Kanker Prostat – Penyebab, Gejala, Pengobatan, Mencegah

Kanker prostat adalah jenis penyakit kanker yang menyerang kelenjar prostat. Pada pria yang menderita kanker prostat, sel – sel kanker tumbuh secara tidak terkendali dalam kelenjar prostat tersebut dimana penyebarannya ada yang agresif dan perlahan.

Kanker prostat yang bersifat agresif mampu menyebar dengan cepat, akan tetapi pada umumnya kanker yang menyerang prostat tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar cepat. Oleh karena itu, penyakit kanker ini sulit diidentifikasi dan bahkan pada beberapa kasus diketahui setelah menginjak kanker prostat stadium 4.

Didalam organ reproduksi pria prostat merupakan sebuah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi.

Prostat bagi pria membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat akan mengeluarkan cairan menuju uretra yang akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani.

Jika prostat mengalami masalah, fungsinya juga akan terkendala dan mengakibatkan terjadinya hal buruk pada sistem reproduksi pria. Karena itu menjaga prostat tetap sehat dan berfungsi adalah hal yang perlu dilakukan.

 

10 Penyebab Kanker Prostat

1. Riwayat Keluarga

Penyebab kanker prostat yang utama dan pertama adalah karena riwayat keluarga. Jika Anda memiliki keluarga dengan riwayat menderita kanker prostat maka kemungkinan besar Anda juga mengalami resiko yang sama.

Dalam penelitian yang dilakukan juga menunjukkan fakta bahwa didalam keluarga jika ada saudara perempuan yang mengalami kanker payudara maka hal ini juga meningkatkan resiko terkena kanker prostat pada saudara pria yang masih sedarah.

 

2. Usia Lanjut

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, orang tersebut lebih rentan terserang penyakit kanker pada prostat. Kanker ini memang teridentifikasi sangat jarang terjadi pada pria dibawah usia 50 tahun.

Hal ini juga diperkuat oleh data kasus di Inggris pada tahun 2009 dan 2011 dimana diketahui pada data sekitar sepertiga diagnosis kanker pada kelenjar prostat terjadi pada pria diatas usia 75 tahun. Hanya 1 kasus saja yang didiagnosa terjadi pada pria dibawah usia 50 tahun.

 

3. Kelainan Gen

Seseorang yang mengalami sindrom Lynch telah mewarisi gen yang rusak dan secara otomatis gen yang mengalami kerusakan tersebut dapat meningkatkan resiko seseorang terserang penyakit tertentu.

Para peneliti juga telah menemukan fakta bahwa pria dengan sindrom Lynch mungkin memiliki resiko lebih tinggi terserang kanker pada kelenjar prostat.

 

4. Kelebihan Tinggi dan Berat Badan

Didalam sebuah studi ditemukan keterkaitan antara kelebihan tinggi dan berat badan dengan potensi kanker prostat. Faktanya orang yang bertubuh tinggi memiliki resiko lebih tinggi terserang kanker prostat dibandingkan orang dengan tubuh yang lebih pendek. Apalagi jika orang yang bertubuh tinggi tersebut juga mengalami masalah obesitas.

Didalam studi yang dilakukan memang ditemukan adanya hubungan yang jelas antara obesitas dan resiko kanker metastasis yang mengembangkan kanker pada kelenjar prostat.

 

5. Sebelumnya Pernah Mengalami Kanker

Pria yang sebelumnya pernah mengalami masalah kanker kemungkinan juga akan berpengaruh pada peningkatan resiko kanker kelenjar prostat pada dirinya.

Didalam penelitian juga ditemukan adanya penyebab antara kanker prostat pada pria dengan kanker yang sebelumnya pernah dialami.

 

6. Telah Menjalani Vasektomi

Vasektomi merupakan suatu prosedur medis yang dilakukan untuk sterilisasi alat kelamin laki – laki atau sebagai alat kontrasepsi permanen. Vasektomi biasanya dilakukan jika memang pihak pria dan wanita tidak ingin memiliki anak lagi.

Memang vasektomi ada sisi positifnya karena bisa leluasa berhubungan tanpa takut memiliki momongan. Akan tetapi, tindakan ini juga memiliki resiko salah satunya mengakibatkan seseorang yang telah menjalani vasektomi mengalami kanker prostat.

 

7. Asupan Makanan

Seseorang yang jarang mengonsumsi buah dan sayur yang didalamnya kaya akan kandungan vitamin, mineral dan protein memiliki resiko lebih tinggi terserang kanker prostat dibandingkan dengan orang yang selalu mengonsumsinya secara rutin.

Didalam penelitian lain juga ditunjukkan bahwa kekurangan vitamin D serta orang yang melakukan diet tinggi daging merah beresiko terserang kanker pada kelenjar prostat.

 

8. Konsumsi Obat Tertentu

Obat memang sangat penting untuk tubuh. Akan tetapi dalam pengonsumsiannya tidak boleh sembarangan. Jika Anda mengonsumsi obat sembarangan dan tanpa izin dokter hal tersebut akan berbahaya bagi kesehatan.

Konsumsi obat sembarangan dalam jangka waktu tertentu memungkinkan seseorang tidak hanya terkena penyakit liver dan ginjal melainkan juga membuat seorang pria beresiko mengalami kanker prostat.

 

9. Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Didalam rokok dan alkohol terdapat kandungan bahan – bahan kimia berbahaya yang dapat mengaktifkan sel kanker didalam tubuh.

Oleh karena itu, risiko kanker prostat pada orang yang merokok dan mengonsumsi alkohol dua kali lebih besar dibandingkan orang yang menghindari rokok dan alkohol.

 

10. Jarang Olahraga

Olahraga tidak hanya dapat membentuk tubuh menjadi langsing dan ramping. Olahraga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain menyehatkan jantung, olahraga juga menghindari seseorang dari terserang penyakit serius termasuk penyakit kanker prostat.

 

8 Gejala Kanker Prostat

Ciri kanker prostat yang menyerang seseorang memang samar – samar terlihat. Di awal terjangkitnya seseorang dengan penyakit kanker prostat mungkin orang tersebut tidak merasakan ada gejala yang serius.

Biasanya gejala akan dirasakan dan muncul secara bertahap seiring dengan semakin membengkaknya kelenjar prostat. Setelah kelenjar prostat membengkak, beberapa gejala kanker prostat yang akan dirasakan diantaranya:

  • Lebih sering buang air kecil utamanya ketika malam hari
  • Nyeri saat berkemih dan melakukan hubungan suami istri
  • Nyeri ketika ejakulasi
  • Merasa kandung kemih selalu penuh
  • Terdapat darah dalam urin atau air mani
  • Tekanan saat mengeluarkan urin berkurang
  • Sembelit
  • Nyeri secara terus menerus dibagian punggung bawah, panggul dan paha bagian atas

Banyak orang yang tidak mengetahinya, namun perlu diketahui bahwa ejakulasi dini bukanlah gejala kanker prostat.

 

7 Cara Mencegah Kanker Prostat

Agar Anda tidak beresiko mengalami kanker prostat, hidup sehat perlu Anda terapkan. Anda juga harus tahu cara mencegah kanker prostat yang tepat. Tindakan pencegahan yang perlu Anda lakukan sebagai berikut:

 

1. Perbanyak mengonsumsi air putih

Air putih memang sangat penting bagi tubuh. Dengan Anda mengonsumsi air putih, selain tubuh akan terhindar dari dehidrasi dan dapat menjaga kesehatan ginjal, Anda juga bisa terhindar dari resiko kanker prostat. Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan mengonsumsi air putih secukupnya.

Sangat disarankan agar dalam sehari Anda mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter air.

Indikasi sudah cukup atau tidaknya kebutuhan air putih didalam tubuh Anda adalah dengan mengetahui warna urin. Identifikasi warna urin Anda, jika warna urin tersebut bening itu artinya Anda sudah mencukupi kebutuhan air putih.

Sementara jika warna urin Anda masih cenderung keruh itu artinya kebutuhan air putih Anda masih belum terpenuhi.

 

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Sayuran hijau ternyata dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker kelenjar prostat. Kandungan zat makanan berupa fruktosa dan lycopene pada beberapa jenis sayur dan buah dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker pada kelenjar prostat.

Bahkan bagi orang yang sudah terserang kanker prostat, mengonsumsi sayur dan buah dengan kandungan zat tersebut dapat mengecilkan ukuran tumor dan menghentikan serta memperlambat penyebaran sel kanker.

Jenis buah dan sayur seperti kubis, kembang kol, apel, buah beri, melon, semangka dan tomat merupakan yang paling disarankan untuk dikonsumsi.

 

3. Kurangi makanan mengandung kolesterol

Makanan yang didalamnya mengandung kolesterol jika masuk ke dalam tubuh pria akan diubah menjadi testosteron. Ketika jaringan prostat mengalami pembesaran maka kandungan kolesterol didalamnya sangat banyak. Karena itu, disarankan agar Anda mengurangi makanan yang mengandung kolesterol dan berlemak tinggi.

Beberapa makanan yang perlu dihindari karena diketahui mengandung lemak tinggi dan kolesterol diantaranya seperti daging merah segar, ikan dan ayam.

 

4. Hentikan mengonsumsi alkohol

Sudah disebutkan di awal bahwa salah satu penyebab seseorang terserang kanker pada kelenjar prostat adalah alkohol.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, alkohol dapat membantu meningkatkan terjadinya iritasi pada bagian kandung kemih. Hal ini juga akan semakin memperparah kondisi Anda jika sudah dijatuhi vonis terkena pembesaran prostat.

Alkohol sendiri secara medis dapat melemahkan otot tubuh sehingga membuat urin yang ada didalam tubuh tertahan dan tidak segera dikeluarkan.

Alkohol juga dapat memicu penyakit lainnya seperti kanker kulit dan kanker serviks.

 

5. Rajin melakukan olahraga

Selain dapat menjaga kebugaran tubuh Anda, olahraga juga menjadi cara sehat dan hemat mencegah diri Anda beresiko mengalami kanker prostat.

Dengan Anda rajin berolahraga maka resiko kanker prostat akan terhindar.

Sudah banyak dokter yang mengatakan jika lelaki yang memiliki tubuh sehat dan bugar mengalami resiko terserang kanker prostat yang jauh lebih kecil. Karena itu jangan lupakan untuk selalu rutin melakukan olahraga.

 

6. Perkaya dengan makanan kaya zinc

Makanan yang kaya kandungan zinc membantu mengurangi resiko pembesaran pada prostat. Hal ini disebabkan karena kelenjar yang ada pada prostat memerlukan zat zinc lebih banyak daripada organ tubuh yang lain.

Zat ini dapat membantu mengubah metabolisme hormon steroid yang dapat mengurangi pembesaran prostat.

Beberapa makanan yang kaya kandungan zinc diantaranya seperti minyak gandum dan biji labu. Konsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan prostat Anda.

 

7. Konsumsi makanan kaya vitamin D dan E

Makanan kaya vitamin D dan E memang dapat membantu menjaga kesehatan prostat Anda. Beberapa jenis makanan yang kaya kandungan vitamin D dan E seperti kacang almond, biji labu, slada swiss, mustard, bayam, minyak nabati, hazelnut, alpukat dan brokoli.

Didalam setiap vitamin E terdapat zat antioksidan yang dapat memperlambat dan mengurangi resiko segala jenis kanker.

 

5 Cara Mengobati Kanker Prostat via Jalur Medis

Jika kesehatan prostat sudah terancam dan melibatkan seseorang menderita kanker prostat, pengobatan adalah langkah yang mutlak perlu dilakukan. Dokter biasanya akan menganjurkan pengobatan medis serta terapi pengobatan sebagai berikut:

1. Prostatektomi radikal

Prostatektomi radikal merupakan pengobatan kanker prostat yang dilakukan dengan jalur operasi. Nantinya kelenjar prostat akan diangkat bahkan sekaligus dilakukan pengangkatan pada jaringan yang ada di sekitarnya.

Jalur pengobatan ini bisa diambil jika kanker belum menyebar ke organ yang lain. Cara ini biasanya dilakukan pada penderita kanker stadium awal.

 

2. Trans urethral resection

Trans urethral resection atau yang dikenal dengan istilah medis TURP merupakan sebuah proses pemotongan bagian kelenjar prostat penderita. Nantinya pada proses operasinya anestesi umum diberikan untuk mencegah rasa sakit selama operasi berjalan.

Operasi ini dilakukan untuk membuat gejala gangguan buang air kecil menjadi jauh lebih ringan.

Operasi dengan TURP dilakukan oleh dokter dengan memasukkan kawat besi yang diujungnya ada bagian melingkar ke dalam uretra menuju prostat. Dokter juga akan memanfaatkan arus listrik demi memanaskan bagian melingkar tersebut.

Dari proses inilah prostat pada akhirnya akan dipotong.

 

3. Terapi hormon

Pengobatan prostat dengan terapi hormon merupakan suatu metode pengobatan klinis yang dikombinasikan dengan proses radioterapi. Tujuan pengobatan ini dilakukan untuk menyukseskan pengobatan dan menurunkan potensi sel kanker kembali menginvasi tubuh pasien.

Dengan metode terapi hormon bahkan kanker prostat stadium akhir juga bisa diperlambat penyebarannya. Namun memang ada efek samping dari pengobatan ini seperti keringat terus menerus, dada yang mengalami pembengkakan dan penambahan berat badan.

 

4. Terapi radiasi

Prosedur pengobatan dengan terapi radiasi dimanfaatkan oleh dokter agar sel kanker dapat dibunuh sebelum menyebar ke organ yang lain. Prosedur pengobatan ini dilakukan setelah melakukan operasi supaya sel kanker yang belum terangkat bisa dibasmi secara menyeluruh.

Dengan terapi radiasi penyebaran sel kanker akan diperlambat. Namun ada beberapa efek samping yang dirasakan pasien yang melakukan terapi radiasi diantaranya radang kandung kemih, ketidaknyamanan di rektum dan anus, lelah, rontok rambut kemaluan, inkontinensi urin dan gangguan buang air besar.

 

5. Mengonsumsi tablet steroid

Pengobatan dengan tablet steroid merupakan alternatif jika terapi dirasa kurang efektif. Khususnya jika sifat kanker pada penderita terlalu resistan terhadap hormon maka langkah ini akan diambil dokter.

Tablet steroid akan membantu menyusutkan pertumbuhan tumor atau sel kanker di tubuh penderita.

 

5 Obat Herbal Kanker Prostat

Sebagai terapi pengobatan kanker prostat, obat tradisional kanker prostat juga dianjurkan. Ada beberapa bahan herbal yang dapat dijadikan alternatif obat untuk terapi pengobatan kanker prostat diantaranya:

1. Daun sambiloto

Daun sambiloto memang terkenal ampuh sebagai bahan herbal mengatasi berbagai penyakit. Didalamnya terdapat kandungan flavonoid dan laktone yang dapat digunakan sebagai pengobatan kanker kelenjar prostat pada pria.

Cara memanfaatkan daun sambiloto untuk mengatasi kanker pada pria adalah dengan Anda rebus daun sambiloto sampai mendidih kemudian angkat. Tambahkan madu pada air rebusan dan saring kemudian konsumsi selagi hangat. Anda bisa konsumsi dua kali sehari sebagai terapi penyembuhan.

 

2. Akar alang – alang

Untuk mengobati kanker prostat, Anda bisa rebus akar alang – alang yang telah Anda sediakan. Konsumsi air rebusan setelah dididihkan.

Obat ini tidak memberikan efek samping dan sangat aman dikonsumsi sebagai terapi pengobatan disamping pengobatan medis yang dilakukan.

 

3. Tomat

Didalam tomat akan Anda temukan berbagai kandungan penting yang bermanfaat untuk mengobati kanker prostat Anda. Didalam tomat terdapat kandungan karotenoid, likopen, alpha, betakaroten dan lutein yang dapat mengobati dan mengatasi masalah kanker Anda.

Anda bisa konsumsi tomat sebagai jus atau dikonsumsi secara langsung. Sebelum mengonsumsi, pastikan tomat jauh dari kuman dan telah Anda bersihkan.

Selain itu, tomat juga dapat digunakan sebaga obat jerawat alami dan juga merupakan salah satu cara mengecilkan perut.

 

4. Brokoli

Sayur yang tidak disukai anak – anak ini ternyata memiliki khasiat besar untuk kesehatan manusia. Brokoli dapat dikonsumsi sehari – hari untuk mencegah resiko seseorang mengalami kanker pada kelenjar prostat.

Selain itu mereka yang sudah didiagnosa menderita kanker prostat juga dapat menggunakan brokoli sebagai bahan terapi penyembuhannya. Anda bisa merebus atau memasaknya seperti biasa.

Membuat jus brokoli yang dikonsumsi setiap hari juga menjadi langkah tepat untuk Anda terapkan. Olah saja sesuai selera yang penting pastikan bersihkan terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

 

5. Rumput lidah ular

Mungkin diantara Anda masih banyak yang kurang familiar dengan nama tanaman ini. Rumput lidah ular merupakan obat tradisional yang dapat diandalkan untuk menyembuhkan kanker prostat serta mencegah seseorang mengalami masalah dengan organ prostatnya.

Cara memanfaatkan rumput lidah ular sebagai obat cukup Anda rebus bahan ini. Setelah mendidih kemudian angkat dan saring. Tambahkan madu atau gula aren dan konsumsi secara rutin untuk membantu Anda menyembuhkan masalah prostat yang Anda alami.

 

Agar terhindar dari resiko terserang kanker prostat, baiknya Anda selalu budayakan hidup sehat dan hindari berbagai penyebab prostat mengalami masalah.

Jika perlu lakukan konsultasi secara rutin dengan dokter untuk mengantisipasi resiko terserang kanker pada kelenjar prostat. Jaga selalu kesehatan Anda.

loading...

Leave a Reply