutuhan
  • Produksi : Autocheck

 

Kontrol selalu kadar asam urat Anda utamanya bagi Anda yang memang memiliki riwayat kesehatan dengan keluarga menderita asam urat.

Jika pengobatan dengan obat asam urat di apotik atau tanaman herbal asam urat sudah berjalan lebih dari 2 minggu akan tetapi penyakit tidak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter yang Anda percaya.

Dapatkan penanganan lanjutan terbaik untuk mengatasi penyakit Anda. Jaga selalu kesehatan Anda.

loading...

Leave a Reply