Beberapa Gejala Kekurangan Magnesium yang Sering di Rasakan

Gejala Kekurangan Magnesium –  Sejatinya tubuh yang mengalami kekurangan magnesium tidak mudah untuk diketahui, namun tubuh yang mengalami kekurangan magnesium akan sangat berdampak terhadap kesehatan dalam jangka panjang. Magnesium itu sendiri merupakan unsur kimia yang tak hanya berperan penting terhadap tatanan lingkungan, namun juga memiliki peran penting terhadap kesehatan tubuh. Karena pada dasarnya magnesium yang memiliki simbol Mg ini terdiri dari logam alkali yang banyak sekali ada di kerak bumi.

Sedangkan bagi tubuh, magnesium adalah zat yang menjadi nutrisi untuk melengkapi kebutuhan tubuh. Magnesium memiliki fungsi yang cukup penting di dalam tubuh salah satunya adalah mampu memanipulasi ATP, DNA serta fungsi hormon lain di dalam tubuh. Tak hanya dibutuhkan oleh tulang saja, semua sel di dalam tubuh sangat membutuhkan magnesium untuk dapat berfungsi normal. Sehingga tak heran jika magnesium sama pentingnya dengan nutrisi dan vitamin lain di dalam tubuh.

Kekurangan kadar magnesium dalam tubuh secara umum biasanya disebabkan oleh diet yang tidak teratur serta akibat kekurangan gizi. Kekurangan magnesium yang berlangsung dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan beragam masalah kesehatan menimbulkan penyakit di dalam tubuh. Berikut ini beberapa gejala kekurangan magnesium yang terjadi pada tubuh yang harus kita ketahui.

 

Gejala Kekurangan Magnesium Secara Umum

Magnesium memiliki peran penting di dalam tubuh serta dapat mengubah makanan menjadi sumber energi. Tingginya kadar magnesium di dalam tubuh dapat membantu tubuh menyerap glukosa dengan baik sehingga akan mengubahnya menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Sedangkan jika kadar magnesium yang rendah akan berpengaruh pada aktivitas yang dilakukan sehari-hari, orang yang memiliki magnesium rendah lebih cenderung mudah lelah dan merasa kesulitan beraktivitas sekalipun itu ringan. Sehingga membuat tubuh akan membutuhkan kadar oksigen yang tinggi dan berpengaruh terhadap tingkat energi di dalam tubuh.

1. Mudah merasa Lelah

Gejala kekurangan magnesium yang sering dialami adalah mudahnya tubuh kita merasa lelah. Tubuh membutuhkan energi yang cukup ekstra pada saat melakukan aktivitas sehari-hari. Sedangkan pada kondisi tubuh rendah magnesium akan menghambatnya sehingga kerap mengalami kelelahan yang berlebihan.

2. Penyakit mental

Selain itu, tubuh juga menggunakan magnesium sebagai proses kimiawi, sehingga kadar magnesium yang rendah akan berdampak pada mental dan depresi, cemas dalam jangka yang panjang. Sehingga sangat di sarankan bagi anda yang mengalami kekurangan magnesium untuk mengonsumsi suplemen penambah magnesium agar terhindar dari bahayanya.

3. Mengalami sakit kepala

Pada saat anda sering mengalami sakit kepala bisa jadi itu disebabkan oleh kurangnya magnesium di dalam tubuh. Selain itu mengonsumsi alkohol berlebihan juga dapat menurunkan kadar magnesium dalam tubuh. Tak hanya itu saja antibiotik yang dikonsumsi dalam jumlah berlebih juga dapat mengakibatkan kurangnya magnesium dalam tubuh dan akan kerap mengalami sakit kepala.

4. Otot tegang dan keram

Magnesium juga dikenal sebagai zat yang mampu menjaga sistem saraf agar merasa tenang dan rileks. Hal ini karena magnesium akan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh serta memperkuat tulang. Kurangnya magnesium ini dapat membuat gangguan dan menurunnya kesehatan tubuh serta dapat menyebabkan ketegangan otot, kejang, kelelahan, dan juga merasa keram.

5. Insomnia

Kekurangan magnesium juga dapat mengakibatkan Insomnia. Karena pada dasarnya magnesium juga memiliki fungsi untuk membantu agar tubuh mudah tertidur lelap sepanjang malam. Sehinga, mereka yang memiliki pola tidur tidak normal dan kerap kesulitan tidur bisa saja disebabkan oleh kurang magnesium di dalam tubuhnya.

6. Gangguan kesehatan

Selain beberapa bahaya di atas, kekurangan magnesium juga dapat mengakibatkan gejala kesehatan lain seperti kejang kemih, radang persendian, sesak, konstipasi, mual dan bahkan dapat mengakibatkan kehilangan selera makan. Tubuh yang kekurangan magnesium juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung dan organ serta sel penting di dalam tubuh pun akan mengalami gangguan. Sehingga sangat di sarankan untuk memerhatikan jumlah asupan magnesium setiap harinya agar terhindar dari gejala-gejala penyakit dan gangguan kesehatan..

 

Penyebab Kekurangan Magnesium

Seseorang yang menderita dan mengalami kekurangan magnesium dapat melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen atau injeksi. Cara paling mudah dan alami untuk menambah kadar magnesium di dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi banyak sayur-sayuran serta makanan kaya magnesium lainnya. Karena sejatinya penyebab awal kekurangan magnesium adalah akibat tubuh kekurangan gizi serta diet yang tidak benar.

Selain itu, penyebab lain kekurangan magnesium adalah akibat kurangnya mengonsumsi makanan sehat, stres, pola makan tidak teratur serta beban kerja yang terlalu berat. Jadi bagi anda yang tidak ingin mengalami gangguan kesehatan akibat kekurangan magnesium sebaiknya rubah pola hidup dan konsumsi anda menjadi lebih sehat dan rutin lah melakukan olahraga setiap hari.

 

Bagaimana? apa sudah jelas tentang gejala kekurangan magnesium yang sering dialami oleh kebanyakan penderitanya. Manfaat magnesium juga  sangat dibutuhkan oleh tulang serta otak kita untuk menjaga keseimbangan tubuh agar selalu siap beraktivitas. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai pentingnya magnesium bagi tubuh. Get Well Soon !!

 

loading...

Leave a Reply