12 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami – Selain kulit yang sehat dan bersih, gigi juga sebenarnya merupakan aset untuk menambah nilai plus dalam penampilan seseorang. Gigi yang sehat, bersih, putih dan terawat tentu akan menunjang rasa percaya diri dan menjadikan penampilan lebih sempurna.

Hanya saja, tak banyak orang yang berhasil merawat giginya untuk tetap bersih dan sehat. Akhirnya gigi menjadi kuning dan mengalami plak.

Jika dibiarkan berlarut – larut gigi kuning dan berplak ini akan berubah warnanya menjadi hitam. Karena itu sebelum gigi Anda kuning atau malah menghitam, Anda perlu tahu apa saja bahan dan cara memutihkan gigi secara alami yang dapat dilakukan.

Selain itu Anda juga perlu tahu apa saja yang menjadi penyebab gigi berwarna kuning untuk mencegahnya kembali setelah Anda memutihkannya.

 

13 Hal Penyebab Gigi Kuning

Gigi yang kehilangan warna putihnya dan menguning disebabkan karena beberapa faktor. Berikut faktor penyebab gigi kuning yang perlu Anda tahu diantaranya :

  • Jarang sikat gigi
  • Kebiasaan merokok
  • Terlalu sering mengonsumsi kopi
  • Suka mengonsumsi minuman dingin dan panas bersamaan
  • Suka mengonsumsi alkohol
  • Terlalu sering mengonsumsi permen
  • Makanan dan minuman manis dan mengandung soda
  • Klorin
  • Mengidap penyakit tertentu
  • Genetik
  • Konsumsi obat – obatan
  • Terlalu sering menggunakan obat kumur
  • Melakukan bleaching gigi berlebihan

Sangat dianjurkan Anda sikat gigi 3 kali sehari atau bisa ditambah setiap kali Anda habis makan berat untuk menjaganya tetap sehat dan bersih setiap saat.

Memutihkan gigi dengan bleaching memang menjadi prosedur yang cepat dan ampuh untuk memutihkan gigi secara cepat. Akan tetapi jika dilakukan secara berlebihan justru dapat menghilangkan warna alami gigi sehingga lama kelamaan gigi justru akan berubah warna menjadi kuning.

Karena itu jika diantara Anda ada yang tertarik melakukan bleaching, pertimbangkan dulu baik – baik resikonya. Sangat dianjurkan untuk Anda memutihkan gigi secara alami dengan memanfaatkan bahan – bahan herbal yang tepat.

 

12 Cara Memutihkan Gigi Secara Tradisional Dengan Bahan Alami

1. Arang

ArangBahan alami pertama yang disarankan untuk Anda gunakan memutihkan gigi adalah arang. Anda bisa menyikat gigi dengan bahan ini untuk menghilangkan noda dan plak secara efektif.

Arang merupakan bahan yang kaya kandungan antioksidan dimana kandungan tersebut dapat menghilangkan noda pada gigi. Secara aktif, bahan ini dapat memproses oksigen dan kalsium klorida sehingga aman untuk diaplikasikan pada gigi. Akan tetapi, jika Anda berusaha memutihkan gigi dengan arang, jangan menggunakannya setiap hari.

Sebaiknya Anda gunakan satu minggu satu atau dua kali karena jika terlalu sering, arang malah dapat merusak komponen gigi Anda.

 

2. Kulit pisang

Kulit PisangMemang benar bahwa pisang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, ternyata kulitnya juga tidak kalah bermanfaat dibandingkan buahnya!

Jika Anda kebetulan orang yang doyan pisang, Anda bisa manfaatkan kulitnya untuk memutihkan gigi. Jadi setelah Anda mengonsumsi buah yang kaya vitamin ini jangan buang kulitnya begitu saja.

Gunakan untuk menggosok gigi karena kandungan magnesium dan kalium yang terdapat didalam kulit pisang dapat menjadi pemutih alami gigi Anda.

 

3. Cuka apel

Cuka ApelCara memutihkan gigi secara alami selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah cuka apel. Cuka yang terbuat dari sari apel ini memiliki fungsi sebagai bahan pemutih alami yang bekerja untuk membunuh bakteri dan mencegah pembentukan gigi berlubang.

Cara untuk menjadikan gigi putih dengan cuka sari apel sangat sederhana.

Pertama-tama Anda gosok gigi lebih dulu untuk menghilangkan noda dan bekas makanan yang tersisa di sela – sela gigi. Selanjutnya tuangkan satu sendok teh cuka ke dalam segelas air yang ukurannya kecil. Setelah itu Anda oleskan campuran ke area mulut. Diamkan selama 1 menit kemudian kumur – kumur dengan air.

Atau Anda juga bisa terapkan cara yang lebih simple yaitu dengan Anda siapkan cuka sari apel kemudian Anda celupkan sikat gigi ke dalam cuka. Setelah itu gosok gigi dengan sikat gigi yang sudah dicelupkan ke dalam cuka tadi. Lakukan secara rutin untuk dapatkan gigi yang sehat, putih dan bersih.

Selain itu, cuka apel juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit perut.

 

4. Kunyit

KunyitSelain dapat menjadikan kulit jadi putih, kunyit juga dapat menjadikan gigi Anda putih berkilau. Kunyit didalamnya memiliki polishing alami yang bermanfaat untuk kesehatan gigi Anda. Anda bisa membuat pasta kunyit sebagai pasta gigi harian Anda.

Kunyit sangat aman untuk dijadikan sebagai pasta gigi harian karena kandungan alaminya tidak akan merusak email dan komponen pembentuk gigi.

Mungkin beberapa di antara para pembaca sudah pada tahu, kunyit juga dapat digunakan sebagai pengobatan alami penyakit lupus dan sakit pinggang.

 

5. Garam

GaramGaram merupakan sebuah bahan alami yang dapat membantu menghilangkan plak dan noda pada gigi secara efektif. Anda bisa gosok gigi dengan menggunakan scrub garam kemudian kumur – kumur dan buang.

Gunakan scrub garam untuk menggosok gigi setiap pagi dan sore hari atau minimal 1 kali sehari.

Selain itu, air garam juga bisa digunakan sebagai pengobatan alami radang tenggorokan.

 

6. Strawberry

StrawberryStrawberry merupakan buah yang kaya kandungan antioksidan dimana kandungan ini dapat membantu membersihkan dan mencerahkan gigi Anda secara efektif. Kandungan vitamin C didalam buah strawberry selain dapat berkhasiat untuk kulit juga dapat mencerahkan gigi secara efektif.

Jika Anda salah satu pecinta buah strawberry, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin. Sebelum Anda makan buah strawberry, sisakan sedikit bagian buah strawberry untuk nantinya digosok – gosok pada gigi Anda untuk memutihkan dan mencerahkan gigi. Gigi Anda juga akan tercegah dari plak jika melakukannya secara rutin.

 

7. Lemon

LemonDidalam jeruk lemon Anda akan temukan kandungan asam sitrat yang fungsinya dapat sebagai pemutih alami gigi Anda.

Cara memutihkan gigi dengan menggunakan lemon yaitu Anda siapkan sepotong lemon. Kemudian Anda bisa gunakan potongan lemon tersebut untuk menggosok gigi Anda. Lakukan secara rutin atau lemon dapat Anda gunakan sebagai pengganti pasta gigi Anda.

Selain itu, lemon juga dapat digunakan sebagai obat jerawat alami yang dapat membantu Anda mengatasi kondisi kulit berjerawat.

 

8. Jeruk nipis

Jeruk NipisSama halnya dengan jeruk lemon, didalam jeruk nipis juga terdapat kandungan asam sitrat yang berfungsi ampuh sebagai pemutih alami gigi Anda.

Caranya Anda peras air jeruk nipis kemudian celupkan sikat gigi ke dalam air jeruk nipis tersebut. Setelah itu gosok gigi Anda dengan sikat gigi yang sudah dicelupkan ke air jeruk nipis. Air jeruk nipis ini juga dapat Anda jadikan sebagai pengganti pasta gigi.

Selain itu, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit panas dalam dan batuk berdahak.

 

9. Kulit jeruk

Kulit JerukMungkin para pembaca sekalian sudah akrab dengan manfaat yang diberikan oleh buah jeruk, tetapi taukah Anda bahwa kulit jeruk ternyata juga mempunyai kegunaan bagi kesehatan?

Jika buah jeruk memiliki vitamin C yang baik untuk tubuh, kulitnya juga memiliki manfaat untuk mencerahkan gigi Anda.

Anda bisa gunakan bagian dalam kulit jeruk kemudian gosokkan pada gigi Anda selama beberapa kali. Akan tetapi hindari Anda terapkan cara ini setiap hari karena didalam kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang dapat menyebabkan gigi Anda sensitif.

 

10. Minyak kelapa

Minyak KelapaMinyak kelapa merupakan minyak nabati hasil ekstrak dari daging kelapa. Minyak kelapa memiliki jenis lemak yang bisa dibilang cukup unik dan kaya manfaat karena keseluruhan dari lemak terbuat dari Medium Chain Triglycerides (MCTs).

Cara memutihkan gigi secara alami dengan minyak kelapa yaitu pertama – tama Anda siapkan satu sendok makan minyak kelapa. Selanjutnya oleskan minyak kelapa ke gigi Anda secara merata dan diamkan 30 detik atau paling lama 60 detik. Kemudian ludahkan minyak kelapa dan kumur mulut Anda sampai bersih.

Terakhir, lanjutkan dengan menggosok gigi seperti biasa.

 

11. Siwak

SiwakIstilah siwak yang kita kenal untuk membersihkan gigi sebenarnya adalah bagian pohon Salvadora Persica. Sudah sejak lama siwak dijadikan bahan alami untuk mencegah gigi kuning dan memutihkan gigi secara aman.

Tetapi, ada syarat tertentu yang harus diikuti sebelum menggunakan perawatan ini yaitu dengan memilih dahan siwak yang lembut dan berserat agar tidak merusak email gigi dan gusi.

Dalam penelitian arkeologis ditemukan fakta bahwa siwak telah digunakan sejak zaman peradaban mesir kuno untuk membersihkan gigi.

 

12. Baking soda

Baking SodaBaking soda yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat kue juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Baking soda mengandung natrium bikarbonat yang merupakan bahan kimia dengan senyawa alkali lemah sehingga sangat aman untuk digunakan memutihkan gigi.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda sangat mudah. Anda bisa campurkan baking soda dengan sedikit air hangat kemudian aduk merata dan jadikan pasta gigi untuk menggosok gigi. Selain bisa dicampurkan dengan air hangat, bahan dapur ini juga dapat dicampurkan dengan jeruk nipis atau perasan lemon untuk memutihkan gigi.

Gunakan secara rutin untuk dapatkan gigi putih bebas dari warna kuning.

 

Tips memutihkan gigi dengan menggunakan bahan – bahan alami diatas baiknya digunakan secara rutin sepanjang tidak berlebihan.

Jika perlu Anda bisa konsultasikan dulu ke dokter gigi sebelum benar – benar menggunakan bahan alami diatas agar bisa tahu ketentuan dan prosedur yang tepat menggunakan bahan alami diatas untuk memutihkan gigi Anda.

 

8 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Agar Sehat dan Tetap Putih

Menjaga gigi tetap sehat agar tidak kuning sebenarnya sangatlah mudah. Tergantung juga kesadaran dan kemauan Anda dalam menjaga kesehatan gigi. Untuk menjaga gigi tetap sehat dan tidak kuning, berikut tips yang perlu Anda lakukan :

 

1. Rajin menggosok gigi

Jangan pernah Anda merasa malas untuk menggosok gigi. Sangat dianjurkan untuk Anda menggosok gigi 3 kali sehari untuk dapatkan gigi yang sehat dan terawat. Anda bisa menggosok gigi dengan pasta gigi yang Anda beli di supermarket atau menggunakan bahan – bahan alami seperti yang sudah kami sebutkan diatas.

Jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur malam karena hal ini berfungsi agar sisa makanan yang menyangkut di gigi Anda tidak semakin bertambah dan dapat memutus perkembangan bakteri yang memakan sisa makanan tersebut. Gigi juga akan terlindungi ketika tidur jika Anda menggosok gigi sebelum tidur.

 

2. Gunakan obat kumur

Setelah Anda melakukan aktivitas gosok gigi, Anda bisa langsung gunakan obat kumur. Obat kumur yang mengandung zat fluoride sangat baik dalam menjaga kesehatan gigi atau gigi berlubang.

Anda bisa berkumur maksimal 2 kali sehari dan hal ini cukup untuk menghancurkan kuman yang menjadi penyebab Anda mengalami plak gigi atau penyebab gigi yang berwarna kuning.

 

3. Hindari makanan manis

Bakteri yang ada didalam mulut memang sangat suka dengan makanan manis atau makanan yang tinggi kandungan gula. Karena itu agar bakteri didalam mulut tidak berkembang dengan sangat cepat, baiknya Anda hindari makanan manis terlalu sering.

Jika memang Anda baru selesai mengonsumsi makanan manis, sebaiknya Anda segera menggosok gigi agar bakteri tidak bersarang dan menjadi penyebab gigi kuning atau berlubang.

 

4. Hindari makanan yang masih panas atau terlalu dingin

Suhu yang terlalu panas atau malah terlalu dingin didalam makanan atau minuman ternyata dapat merusak tingkat sensitivitas gigi Anda. Bahkan hal tersebut dapat membuat retak pada struktur gigi Anda. Jika hal ini terjadi tentu bakteri akan mudah masuk ke struktur gigi dan menjadi penyebab Anda mengalami sakit gigi. Bahkan warna putih pada gigi akan hilang karena hal tersebut.

Karena itu, ada baiknya sebelum Anda makan atau minum, pastikan bahwa makanan atau minuman yang Anda konsumsi tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

 

5. Konsumsi buah – buahan segar

Selain dapat menjaga gigi tetap sehat dan terhindar dari plak atau warna kuning, mengonsumsi buah – buahan segar secara rutin juga dapat menjadi salah satu cara memutihkan gigi dengan cepat yang dapat Anda lakukan.

Didalam buah terdapat kandungan serat dimana kandungan serat tersebut dapat membantu dalam menghilangkan kotoran dan sisa makanan yang menempel pada gigi atau enamel gigi. Karena itu semakin sering Anda mengonsumsi buah – buahan segar maka kesehatan gigi Anda juga akan semakin terjaga.

 

6. Sering mengunyah permen karet rasa mint

Permen karet memang tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Akan tetapi permen karet rasa mint yang tidak mengandung banyak gula memiliki dampak yang baik untuk gigi Anda. Selain dapat menjadi ajang senam otot mulut, ternyata mengunyah permen karet dapat merangsang air liur dalam mulut Anda semakin meningkat.

Dengan begitu nantinya kuantitas air liur yang meningkat dapat membersihkan partikel asam sisa makanan didalam tubuh sehingga akan membantu merawat gigi Anda agar tetap putih, sehat dan tidak berlubang.

Akan tetapi satu hal yang juga Anda perlu ingat bahwa mengunyah permen karet yang dianjurkan adalah permen karet rasa mint atau permen karet lain yang tidak mengandung banyak gula. Anda bisa dapatkan di supermarket terdekat atau di apotek.

 

7. Gunakan benang gigi

Benang gigi memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan gigi. Benang gigi berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip diantara sela – sela gigi.

Akan tetapi dalam penggunaan benang gigi tetap harus berhati – hati karena bisa saja benang gigi melukai email gigi dimana jika terjadi luka pada email gigi maka bakteri penyebab bau mulut akan berkumpul dan bersarang di gigi.

 

8. Rutinlah memeriksakan kesehatan gigi ke dokter

Cara ini merupakan bentuk perawatan gigi secara medis. Dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi juga perlu anjuran dan saran dari pakar kesehatan dalam hal ini dokter gigi. Ada baiknya untuk Anda selalu rutin memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali.

Anda juga perlu membersihkan karang gigi untuk mencegah karang gigi mengakibatkan plak dan membuat gigi menjadi kuning. Pembersihan karang gigi biasanya bisa dilakukan secara bertahap untuk gigi bagian atas dan gigi bagian bawah. Hal ini dilakukan karena gigi tidak baik jika terlalu lama membuka karena bisa menyebabkan kekakuan otot rahang yang menimbulkan sakit gigi.

Dengan secara rutin memeriksakan gigi ke dokter tentu gigi akan sehat, berbagai masalah gigi bisa teratasi sesegera mungkin dan gigi Anda akan putih dan cerah tanpa warna kuning.

 

Lakukan semua prosedur diatas untuk menjaga gigi Anda tetap sehat dan terhindar dari plak atau warna kuning.

Bagi Anda yang tertarik melakukan bleaching gigi atau pemasangan kawat gigi bisa konsultasikan dulu dengan dokter gigi terpercaya agar bisa memberikan rekomendasi perawatan yang tepat sesuai kebutuhan gigi Anda.

Walaupun saat ini perawatan medis di dokter gigi sudah banyak sekali menawarkan berbagai perawatan memutihkan gigi, namun harganya masih tergolong mahal. Oleh karena itu cara memutihkan gigi secara alami adalah alternatif paling baik.

loading...

Leave a Reply