8 Khasiat dan Manfaat Minyak Geranium Bagi Kesehatan

Manfaat Minyak Geranium – Minyak geranium merupakan minyak yang dihasilkan dari bagian batang dan juga daun tanaman Geranium. Minyak geranium adalah salah satu zat yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa dan tambahan dalam berbagai makanan dan juga minuman. Minyak geranium juga kerap dijadikan sebagai minyak alami untuk mengatasi beragam masalah kesehatan, selain karena memang sudah digunakan sejak dulu, kandungan yang ada di dalam minyak inilah yang membuat orang percaya bahwa minyak geranium dapat mengatasi beragam masalah kesehatan.

Pada awalnya tanaman geranium ini tumbuh secara alami di daratan Afrika Selatan. Tanaman yang memiliki sebutan Pelargonium Graveolen ini juga dibudidayakan dan sudah digunakan secara luas dalam industri baik itu kosmetik dengan tujuan membuat parfum ataupun minyak. Sedangkan pada bagian minyak alaminya diperoleh dari tanaman baik daun maupun batangnya yang sudah dipercaya mampu memberikan khasiat dan manfaat bagi kesehatan.

Bunga Geranium

Sama dengan minyak-minyak hasil ekstraksi lainnya, minyak geranium juga memiliki aroma dan mengandung zat yang baik untuk kesehatan. Banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan dari minyak tanaman ini. Dan berikut beberapa manfaat minyak geranium bagi kesehatan tubuh.

 

Khasiat dan Manfaat Minyak Geranium

 

1. Sebagai aromaterapi

Minyak dengan aroma manis ini, adalah hasil ekstrak dari bunga dan juga tanaman geranium yang berwarna putih dan merah muda, kandungan yang ada di dalam minyak ini dapat membantu untuk meredakan stres pada otot. Selain itu minyak ini juga mempunyai efek  yang menenangkan pada sistem saraf, serta dapat membantu untuk meringankan masalah depresi yang dialami seseorang. Minyak geranium ini menjadi salah satu minyak yang cukup terkenal sebagai aromaterapi serta populer dalam dunia pijat.

 

2. Mencegah infeksi

Minyak geranium memiliki mengandung dan sifat antiseptik tertentu di dalamnya yang dapat digunakan untuk perawatan luka. Selain itu bila diterapkan pada bekas luka, minyak geranium akan membantu meringankan dan mengembalikan warna pada bekas luka dengan melancarkan sirkulasi darah di daerah luka tersebut. Hanya dengan menggunakan beberapa tetes saja dengan mencampurnya ke dalam air hangat, maka minyak ini dapat mengatasi masalah peradangan dan sakit tenggorokan.

 

3. Mengurangi penuaan dini

Selain itu, minyak beraroma khas ini pun dapat membantu untuk mengurangi proses penuaan pada wajah serta memperlambat proses oksidasi pada sel-sel kulit. Minyak geranium ini juga bisa digunakan untuk bahan herbal mencegah keriput pada kuit, serta dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mengatas beragam masalah kulit.

 

4. Sebagai antiperspiran

Sifat antibakteri padan minyak geranium ini dapat membuatnya sebagai antiperspiran yang cukup kuat. Selain itu, minyak geranium juga dapat membantu untuk menghilangkan bau badan tan sedap. Kandungan yang ada di dalam minyak ini juga mampu mengurangi sekresi sebum sehingga dapat mengurangi produksi keringat berlebih. Sehingga tak heran jika minyak ini dijadikan sebagai tambahan untuk produk-produk kesehatan dan juga kecantikan.

 

5. Mampu mengatasi stres

Sifat anti depresi yang ada di dalam minyak geranium ini telah terbukti mampu membuatnya menjadi minyak untuk aromaterapi yang sangat populer. Dengan berendam di dalam air panas dengan mencampurkan beberapa tetes minyak ini ke dalamnya akan membantu menghilangkan dan mengurangi stres. Selain itu, minyak geranium ini juga dapat ditambahkan ke dalam air dan kemudian disemprotkan di area rumah, yang berfungsi untuk mengusir dan menghalau nyamuk.

 

6. Penyeimbang hormon dalam tubuh

Manfaat minyak geranium selanjutnya adalah sebagai penyeimbang hormon dalam tubuh manusia. Bagi wanita yang mengalami keram pada saat menstruasi, dapat menggunakan beberapa tetes minyak geranium ini ke dalam minyak pijat lalu kemudian gunakan campuran ini untuk memijit bagian yang keram secara perlahan dan merata. Kandungan yang ada di dalam  minyak ini mampu membantu mengurangi rasa nyeri dan sakit yang berlebihan.

 

7. Sebagai minyak wangi

Selain kaya kandungan zat bermanfaat di dalamnya, minyak ini juga kerap dijadikan sebagai campuran minyak wangi karena memiliki aroma yang khas. Aroma wangi dari geranium dapat berlangsung dan tahan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga minyak ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan parfum.

Baca Juga :

 

8. Menjaga dan merawat kesehatan kulit

Selain beberapa manfaat di atas, ternyata ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menggunakan minyak geranium ini sebagai perawatan kulit. Yakni degan menambahkan minyak ini ke dalam produk perawatan kulit sehingga akan membantu menjaga kulit menjadi lentur dan lembut serta mampu mengatasi beragam masalah kulit. Anda juga dapat menambahkan minyak geranium ini ke dalam air ketika hendak mandi, pedikur, ataupun manikur. Tidak sampai disitu saja, menambahkan minyak geranium ke dalam shampoo, juga akan menjaga kesehatan rambut, menghilangkan ketombe serta mengatasi masalah rambut lainnya.

 

Begitulah 8 manfaat minyak geranium yang bisa Anda rasakan. Minyak yang terbuat dari tanaman geranium ini sejatinya tidak beracun dan tidak memiliki efek samping seperti mengiritasi mata maupun kulit. Namun meskipun demikian, Anda juga tidak dianjurkan menggunakan minyak ini secara langsung pada kulit maupun rambut, sebaiknya penggunaan minyak ini sama seperti minyak almond, minyak biji anggur dan lain sebagainya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Get Well Soon !!

loading...

Leave a Reply