Kanker Payudara – Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan

Penyakit kanker payudara di Indonesia setiap tahunnya mengalami angka peningkatan yang sangat pesat.

Berdasarkan data di organisasi kesehatan dunia (WHO) dibandingkan dengan negara tetangga Malaysia, pengidap penyakit mematikan ini di Indonesia dua kali lipat jauh lebih besar. Umumnya penyakit ini diderita oleh wanita usia muda dan pada tahap yang lebih lanjut.

Penyakit kanker payudara memang sulit untuk dilakukan identifikasi, kebanyakan orang yang menderita penyakit ini mengetahui penyakitnya ketika sudah memasuki fase kanker payudara stadium 4. Inilah yang menjadi penyebab mengapa penanganan penderita kanker selalu terlambat.

Ketidakwaspadaan serta kurangnya ilmu pengetahuan mengenai gejala dan penyebab kanker payudara menjadi salah satu alasan tak banyak orang yang waspada akan penyakit mematikan tersebut.

 

18 Gejala Kanker Payudara

Memiliki resiko atau tidak, tak ada salahnya jika Anda menambah informasi tentang ciri kanker payudara. Dengan berbekal informasi tersebut, jika memang ada potensi sel kanker tumbuh di jaringan payudara maka penanganannya tidak akan terlambat.

Mengetahui gejala dan tanda-tandanya adalah salah satu cara mendetesi kanker payudara yang paling baik.

Ketika seseorang mengalami masalah kanker payudara stadium 1, mereka akan mengalami beberapa gejala awal. Gejala awal kanker payudara stadium 1 yang akan dirasakan penderita diantaranya:

  • Munculnya benjolan di jaringan sekitar payudara
  • Keriput di payudara
  • Warna kulit payudara mengalami perubahan
  • Puting terasa sakit ditandai dengan keluarnya cairan tidak normal dari puting
  • Puting melesak
  • Terdapat benjolan di ketiak

Untuk mengetahui tanda tanda kanker payudara stadium 1 ada didalam diri Anda atau tidak, baiknya Anda lakukan pemeriksaan SADARI (Periksa payudara sendiri).

Dengan pemeriksaan ini, Anda tak akan terlambat mengidentifikasi kesehatan payudara Anda. Sementara jika seseorang ternyata sudah mengalami kanker tingkat lanjut khususnya stadium 4, tanda-tanda yang akan muncul dan dirasakan lebih kompleks lagi.

Beberapa ciri-ciri kanker payudara stadium 4 yang dirasakan diantaranya:

  • Benjolan di payudara semakin besar dan terasa sakit
  • Kulit terasa gatal, memerah dan menebal
  • Pembengkakan
  • Lelah
  • Insomnia
  • Sering demam
  • Sakit perut
  • Hilang nafsu makan
  • Penurunan berat badan secara drastis
  • Asma
  • Kesulitan bernafas
  • Nyeri sendi dan tulang

 

8 Penyebab Kanker Payudara

Penyebab kanker payudara sampai saat ini memang belum bisa diketahui secara pasti. Sulit juga untuk bisa memastikan bahwa setiap penderita memiliki penyebab yang sama atau tidak.

Akan tetapi ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh pada tingkat resiko seseorang terkena penyakit mematikan kanker payudara diantaranya:

 

1. Genetik

Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kanker serviks atau payudara, maka Anda memiliki kemungkinan yang sama untuk terserang penyakit yang sama.

Akan tetapi penyakit ini mungkin muncul lebih dari sekali dalam satu keluarga secara kebetulan karena pada umumnya kasus ini bukan karena faktor keturunan akan tetapi mutasi gen tertentu yang membuat resikonya jauh lebih tinggi seperti mutasi gen BRCA1 dan BRCA2.

 

2. Faktor Usia

Seiring dengan pertambahan usia, resiko terserang penyakit mematikan kanker memang akan mengalami peningkatan. Kanker payudara pada umumnya terjadi pada wanita yang usianya diatas 50 tahun dan sudah mengalami menopause.

 

3. Jenis Kelamin

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahuinya, namun ternyata kanker payudara juga dapat menyerang pria.

Namun, wanita 100% lebih tinggi resiko terkena penyakit mematikan tersebut dibandingkan pria karena wanita memiliki jaringan payudara dalam organ reproduksinya.

Jenis kelamin memang menentukan seseorang terserang kanker payudara.

 

4. Resiko Paparan Radiasi

Jika Anda terlalu sering terpapar dengan radiasi atau akibat prosedur medis tertentu yang menggunakan radiasi seperti rontgen dan CT scan, maka resiko Anda untuk terkena kanker juga akan meningkat.

 

5. Orang Dengan Kelebihan Berat Badan

Seseorang yang mengalami masalah kelebihan berat badan rentan terserang kanker.

Hal ini karena orang yang menderita kelebihan berat badan akan mengalami jumlah estrogen didalam tubuh yang tidak stabil. Ia akan lebih banyak memproduksi estrogen didalam tubuhnya yang memicu tumbuhnya sel kanker.

 

6. Implan Payudara

Banyak wanita yang kurang bersyukur dengan bentuk tubuhnya. Ketika memiliki payudara kecil, ingin memperbesar bagian payudaranya. Salah satu cara yang kemudian dilakukan adalah menggunakan implan payudara.

Wanita yang menggunakan implan payudara sebenarnya dapat berpengaruh pada terjadinya kanker payudara dibandingkan dengan perempuan yang tidak memakainya.

Hal ini juga dikemukakan oleh para peneliti dari Kanada dalam laporan British Medical Journey 2013 silam. Didalam implan yang sengaja dimasukkan ke dalam jaringan payudara terdapat kandungan bahan kimia yang berbahaya dan memiliki sifat karsinogen sehingga memicu kanker.

 

7. Pekerjaan Tertentu

Beberapa penelitian yang dilakukan telah berhasil menunjukkan adanya keterkaitan antara pekerjaan dengan resiko kanker. Penelitian dilakukan di Prancis yang menunjukkan fakta bahwa wanita yang bekerja di malam hari dan belum pernah mengalami kehamilan beresiko lebih besar terserang kanker payudara.

Pekerjaan lain yang memungkinkan tubuh kontak dengan zat – zat karsinogen juga memicu tumbuhnya sel kanker didalam tubuh dengan sangat pesat seperti wanita yang bekerja di perusahaan plastik, kain atau makanan kemasan.

 

8. Mengonsumsi Alkohol

Alkohol memang sangat berbahaya dan dapat menjadi salah satu penyebab sel kanker berkembang pesat.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada ditemukan bahwa setiap 200 wanita yang mengonsumsi minuman mengandung alkohol setiap hari, 3 diantara mereka terkena kanker dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi alkohol sama sekali.

 

9 Cara Mencegah Kanker Payudara

Setelah Anda tahu apa saja yang menjadi penyebab penyakit kanker payudara mengintai, menghindari penyebab tersebut merupakan langkah penting agar terhindar dari resiko terserang kanker payudara yang mematikan.

Selain itu, gaya hidup juga menjadi faktor yang sangat penting untuk menghindarinya. Berikut cara mencegah kanker payudara yang perlu Anda terapkan, diantaranya:

 

1. Hindari Minuman Mengandung Alkohol

Karena alkohol merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tumbuh dan berkembangnya jaringan sel kanker didalam tubuh, karena itu Anda perlu menghindarinya.

Bagi Anda yang sebelumnya aktif mengonsumsi alkohol, perlu agar Anda berangsur – angsur mengurangi intensitas mengonsumsinya sampai dengan menghentikan pengonsumsiannya

 

2. Atur Berat Badan

Diet tidak hanya diperlukan untuk mereka yang mengalami obesitas saja. Diet juga penting dilakukan semua orang dalam mengatur berat badan agar tidak berpotensi obesitas di kemudian hari.

Dengan mengatur berat badan, tubuh akan ideal dan berbagai penyakit akan terhindari termasuk kanker.

 

3. Hindari Merokok

Tak hanya dapat menjadi pemicu masalah penyakit jantung dan paru – paru, kandungan nikotin dan tar didalam rokok juga memicu tumbuhnya sel kanker.

Wanita perokok 25% beresiko mengalami kanker jaringan payudara dibandingkan wanita yang tidak merokok.

 

4. Olahraga Secara Rutin

Aktivitas olahraga akan mengeluarkan toxin atau racun didalam tubuh dalam jumlah yang cukup signifikan. Olahraga juga akan mengaktifkan fungsi syaraf dan otot tubuh manusia dimana hal tersebut sangat penting dalam menjaga kesehatan Anda.

Dengan melakukan olahraga secara rutin maka metabolisme tubuh akan terjaga dan berbagai resiko penyakit akan terhindar.

 

5. Menyusui

ASI memang sangat dibutuhkan bayi. Jika Anda wanita yang sudah memiliki momongan, upayakan pastikan Anda menyusui untuk memenuhi kebutuhan ASI buah hati Anda.

Dalam beberapa studi diketahui fakta bahwa wanita yang menyusui beresiko lebih kecil dibandingkan wanita yang tidak pernah menyusui.

Alasan utamanya diklaim oleh para peneliti terdapatnya keterkaitan antara aktivitas menyusui dengan tingkat kestabilan estrogen sehingga akan memperkecil resiko terjangkitnya kanker payudara.

 

6. Konsumsi Makanan Sehat

Sayur dan buah merupakan makanan yang sangat penting untuk Anda konsumsi.

Sayur dan buah merupakan bahan yang kaya nutrisi penting termasuk berbagai vitamin penting bisa ditemukan didalamnya. Konsumsi secara rutin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

 

7. Hindari Radiasi

Jika Anda mengalami beberapa penyakit yang memungkinkan radiasi, ada berbagai jenis radiasi yang bisa Anda dapatkan seperti halnya CT scan, pemeriksaan MRI dan rontgen.

Didalam penelitian ditemukan fakta bahwa resiko tertinggi terkena kanker payudara juga disebabkan radiasi pada masa pubertas dimana payudara mulai terbentuk.

 

8. Jika Mengonsumsi Pil KB, Konsultasikan Dulu

Pil KB memiliki manfaat dan resiko masing – masing yang harus diwaspadai. Beberapa pil KB memiliki kandungan estrogen yang dapat memicu terjadinya kanker payudara.

Dalam beberapa studi juga ditunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi pil KB beresiko lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsinya. Resiko tersebut akan hilang seiring dengan Anda hentikan penggunaannya.

 

9. Melahirkan di Bawah 30 Tahun

Wanita yang melahirkan dibawah usia 30 tahun memiliki resiko terserang kanker payudara yang jauh lebih rendah dibandingkan wanita yang melahirkan diatas usia 30 tahun.

Penelitian juga menunjukkan fakta bahwa banyaknya kehamilan di usia sebelum 30 tahun dapat membantu mengurangi resiko kanker pada wanita tersebut.

 

5 Cara Mengobati Kanker Payudara Melalui Jalur Medis

1. Pengobatan Hormon

Untuk mengobati kanker payudara, pengobatan kanker payudara dengan terapi hormon dapat dilakukan. Pengobatan hormon dilakukan berbeda jenis pada setiap stadium kanker baik kanker stadium 1 sampai dengan stadium 4.

Salah satu pengobatan hormon yaitu perawatan hormon oral seperti tamoxifen pada umumnya diberikan untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara invasif.

 

2. Operasi Pengangkatan Sel Kanker

Operasi atau tindakan pembedahan merupakan salah satu jenis pengobatan secara medis yang dilakukan untuk mencegah sel kanker mengalami penyebaran ke organ tubuh yang lain.

Akan tetapi jika memang ternyata sel kanker sudah menyebar terlalu luas atau metastasis pada organ vital tubuh, maka kemungkinan besar operasi sudah tidak bisa menyembuhkan pasien penderita kanker. Operasi pada penderita kanker umumnya dilakukan untuk mengangkat sel dan membuangnya jika sel belum menyebar terlalu luas.

 

3. Radioterapi

Radioterapi merupakan suatu metode pengobatan dengan radiasi yang berguna untuk menghancurkan sel kanker dengan cara berfokus pada sinar gamma ray yang berenergi tinggi pada sel kanker.

Radioterapi dengan menggunakan gamma ray berenergi tinggi dipancarkan dari logam seperti radium atau energi tinggi sinar X yang dibuat khusus dengan mesin khusus juga.

 

4. Kemoterapi

Teknik pengobatan dengan kemoterapi dilakukan menggunakan bahan kimia. Bahan kimia tersebut diperuntukkan dalam mengganggu proses pembelahan sel kanker didalam tubuh.

Cara mengganggu proses pembelahan sel dilakukan dengan merusak protein atau DNA sehingga menjadikan sel kanker mati dengan sendirinya.

Kemoterapi dilakukan untuk mengobati kanker payudara yang sudah menyebar atau metastasis jaringan organ untuk seluruh tubuh.

 

5. Imunoterapi

Tujuan dilakukan imunoterapi untuk mendapat sistem kekebalan tubuh dalam melawan tumor. Imunoterapi dilakukan dengan menyuntikkan pengobatan pada area yang terdapat sel kanker agar tumor kanker menyusut.

Hal tersebut berlaku pada imunoterapi lokal. Sementara imunoterapi sistemik dilakukan ke seluruh tubuh dengan memberikan agen seperti interferon alfa proteon yang dapat mengecilkan tumor.

 

5 Obat Kanker Payudara Herbal

Selain pengobatan secara medis, untuk mempercepat penyembuhan dan sebagai tindakan terapi penyembuhan kanker bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat herbal kanker payudara.

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat herbal untuk penyembuhan dan terapi pengobatan kanker payudara diantaranya:

 

1. Tapak Dara

Tapak DaraTanaman tapak dara atau yang dikenal dengan sebutan Catharanthus roseus ini memiliki khasiat dalam menyembuhkan dan mencegah kanker payudara karena didalamnya terdapat kandungan alkaloid vinka, vinkristin dan vinblastin yang berkhasiat melawan sel kanker.

Cara membuat ramuan tapak dara adalah:

  • Anda perlu sediakan 22 lembar daun tapak dara, kulit kayu pulasari dan buah adas.
  • Selanjutnya rebus semua bahan bersama 3 gelas air sambil Anda bubuhi gula merah untuk menetralisir rasa pahitnya.
  • Tunggu sampai air sisa setengah kemudian angkat dan saring minuman.
  • Konsumsi secara rutin selama satu bulan sebagai pengobatan alternatif Anda.

 

2. Kunyit Putih

Kunyit PutihKunyit putih merupakan bahan alami yang berkhasiat untuk merontokkan dan membunuh sel kanker tanpa merusak jaringan disekitarnya.

Didalamnya juga terdapat kandungan antioksidan yang berperan dalam kerusakan gen dan anti curcumin yang berfungsi sebagai anti inflamasi atau radang.

Sebagai terapi pengobatan dan penyembuhan kanker payudara cara membuatnya dengan Anda siapkan 1 sendok teh perasan kunyit putih bersama 100cc air hangat. Endapkan ramuan ini kemudian minum airnya saja.

Konsumsi tiga kali sehari secara rutin untuk dapatkan khasiatnya.

Kunyit juga bermanfaat untuk digunakan sebagai obat batuk kering dan salah satu cara memutihkan gigi secara alami.

 

3. Benalu Teh

Benalu TehBenalu teh banyak dikatakan sebagai tanaman pengganggu. Akan tetapi nyatanya benalu teh punya khasiat besar didalamnya. Kandungan senyawa didalam benalu teh diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Cara membuatnya dengan Anda rebus benalu dan konsumsi secara rutin sebagai penunjang kemoterapi dan pengobatan medis Anda yang lain.

 

4. Daun Dewa

Daun DewaSejak lama daun dewa dikenal sebagai anti kanker sebelum pengobatan modern berkembang. Anda bisa racik sendiri herbal daun dewa untuk terapi penyembuhan kanker.

Cara membuat ramuan daun dewa untuk terapi kanker yaitu:

  • Pertama – tama Anda perlu sediakan 30 gram daun dewa segar, 20 gram temulawak putih, dan 30 gram jombang.
  • Rebus semua bahan tersebut bersama dengan 600 cc air, tunggu sampai air tersisa setengahnya.
  • Selanjutnya saring untuk dikonsumsi sari patinya setiap hari.

Selain itu ada cara lain yang juga dapat Anda lakukan yaitu dengan:

  • Menyediakan 30 gram daun dewa segar, 30 gram daun tapak dara segar, 30 gram rumput mutiara dan 30 gram rumput lidah ular.
  • Masukkan semua bahan bersama dengan 1000 cc air lalu rebus sampai airnya tersisa hanya setengah.
  • Aduk ramuan dan konsumsi selagi hangat secara rutin.

 

5. Mengkudu

Buah MengkuduDaging buah mengkudu diketahui mengandung dammacanthel didalamnya. Senyawa ini berperan aktif melawan sel abnormal ketika memasuki stadium pra kanker.

Cara membuat ramuan mengkudu sangat mudah dengan Anda peras 2 atau 3 buah mengkudu. Kemudian tambahkan beberapa tetes madu didalamnya. Konsumsi air perasan tersebut secara rutin.

Baiknya Anda pilih mengkudu yang tidak terlalu masak untuk menghindari kadar alkohol yang cukup tinggi.

Selain itu, mengkudu juga dapat digunakan sebagai obat amandel dan obat cacar air.

 

Selalu jaga kesehatan payudara Anda dengan gaya hidup sehat dan jangan lupakan pemeriksaan payudara dengan sadari untuk mendeteksi resiko sel kanker tumbuh di jaringan organ payudara Anda.

Get well soon!

loading...

Leave a Reply